Sukses

Honest Card Ajak Orang Indonesia Bijak Kelola Keuangan di Bulan Ramadan

Ramadan merupakan momen untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan diri, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Survei Trade Desk menunjukan 32% masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan anggaran belanja lebih besar di Ramadan 2024 jika dibandingkan dengan Ramadan 2023.

Prediksi ini membuat Honest Card tergerak untuk mengajak orang Indonesia bijak dalam mengelola keuangan secara pribadi di momen bulan suci Ramadan maupun hari raya Idul Fitri 2024.

“Ramadan merupakan momen untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan diri, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan agar tetap aman di tengah antusiasme belanja Ramadan dan Mudik Lebaran," kata Presiden Direktur PT Honest Financial Technologies, Dharu Estiningrum, melalui keterangannya, Kamis (28/3/2024).

Ia menyebut Honest Card berkomitmen untuk menjadi kartu kredit yang menawarkan transparansi melalui fitur notifikasi real time dalam setiap transaksi yang dilakukan konsumen.

"Hal ini akan mempermudah para pengguna untuk menyeimbangkan kondisi keuangan sembari mengontrol pengeluaran sesuai dengan kebutuhan,” ucap Dharu.

Dharu melanjutkan, penting bagi perusahaan untuk turut mendorong inklusi keuangan, dengan menyediakan akses masyarakat terhadap fasilitas keuangan dan adanya kesadaran dari konsumen pengguna terhadap kondisi keuangannya.

"Tingkat belanja yang tinggi saat Ramadan juga perlu disertai dengan kelola keuangan yang baik. Salah satunya dengan mengetahui secara detail pengeluaran yang kita lakukan per hari,” Dharu menambahkan.

Dengan memantau notifikasi transaksi secara real-time, pengguna Honest Card bisa memperkirakan besarnya pengeluaran harian dan melakukan evaluasi pengeluaran secara berkala.

Hal ini tentunya juga perlu diiringi dengan perencanaan anggaran yang memadai dan disiplin keuangan dengan tidak berbelanja melebihi anggaran yang telah ditetapkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Deretan Fitur Unggulan Honest Card

Adapun Honest Card memiliki sejumlah fitur unggulan yang dapat mendukung konsumen dalam mengelola keuangan.

Antara lain tidak adanya nomor kartu (numberless) maupun data sensitif pada kartu fisik, transaksi yang fleksibel secara online maupun offline yang secara otomatis akan langsung tercatat di Honest App serta fitur pengunci kartu secara mandiri (instant lock) pada aplikasi.

Dharu mengingatkan bahwa kartu kredit adalah alat pembayaran, selain fungsinya sebagai fasilitas kredit. Pemegang Honest Card dapat mengatur keuangannya dengan selalu membayar tepat waktu.

"Untuk pengguna yang hanya ingin menggunakannya sebagai alat kontrol, sangat dianjurkan untuk melakukan pembayaran atas seluruh jumlah penggunaan. Penting bagi pengguna untuk memanfaatkan kartu kredit secara bijak,” Dharu memungkaskan.

3 dari 3 halaman

Infografis Kebiasaan Saat Puasa Ramadan di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.