Sukses

Dampak Buruk Bawa Barang Bawaan Melebihi Kapasitas saat Mudik Lebaran

Mudik Lebaran banyak dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran banyak dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, adalah barang bawaan yang sebaiknya tidak melebihi kapasitas.

Berbagai cara bisa dilakukan oleh pemilik mobil saat mengangkut barang bawaannya, mulai dari dimasukan ke bagasi, diikat ke pintu bagasi, hingga diikat ke atap mobil.

Jika sudah begitu, pastikan barang bawaan yang dibawa sesuai dengan kapasitas kendaraan agar perjalanan mudik Lebaran nyaman. Jika diabaikan maka dapat berakibat sangat fatal.

Oleh karena itu, simaklah daftar dampak bahayanya berikut ini yang dilansir dari carsworld:

1. Bahan bakar terkuras

Bahaya pertama yang akan terjadi adalah bahan bakar mobil akan mudah terkuras jika mobil kelebihan muatan. Pasalnya, barang-barang bert tersebut akan membuat beban mesin juga akan terus meningkat sehingga memaksa enjin terus bekerja.

Jika sudah seperti itu tentunya energi mesin tersebut akan menguras bahan bakar. Jadi, jangan pernah biarkan mobil selalu membawa beban yang berlebihan, agar bahan bakar mobil pun tidak terkuras.

2. Kenyamanan terganggu

Hal berikutnya yang akan menjadi kendala jika membawa barang terlalu banyak adalah mengganggu kenyamanan. Apalagi, jika penumpang di kabin juga banyak.

Hal ini sudah pasti dan jelas akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Suasana yang tidak nyaman dapat membuat pengendara mudah emosi sehingga kecelakaan pun akan semakin rawan.

3. Ban dan pelek rusak

Sementara itu, bahaya jangka panjang yang dapat terjadi adalah kondisi ban pelek mobil yang cepat rusak. Kondisi ban akan cepat habis jika beban yang harus ditanggung sangat berat dan berlangsung pada waktu yang secara terus-menerus.

Lama-lama kondisi ban tersebut akan tipis dan membuat bagian pelek mobil pun terganggu. Lebih fatalnya lagi, jika sudah semakin tipis ban akan berpotensi untuk meledak sendiri di tengah jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Kaki kaki mobil cepat rusak

Dampak Ini yang paling berbahaya. Dari setiap mobil, bagian kaki kaki punya banyak sekali komponen yang saling terkait satu sama lain.

Namun, jika beban mobil terlalu berat, maka setiap detil kaki kaki komponen mobil akan terdampak. Understeer, shock absorber, hingga arm bushing bisa saja terganggu dan akan mudah rusak sebelum jangka waktunya.

Kalau sampai rusak saat mobil berjalan maka akan sangat berbahaya bagi pengendara, penumpang, dan juga pengguna jalan lain.

5. Akselerasi mobil terganggu

Terakhir, akselerasi mobil pun akan terdampak jika mobil kelebihan muatan. Manuver mulai berkurang. Mobil pun akan kesulitan mencari titik keseimbangan yang tentunya akan berpengaruh pada jarak tempuh yang semakin lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.