Sukses

3 Amalan yang Dianjurkan pada Malam Nuzulul Qur'an, Rabu Malam 27 Maret 2023

Berbagai amalan yang dapat dilakukan untuk mengisi malam nuzulul qur'an.

Liputan6.com, Jakarta - Pada tahun ini, malam Nuzulul Qur’an jatuh pada tanggal 27 Maret 2024. Peringatan Nuzulul Qur’an merupakan momen yang sangat penting bagi umat muslim. 

Nuzulul Qur’an merupakan malam yang istimewa, sebab pada malam ini diyakini sebagai peristiwa pertama kalinya Al-Qur’an diturunkan.

Berbagai macam kegiatan turut memeriahkan peringatan malam Nuzulul Qur’an layaknya hari-hari besar Islam lainnya seperti Isra’ Mi’raj dan Maulid Nabi yang dilaksanakan secara khusus.

Biasanya waktu peringatan Nuzulul Qur’an digelar di sela-sela sholat isya dan tarawih, namun ada pula yang melaksanakannya setelah sholat tarawih. 

Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk mengisi malam Nuzulul Qur’an dengan beribadah dan berdoa. Berikut adalah 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengisi malam Nuzulul Qur’an, sebagaimana dikutip dari laman NU Online.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan Malam Nuzulul Qur'an

Pertama, membaca Al-Qur’an

Salah satu cara terbaik mengisi malam Nuzulul Qur’an yakni dengan istiqamah membaca Al-Qur’an. Pada bulan Ramadhan, misalnya bisa  menargetkan minimal khatam satu kali.

Kedua, memperbanyak i’tikaf

Untuk mendapatkan keutamaan malam Nuzulul Qur’an, umat Islam juga bisa memperbanyak i’tikaf di masjid. Selama i’tikaf bacalah Al-Qur’an dan dzikir-dzikir lainnya. 

I’tikaf termasuk amalan sunnah yang bisa dilakukan kapan saja, namun di i’tikaf di bulan Ramadhan lebih dianjurkan karena banyak memiliki keistimewaan. Adapun untuk niat beri’tikaf adalah:

نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ للهِ تَعَالَى  

Artinya: Aku berniat i’tikaf di masjid ini karena Allah.

3 dari 3 halaman

Amalan Selanjutnya

Ketiga, melaksanakan sholat malam dan berdoa.

Amalan lain yang dapat dikerjakan di malam Nuzulul Qur’an adalah memperbanyak sholat malam dan berdoa. Banyak sekali keutamaan yang dapat diraih bila mengerjakan sholat malam.

Karena sholat malam merupakan sholat yang paling utama setelah sholat maktubah (lima waktu). Sholat malam ini memiliki keutamaan layaknya sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.