Sukses

Ilmuwan Temukan Tanda Kiamat Muncul di Mana-mana, Ternyata Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Tanda kiamat yang ditemukan ribuan ilmuwan dewasa ini ternyata saat ini telah muncul di mana-mana. Adapun kiamat yang dimaksud di sini bukan kiamat kubra melainkan fenomena kerusakan yang memicu timbulnya bencana di mana-mana.

Tanda kiamat merupakan serangkaian peristiwa sebagai alamat atau petunjuk tentang semakin dekatnya waktu kiamat.

Memang pengetahuan manusia akan eskatologi Islam ini hanya sebatas mengetahui tanda-tandanya saja. mengenai kepastian waktu kiamat hanya Allah saja yang mengetahuinya.

Berdasarkan informasi dari para ilmuwan ini, diperkirakan dunia akan mengalami bencana global pada akhir abad ini. Mengapa bisa terjadi demikian? Simak ulasan berikut ini.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Rumah Kaca Picu Bencana Global

Mengutip CNBC Indonesia, para ilmuwan sudah memperingatkan potensi perubahan iklim di bumi yang dikhawatirkan sekaligus bisa menjadi bencana global.

Melansir Futurism, lebih dari 15 ribu ilmuwan dari 161 negara mengungkapkan bahwa bencana global bisa terjadi pada akhir abad ini. Menurut para ilmuwan, kehidupan bumi tengah terancam seiring dengan perubahan iklim yang semakin cepat.

"Selama beberapa dekade, para ilmuwan secara konsisten memperingatkan masa depan yang ditandai dengan kondisi iklim ekstrem karena meningkatnya suhu global yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang melepaskan gas rumah kaca berbahaya ke atmosfer," tulis makalah yang dipublikasikan Bioscience itu, dikutip Jumat (9/2/2024).

3 dari 6 halaman

Sebabkan Kekurangan Makanan dan Air Bersih

Peneliti pascadoktoral Oregon State University (OSU) dan salah satu penulis utama studi, Christopher Wolf, mengungkapkan sejumlah potensi bumi di masa depan, termasuk risiko bencana kekurangan makanan dan air bersih.

Dalam studi tersebut, ada sejumlah data yang mengejutkan. Misalnya pada 2023, banyak rekor iklim pecah dengan margarin yang sangat besar.

Salah satu yang dirujuk oleh para peneliti adalah terkait musim kebakaran hutan Kanada yang sangat aktif tahun ini. Kejadian tersebut menunjukkan titik kritis menuju rezim kebakaran baru.

Salah satu penulis penelitian, profesor kehutanan terkemuka di OSU, William Ripple, menyebutkan adanya pola yang mengkhawatirkan di 2023. Sebab, manusia hanya berbuat sedikit untuk melakukan perbaikan.

"Kami juga hanya menemukan sedikit kemajuan yang bisa dilaporkan terkait upaya umat manusia dalam memerangi perubahan iklim," kata Ripple dalam pernyataannya.

4 dari 6 halaman

Bahan Bakar Fosil

Namun, dampak besar lingkungan ini bukan hanya kesalahan pada industri bahan bakar fosil saja. Selain itu, ada pemerintah yang melakukan subsidi pada mereka menjadi salah satu penyebab efek tersebut.

Subsidi yang dikeluarkan di Amerika Serikat (AS) tahun 2021-2022 meningkat dua kali lipat, yakni dari US$531 triliun atau sekitar Rp8,37 kuantiliun menjadi lebih dari US$1 triliun atau sekitar Rp15.775 triliun.

Demi mencegah bencana lebih lanjut, para peneliti menyarankan untuk beralih dari bahan bakar fosil. Selain itu juga memerangi konsumsi berlebih yang dilakukan oleh orang-orang kaya.

 

5 dari 6 halaman

Tanda-tanda Kiamat Perspektif Islam (1-5)

Tanda-tanda kiamat dalam Islam yang pasti terjadi adalah kemunculan Imam Mahdi, Dajjal, Nabi Isa AS, hingga muncul kehancuran Ka’bah.

1. Dajjal

Dajjal adalah sosok makhluk yang muncul di akhir zaman, dan disebut-sebut akan menipu manusia dengan menyatakan dirinya sebagai Tuhan.

Menurut Al-Quran, Dajjal akan muncul di suatu tempat antara Syam dan Irak. Dia akan mempunyai tanda di dahinya yang berbentuk huruf Arab "Kaaf", "Fa", "Ra", yang artinya Kafir (orang yang tidak beriman).

