Sukses

Dua Buah di Dunia Ini Kelak akan Ada di Surga, Apa Saja?

Dua buah di surga ini bisa kita nikmati dahulu di dunia, dan buah ini disebut dalam Al-qur'an, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin di antara Kita bertanya-tanya makanan apa saja yang kelak ada di surga. Atau jika diperinci, kira-kira buah yang ada di dunia saat ini, apakah kelak juga ada di surga.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sangat wajar ditanyakan dan mengelayut di benak kita, sebagai sosok yang awam.

Al-Qur'an menyajikan gambaran tentang berbagai buah surga yang disediakan Allah di surga sebagai kenikmatan bagi orang-orang yang bertakwa. Meskipun deskripsi ini bersifat metaforis dan simbolis, menggambarkan kelezatan dan keindahan yang tak terlukiskan.

Salah satu ayat yang menyebutkan buah-buahan di surga adalah dalam Surah An-Naba (78:32-34), di mana Allah menyebutkan tentang pohon-pohon berbuah yang subur, buah-buahan yang berlimpah, dan pohon-pohon yang rindang.

Dalam Surah Al-Waqi'ah (56:28-30), disebutkan tentang pohon-pohon yang memiliki buah-buahan yang dapat diambil dan dinikmati oleh para penghuni surga.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurma dan Delima

Mengutip muslimahdaily,  di surga terdapat banyak sekali buah, di antara buah tersebut ada di dunia yang kita pijak. Buah surga ini memiliki banyak manfaat dan khasiat yang dapat menyehatkan tubuh.

Apa saja buah dari surga yang dimaksud? Ada dua buah, yaitu buah delima dan kurma. Al Qur'an telah menjelaskan mengenai hal tersebut.

وَالْأَرْضَ وَضَعَهَا لِلْأَنَامِ فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الْأَكْمَامِ

“Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk (Nya). Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma kurma yang mempunyai kelopak mayang.” (QS.Ar - Rahman ayat 10 - 11)

Adapun di dalam Surat Ar Rahman ayat ke 68, di sebutkan secara rinci bahwa di surga terdapat buah kurma dan delima selain buah yang lain.

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ فِيهِمَا فَاكِهَةٌ وَنَخْلٌ وَرُمَّانٌ

“Maka nikmat Tuhan kamu yang mana lagi yang kamu dustakan? Di dalam keduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima (QS.Ar - Rahman ayat 67 - 68)

3 dari 3 halaman

Segudang Manfaat Delima dan Kurma

Bahkan, kurma telah disebutkan sebanyak 20 kali dalam Alquran. Sedangkan buah delima di dalam Alquran, Allah Subhanahu Wa Ta'ala menyebutkan sampai tiga kali.

Kurma sendiri memiliki kandungan gula sekitar 76 persen. Kandungan pada kurma tersebut yang memberikan energi dan kalori tinggi pada tubuh. Selain itu, kurma juga mengandung fosfor, kalsiu,, zat besi dan vitamin yang melindungi tubuh pellagra.

Pellagra adalah dimana keadaan tubuh ketika mengalami kekurangan B3. Tanda orang yang mengalaminya, adalah menderita dermatitis, diare, dan demensia.

B3 sendiri vitamin untuk menjaga kesehatan sel saraf, kulit, dan saluran pencernaan. Itulah sebabnya kurma menjadi asupan makanan yang lengkap.

Sedangkan delima adalah buah yang mengandung asam sitrat. Dengan memiliki khasiat untuk mencegah asam urat dan pembentukan batu ginjal. Rasa manis yang dikeluarkan dari buah delima bagus untuk lambung, tenggorokan, dada dan paru-paru.

Air yang dihasilkan juga bersifat pencahar. Asamnya berguna untuk mengatasi asam lambung, bersifat diuretik dan mengatasi diare.

Ditambah buah delima mengandung gula yang mudah menyerap untuk menghasilkan energi pada tubuh, memberikan perlindungan untuk tubuh dari penyakit kanker dan jantung. Khasiat dari kulit delima sendiri bisa digunakan untuk menghilangkan penyakit cacing pita.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.