Sukses

Ramadan 2024, Polri Ingatkan Potensi Tawuran dan Penggunaan Petasan

Sandi menjelaskan, Jenderal Sigit telah memberikan perhatian agar seluruh jajaran dapat menjaga kamtibmas selama Ramadhan 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah mengingatkan seluruh personel untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) selama bulan Ramadhan 2024.

Pesan tersebut disampaikan melalui Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Sandi Nugroho. Dia menjelaskan, selama Ramadan terdapat potensi gangguan kamtibmas yang kerap terjadi, seperti tawuran dan penggunaan petasan.

"Permasalahan yang kerap muncul di bulan Ramadhan, seperti tawuran dan penggunaan petasan, menjadi perhatian bagi kita semua," kata Sandi yang dikutip, Jumat 8 Maret 2024.

Sandi menjelaskan, Jenderal Sigit telah memberikan perhatian agar seluruh jajaran dapat menjaga kamtibmas selama Ramadan, dengan tujuan untuk memelihara kekhusyukan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.

"Agar diri dan hati tetap terjaga, sehingga kekhusyukan di bulan Ramadhan dapat dikendalikan dan ditaati sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya.

Dalam upaya menjaga kamtibmas, Sandi menyampaikan harapan dari Jenderal Sigit agar seluruh masyarakat menyambut bulan Ramadhan dengan sukacita, sehingga pelaksanaan bulan suci tersebut dapat berjalan sesuai harapan.

"Dengan cara umum, beliau (Kapolri) menyampaikan kepada masyarakat agar menyambut Ramadan dengan sukacita, mengingat bahwa Ramadan adalah bulan suci yang menuntut kita untuk saling menghormati," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Gelar Sidang Kabinet

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin (26/2). Jokowi menyampaikan beberapa hal terkait persiapan menyambut bulan suci Ramadan pada Maret 2024.

"Bapak ibu sekalian yang saya hormati, ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan. Pertama, bulan Maret kita akan memasuki bulan Ramadan dan di bulan April kita akan merayakan Idul Fitri," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (26/2).

Jokowi meminta seluruh kementerian dan lembaga terkait untuk tetap waspada dan memastikan masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusyuk.

"Oleh karena itu, saya minta utamanya menjaga persediaan pangan dan juga stabilitas harga pangan, terutama bahan pokok, dan percepatan pembagian seluruh paket perlindungan sosial dan jarlinsos," ucapnya.

Selanjutnya, Jokowi meminta untuk memeriksa persiapan infrastruktur dan transportasi yang akan digunakan masyarakat untuk mudik.

"Kedua, periksa persiapan infrastruktur dan moda transportasi yang akan digunakan oleh masyarakat untuk mudik. Saya kira ini persiapan tahunan karena ini adalah acara tahunan," tandasnya.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.