2. Muncul Imam Mahdi

Disebutkan, salah satu tanda akhir zaman adalah kemunculan Imam Mahdi. Ini sesuai dengan hadis riwayat Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda:

"Imam Mahdi akan keluar di akhir umatku. Allah akan menurunkan hujan, akan menumbuhkan tanaman di muka bumi, harta akan dibagi secara merata. Binatang ternak akan semakin banyak, begitu juga umat akan bertambah besar. Imam Mahdi hidup selama 7 atau 8 tahun."

3. Ya'juj dan Ma'juj

Ya'juj dan Ma'juj adalah dua kaum yang muncul di akhir zaman. Mereka hidup di balik tembok terbuat dari besi dan tembaga.

Mereka akan membanjiri seluruh bumi dan menyebar ke seluruh penjuru dunia. Menurut Al-Quran, mereka akan dihancurkan oleh Isa AS (Yesus) ketika beliau turun ke bumi pada akhir zaman.

4. Matahari Terbit dari Barat

Menurut Al-Quran, pada akhir zaman, matahari akan terbit dari arah barat, bukan dari arah timur seperti biasanya. Ini merupakan salah satu tanda-tanda besar kiamat dan menunjukkan bahwa akhir zaman sudah semakin dekat.

5. Kemunculan Nabi Isa AS

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah adanya kemunculan nabi Isa AS. Nabi Isa akan memimpin dunia sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam yang ditegaska dalam Al-Qur’an.

Dalam Al-Quran surat an-Nisa ayat 159, Allah SWT berfirman:

“Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka”

6 dari 6 halaman

Tanda-tanda Kiamat Perspektif Islam (6-10)

6. Kemunculan Daabbah (Binatang Melata)

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah pasti ada kemunculan binatang melata. Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, disebutkan dalam hadis yang sama dengan terbitnya matahari dari arah Barat.

Dijelaskan, antara kedua tanda-tanda kiamat dalam Islam itu tidak diketahui secara pasti mana yang akan muncul terlebih dahulu.

7. Kabut dan Angin Berhembus

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ketika langit akan memunculkan kabut dan angin yang berembus dari sumber yang tidak jelas.

Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, dijelaskan dalam Al-Qur’an surat ad-Dukhan ayat 10. Allah SWT berfirman:

“(Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata) maka kala itu bumi menjadi tandus kelaparan serta paceklik makin menjadi-jadi, sehingga karena memuncaknya keadaan, akhirnya mereka melihat seolah-olah ada sesuatu yang berupa kabut di antara langit dan bumi.”

8. Munculnya Api

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ketika ada kemunculan api dari Yaman. Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, diungkap dalam hadis riwayat Muslim.Bahwa kemunculan api dari tanda-tanda kiamat dalam Islam. akan membawa manusia menuju tempat tertentu.

"Dan yang terakhirnya adalah api yang keluar dari Yaman, menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul." (HR. Muslim)

9. Gempa Bumi yang Dahsyat

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah ketika terjadi gempa bumi yang sangat dahsyat. Gempa di muka bumi sebagai tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, dijelaskan dalam Al Quran surat al-Hajj ayat 1.

Allah SWT berfirman:

“Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu; sungguh, guncangan (hari) Kiamat itu adalah suatu (kejadian) yang sangat besar.”

10. Kehancuran Ka’bah

Tanda-tanda kiamat dalam Islam adalah adanya kehancuran ka’bah. Ini menjadi tanda-tanda kiamat dalam Islam yang sangat nyata terjadi.

Adanya tanda-tanda kiamat dalam Islam ini, ditegaskan dalam hadis riwayat Hakim dan Abu Ya'la, oleh Abu Sa'id Al Khudri RA:

"Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum Kakbah ini tidak lagi didatangi orang untuk menunaikan ibadah haji." (HR. Hakim dan Abu Ya’la)

Kemudian tanda-tanda kiamat dalam Islam tentang kehancuran ka’bah pun ditegaskan dalam hadis riwayat Muslim dan Bukhari.

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Ka’bah diruntuhkan oleh Dzu Suwaiqatain dari Habasyah." (HR. Muslim dan Bukhari)

Demikianlah tanda-tanda kiamat menurut Al-Quran. Tanda-tanda tersebut menunjukkan akhir zaman sudah semakin dekat dan kita harus selalu siap menghadapinya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.