Sukses

Ibu Hamil yang Berpuasa Disarankan Perhatikan Asupan Makanan dan Hindari Konsumsi Makanan Manis Berlebih

Puasa pun disarankan ibu hamil yang memang memiliki daya tahan tubuh baik dan kuat untuk berpuasa setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu hamil yang tengah berpuasa disarankan untuk menghindari terlalu banyak makan atau minum manis ketika berbuka. Dokter spesialis obstetri ginekologi Dr dr Binarwan Halim M.Ked (OG) Sp.OG.(K)-FER mengatakan, hal tersebut guna menjaga berat badan ibu hamil meningkat.

"Jangan terlalu banyak manis, terlalu banyak berminyak itu tidak baik. Jaga peningkatan berat badan," ujar Binarwan dalam diskusi infertilitas di Jakarta, Kamis, dilansir Antara.

Peningkatan berat badan pada ibu hamil, ujarnya, dikhawatirkan akan menyebabkan diabetes pada waktu akhir kehamilan atau keracunan kehamilan karena terjadi peningkatan hipertensi.

Kenaikan Berat Badan pada Ibu Hamil

Kenaikan berat badan yang disarankan dokter kandungan adalah 10 hingga 12 kg bagi ibu hamil yang mempunyai berat badan normal.

Apabila  ibu sudahh memiliki berat badan gemuk, maka ketika hamil, kenaikan berat badan yang direkomendasikan sekitar 6-9 kilogram saja.

Sementara bagi ibu hamil dengan tubuh kurus, boleh naik berat badan sekitar 15 kg ke atas.

Mengontrol Asupan Makanan

Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengontrol asupan makanan karena dapat kenaikan berat badan berlebih berbahaya bagi ibu serta janin yang dikandungnya.

Ibu hamil yang berpuasa juga dianjurkan cukup asupan protein karena janin memerlukannya untuk proses pembentukan sempurna.

"Harus perhatikan makanan tinggi protein, apakah bentuk ikan, susu, telur, tempe, tahu," katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puasa Disarankan bagi Ibu Hamil dengan Daya Tahan Tubuh Baik dan Kuat

Puasa pun disarankan ibu hamil yang memang memiliki daya tahan tubuh baik dan kuat untuk berpuasa setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Dehidrasi berat bisa memungkinkan terganggunya proses kehamilan, sehingga jika dirasa tidak kuat untuk berpuasa ia menyarankan untuk stop berpuasa.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Memaksakan Berpuasa Jika Tidak Sanggup

Mual muntah yang sering dialami saat hamil muda juga seringkali membuat seorang ibu memutuskan tidak berpuasa, karena bisa jadi membahayakan janin dan menyebabkan ibu sakit karena daya tahan tubuhnya sedang turun.

“Kalau nggak sanggup jangan dipaksa, nanti akan jadi sakit karena dehidrasi berat akan mengganggu kehamilannya, jadi coba dulu sehari dua hari, kalau sampai mengalami demam, flu karena turun daya tahan tubuhnya, stop dulu,” kata Binarwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.