Sukses

Indosat Tambah 5 Mobile BTS di Jalur Mudik Jawa Tengah

Indosat Ooredoo Hutchison menambah mobile BTS dan meningkatkan kapasitas bandwidth jaringan di sejumlah area untuk menigantisipasi terjadikan kenaikan tarifk data pada momen Ramadan dan Idulfitri 2024.

Liputan6.com, Solo - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memastikan kesiapan optimal infrastruktur dan jaringan di Kota Solo pada momen Ramadan dan idulftri 2024.  Indosat Ooredoo Hutchison akan menambah lima  mobile base transciever station (BTS) di beberapa tempat keramaian seperti di rest area di jalur tol Jawa Tengah dan sejumlah tempat wisata.

Senior Vice President and Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang mengatakan, persiapan untuk menghadapi lebaran telah melakukan drive test jaringan. Tes tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kualitas atau performa di area-area yang dilintasi para pemudik. Adapun tim teknis dari Indosat Ooredoo Hutchison akan menyiapkan mobile BTS di beberapa rest area dua pekan sebelum lebaran.

Mobile BTS kita ada lima titik ya yang ktita propose kemarin ya, ada di rest area 360, terus di rest area 420 dan beberapa area di Pemalang dan Stasiun Pemalang,” kata dia di Solo, Jumat (15/3/2024).

Penentuan untuk menyiapkan lokasi mobile BTS, disebutkan Steve, berdasarkan hasil drive test yang dilakukan di sejumlah titik yang dilintasi pemudik. Di titik tersebut terdapat sejumlah spot-spot yang memang setiap menjelang Lebaran itu menjadi titik kumpul atau persinggahan dari pemudik

“Harapannya di titik kumpul ataupun persinggahan dari pemuik yang harapannya secara kapasitas atau coverage itu bisa kita penuhi di jaringan Indosat,” sebutnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Penambahan Bandwidth

Menghadapi momen Ramadan dan Idulfitri 2024, diperkirakan bakal terjadi kenaikan trafik data dibandingkan dengan momen yang sama pada tahun lalu.

“Kita prediksi kenaikan trafik data 14 persen dibandingkan trafik sebelumnya. Biasanya penghitungan itu berdasarkan data yang dipakai sih,” kata dia.

Selain menambajh mobile BTS, lanjut Steve, pihaknya juga akan menambahkan kapasitas bandwidth di sejumlah spot-spot yang dipenuhi pemudik. Adapun di wilayah Solo Raya yang bakal penambahan kapasitas bandwidth seperti Bandara Adi Soemarmo, Stasiun Solo Balapan, Taman Bale Kambang, dan Solo Safari.

“Tahun lalu salah satu titik yang paling banyak pemudiknya itu di area Wonogiri. Kita sudah menyiapkan, ada kapasitas upgrade untuk mengantisipasi lonjakan trafik. Kita juga menyiapkan tim-tim yang stanby 24 jam sejak dua minggu sebelum lebaran,” sebutnya.

Sementara itu untuk memeriahkan Ramadan di Solo, Indosat  menggelar Pasar Ramadan IM3 di halaman The Park Mall Solo Baru mulai 13 - 31 Maret 2024, mendatang. Selain di Solo, Pasar Ramadan IM3 juga hadir 10 kota dan lima kampus serta 100 kecamatan. Kegiatan Pasar Ramadan tersebut merupakan rangkaian kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet dari Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand IM3.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.