Sukses

Pemkot Depok Monitoring Harga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, menjelang Ramadhan Pemerintah Kota Depok telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan melakukan operasi pasar.

Liputan6.com, Depok - - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan monitoring harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan untuk mencegah kenaikan harga dan terjadinya inflasi.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, menjelang Ramadhan Pemerintah Kota Depok telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan melakukan operasi pasar. Pada kegiatan tersebut, Pemerintah Kota Depok memberikan pengawasan terhadap harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar.

“Kita sudah melakukan operasi pasar, pengawasan terhadap pasar, harga-harga dan juga nanti menjelang Ramadhan,” ujar Idris kepada Liputan6.com, Jumat (8/3/2024).

Pengawasan terhadap kebutuhan pokok tidak hanya dilakukan menjelang Ramadhan, sebelumnya pengawasan tersebut telah dilakukan saat terjadinya kenaikan harga beras. Pemerintah Kota Depok berusaha menekan harga beras sehingga tidak mengalami kenaikan yang tinggi di pasar tradisional.

Alhamdulillah bisa terkendali kembali khususnya masalah harga beras dan menjelang Ramadhan,” ucap Idris.

Sebelumnya, Ketua Harian Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, TPID Kota Depok akan memperkuat strategi pengendalian. Hal itu untuk mencegah terjadinya inflasi menjelang Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

“Rencananya kami akan melakukan berbagai kegiatan mencegah inflasi menjelang Ramadhan maupun Idul Fitri,” ujar Supian.

Supian mengungkapkan, data yang dihimpun dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, inflasi sejak Januari hingga Februari 2024 pada angka 0,76 persen. Untuk inflasi year on year atau Februari 2023 sampai Februari 2024 yakni 2,36 persen.

“Inflasi di Kota Depok masih terkendali,” ungkap Supian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Himpun Sejumlah Laporan

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Depok menghimpun sejumlah laporan di lapangan, salah satunya dari Polres Metro Depok. Berdasarkan laporan tersebut stok kebutuhan pokok terbilang aman dan harga kebutuhan pokok masih terjangkau masyarakat.

“Kami meyakini menjelang Ramadhan maupun Idul Fitri, daya konsumsi masyarakat pasti meningkat dibanding hari sebelumnya atau hari biasa,” terang Supian.

Supian meyakini, meningkatnya daya beli masyarakat menjelang Ramadhan maupun Idul Fitri dapat berdampak dengan kenaikan harga kebutuhan pokok. Untuk mengantisipasi kenaikan harga, Pemerintah Kota Depok mengajak masyarakat untuk membantu mengendalikan inflasi.

“Untuk mencegah inflasi, kami mengajak masyarakat dengan beralih menjadi produsen, seperti bercocok tanam di pekarangan rumah,” kata Supian.

Tidak hanya itu, lanjut Supian, Pemerintah Kota Depok akan mengadakan kegiatan lainnya seperti pemberian bantuan pangan kota dan pasar murah. Hal itu diyakini dapat mengendalikan pencegahan inflasi.

“Pemberian THR dari pengusaha dapat dilakukan lebih awal H-10 Idul Fitri, sehingga ada perputaran ekonomi, daya beli masyarakat pun tercukupi,” pungkas Supian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.