Sukses

Bacaan Doa di Antara Sholat Tarawih, Yuk Amalkan!

Ketika duduk istirahat yang dilakukan pada setiap empat rakaat, menjadi kesempatan bagi jamaah untuk membaca doa di antara sholat tarawih.

Liputan6.com, Jakarta - Pada umumnya sholat tarawih dilaksanakan setelah sholat Isya pada malam Ramadhan, biasanya terdiri dari 8 atau 20 rakaat.

Dalam buku Seri Fiqih Kehidupan 3: Shalat, Ahmad Sarwat menjelaskan bahwa para ulama sepakat bahwa di antara sholat tarawih dianjurkan untuk duduk istirahat.

Selain itu, para ulama juga menegaskan bahwa duduk istirahat ini dilakukan setiap empat rakaat, walaupun sholat tarawih sendiri terdiri dari dua rakaat salam.

Hal tersebut bertujuan untuk mengimbangi pembacaan panjang ayat-ayat Al-Quran yang sering dibaca oleh imam dalam posisi berdiri. Dengan istirahat setiap empat rakaat, diharapkan agar imam tidak terlalu kelelahan dalam memimpin sholat tarawih.

Lantas bagaimana bacaan doa di antara sholat tarawih? Mari simak bacaan doa selengkapnya sebagaimana dirangkum dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa di Antara Sholat Tarawih

Ketika duduk istirahat, momen tersebut dapat dimanfaatkan untuk memanjatkan doa di antara sholat Tarawih. Doa di antara sholat Tarawih meliputi bacaan syahadat, istighfar, permohonan ampun, serta doa memohon ridha dan surga dari Allah SWT. Berikut ini adalah bacaan doa lengkapnya.

1. Membaca Syahadat Tiga Kali

iأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Asyhadu al-laa ilahaa illallah

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah."

2. Membaca Istighfar Tiga Kali

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Astaghfirullah

Artinya: "Aku memohon ampunan Allah."

3. Membaca Doa Mohon Ampunan

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّيَ

Allahumma innaka 'afuwwun kariim tukhibbul 'afwa fa'fu'anni

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku yang Maha Mulia."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Selanjutnya

4. Doa Mohon Ridho Allah

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ

Allahumma inna Nas'aluka Ridhoka wal Jannah wa Na'udzhubika min Sakhotika wannaar

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga, dan kami berlindung dari murka-Mu dan siksa neraka."

5. Doa Usai Sholat Tarawih

Di samping mengucapkan doa di antara sholat Tarawih, disunahkan juga untuk membaca doa setelah menunaikan sholat Tarawih. Seperti yang dikutip dari buku Panduan Lengkap Shalat Wajib dan Sunnah serta Doa Sehari-hari karya Muhammad Fakhri, berikut bacaan doa yang dapat Sahabat Dream panjatkan.

اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَ النَّارِ. اللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا وَ وَالِدَيْنَ وَ عَنْ جَمِيعِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allaahumma inna nas-aluka ridlaaka waljannata wana'uudzu bika min sakhatika wannaari. Allaahumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu anna wa waalidainaa wa'an jamii'il mislimiina walmuslimaati birahmatika yaa ar-hamar raahimiinArtinya: "Ya Allah kami memohon kehadirat-Mu untuk mendapatkan keridaan-Mu dan surga-Mu. Dan kami berlindung dari kemurkaan-Mu dan dari siksa neraka. Ya Allah sesungguhnya, Engkau Maha Pengampun lagi Maha Mulia, Engkau suka mengampuni sebab itu ampunilah kami dan ampunilah kedua orang tua kami serta kaum muslimin dan muslimat dengan kasih sayang-Mu wahai Tuhan yang Maha Penyayang." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.