Sukses

Bulan Sya'ban Segera Berakhir, Ini Bacaan Doa yang Dianjurkan

Doa hari-hari terakhir di bulan sya'ban, amalkan agar mendapat berkah ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi bulan Sya'ban akan berakhir dan digantikan oleh bulan Ramadan. Momen ini tentunya disambut dengan bahagia dan penuh rasa syukur oleh seluruh umat Islam.

Namun demikian, alangkah baiknya kita memanfaatkan waktu yang tersisa ini dengan berbagai amalan yang dianjurkan. Termasuk membaca doa hari-hari terakhir di bulan Sya'ban.

Doa tersebut berisi permohonan ampunan, sholawat yang ditujukan kepada baginda Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, serta mohon agar diberikan keselamatan.

Doa ini sekaligus menjadi awal yang baik untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut adalah bacaan doa hari-hari terakhir bulan Sya'ban lengkap dengan artinya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Hari-Hari Terakhir Bulan Sya'ban

Berikut adalah bacaan doa hari-hari terakhir di bulan Sya'ban yang dapat diamalkan:

اللّهُمَّ إِنْ لَمْ تَكُنْ غَفَرْتَ لَنا فِيما مَضى مِنْ شَعْبانَ فَاغْفِرْ لَنا فِيما بَقِيَ مِنْهُ

Allahumma illam takun ghofarta lana fiimaa madho' min sya'ban faghfir lana fimaa baqiya minhu.

Artinya: Ya Allah, jika Engkau tidak mengampuni kami di hari-hari Sya'ban yang telah berlalu, maka ampunilah kami di hari-hari yang tersisa ini.

Lalu, Imam Ja'far Ash-Shidiq membaca doa di malam terakhir bulan Sya'ban dan malam pertama bulan Ramadan. Inilah bacaan doanya:

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم صل على محمد وآل محمد

Bismillahirrahmanirrahim Allahumma Sholli 'alaa Muhammadin wa 'alaa Ali Muhammad.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, sampaikan sholawat kepada Rasulullah dan kepada keluarganya.

3 dari 3 halaman

Doa Selanjutnya

 اَللّـهُمَّ اِنَّ هذَا الشَّهْرَ الْمُبارَكَ الَّذي اُنْزِلَ فيهِ الْقُرآنُ وَجُعِلَ هُدىً لِلنّاسِ وَبَيِّناتِ مِنَ الْهُدى وَالْفُرْقانِ قَدْ حَضَرَ فَسَلِّمْنا فيهِ وَسَلَّمْهُ لَنا وَتَسَلِّمْهُ ‏مِنّا في يُسْر مِنْكَ وعافِيَة، يا مَنْ اَخَذَ الْقَليلَ، وَشَكَرَ الْكَثيرَ، اِقْبَل مِنِّى الْيَسيرَ

Allahumma innaa hadzasy syahrol mubaarokalladzii unzilla fiihil qur'aanu waju'ila hudal linnaasi wa bayyinaati minal huda wal furqaani qod hadhoro fasallimnaa fiihi

wa sallamhu lana wa tasallimhu minnaa fii yusro minka wa 'aafiyati yaa man akhodzal qoliila wa syakarol katsiiro iqbal minnil yasiir.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya bulan ini adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an dan dijadikan petunjuk bagi manusia, penjelasan dari petunjuk dan pembeda.

Bulan Ramadhan telah datang, maka selamatkan kami di dalamnya, selamatkan ia bagi kami, dan jadikan ia keselamatan bagi kami dalam kemudahan dan keselamatan dari-Mu.

Wahai Yang Menerima amal yang sedikit dan mensyukuri yang banyak, terimalah dariku amal yang sedikit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.