Sukses

Heboh Pesta Mewah Crazy Rich Palembang, Ini Hukum Rayakan Ulang Tahun dalam Islam

Pesta ulang tahun ke-17 Tali Kasih di The Sultan Convention Center Palembang pada 2 Februari 2024 lalu menyita perhatian publik. Pesta mewah sosok yang disebut crazy rich Palembang itu sempat heboh di media sosial (medsos). Apa hukumnya dalam Islam?

Liputan6.com, Jakarta - Pesta ulang tahun ke-17 Tali Kasih di The Sultan Convention Center Palembang pada 2 Februari 2024 lalu menyita perhatian publik. Pesta mewah sosok yang disebut crazy rich Palembang itu sempat heboh di media sosial (medsos).

Video-video yang memperlihatkan kemewahan pesta ulang tahun Tali Kasih beredar di medsos. Siswi SMAN 4 Palembang itu juga mengunggah momen setahun sekalinya di akun TikTok pribadinya @talikasih_.

Terlepas dari itu, pesta ulang tahun menjadi salah satu kajian menarik dalam Islam. Hal ini juga kerap menjadi pertanyaan kebanyakan muslim terkait boleh atau tidaknya merayakan ulang tahun.

Di sisi lain, merayakan ulang tahun sudah menjadi tradisi yang menjamur di Indonesia. Bahkan, tak sedikit orang yang hafal betul tanggal lahirnya. Mereka pun menantikan tanggal tersebut untuk merayakan ulang tahunnya.

Lantas, bagaimana hukum merayakan ulang tahun dalam Islam? Boleh atau tidak? 

Terkait pertanyaan ini, ulama berbeda pendapat. Sebagian menyatakan boleh merayakan ulang tahun, ulama lainnya berpendapat haram. 

Untuk penjelasannya, simak ulasan Pengasuh Pesantren Mahasiswa Mamba’ul Ma’arif Tulungagung dan Dosen IAIN Tulungagung, Ustadz Husnul berikut yang dimuat di laman Keislaman NU, dinukil Selasa (6/2/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hukum Merayakan Ulang Tahun

Sebagian ulama meliputi Syekh Ali Jum’ah, Syekh Salman Al-Audah, Syekh Amru Khalid, Lembaga Fatwa Mesir (Darul Ifta’ Al-Mishriyyah), dan Lembaga Fatwa Palestina (Darul Ifta’ Al-Filasthiniyyah) menyatakan bahwa merayakan hari ulang tahun diperbolehkan, dengan syarat perayaan tersebut tidak mengandung perbuatan yang diharamkan, seperti ikhtilath (bercampur dengan yang bukan mahram).

Mereka beralasan, merayakan hari ulang tahun merupakan salah satu cara mengingat nikmat kelahiran (kehidupan), dan satu momen melantunkan doa bagi orang yang berulang tahun. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُ وَيَوْمَ أَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا 

Artinya: “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.” (QS Maryam: 33).

Pada ayat tersebut, Nabi Isa ala’ihis salam berdoa agar diberikan limpahan kesejahteraan pada hari kelahiran, hari wafat, dan hari kebangkitannya kembali. Dengan demikian, merayakan hari ulang tahun, disertai lantunan doa agar orang yang berulang tahun diberikan umur panjang dan limpahan kesejahteraan, diperbolehkan.   

Selain itu, mereka juga berpedoman pada hadits riwayat Abu Qatadah radhiyallau anhu:

 عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ: «ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ».

Artinya: "Dari Abi Qatadah al-Anshari radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari Senin. Beliau bersabda: 'Itu adalah hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus sebagai Rasul atau diturunkan wahyu kepadaku.'"  

Pada hadits tersebut, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjelaskan alasan beliau berpuasa di hari Senin, bahwa hari itu merupakan hari dilahirkan dan diutusnya Nabi shallallahu alaihi wasallam. Artinya, hadits itu memberi isyarat bahwa hari kelahiran seseorang merupakan hari yang penuh nikmat, sehingga wajib disyukuri. Hadits itu juga memberi isyarat kebolehan merayakan hari-hari penuh nikmat, seperti hari kelahiran.

Di samping itu, perayaan hari ulang tahun masuk dalam kategori adat atau tradisi, bukan ibadah, maka tidak bisa dikategorikan sebagai bid’ah. Karena, bid’ah itu hanya dalam urusan ibadah (agama) semata. Imam Syathibi berkata:  

 فَالْبِدْعَةُ إِذَنْ عِبَارَةٌ عَنْ طَرِيْقَةٍ فِي الدِّيْنِ مُخْتَرَعَةٍ تُضَاهِي الشَّرْعِيَّةَ، يُقْصَدُ بِالسُّلُوْكِ عَلَيْهَا الْمُبَالَغَةُ فِي التَّعَبُّدِ للهِ سُبْحَانَهُ   

Artinya: “Bid’ah merupakan ungkapan tentang cara baru dalam agama yang dibuat menyerupai syari’at, dengan mengikuti cara itu dimaksudkan untuk lebih bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah subhanahu wata’ala.” (Ibrahim bin Musa Asy-Syathibi, Al-I’tisham, juz I, h. 26).

Kemudian, jika merayakan hari ulang tahun diperbolehkan, maka menghadirinya dan memberikan hadiah serta ucapan selamat kepada orang yang berulang tahun juga diperbolehkan, sebab merupakan bentuk membahagiakan hatinya. Dan membahagiakan hati orang lain disunnahkan dalam Islam, sebagaimana hadits riwayat Abu Hurairah radhiyallahu anhu:

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: سُئِلَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ: أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: (تُدْخِلُ عَلَى أَخِيكَ الْمُؤْمِنِ سُرُورًا، أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا، أَوْ تُطْعِمُهُ خُبْزًا).   

Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ditanya: ‘Amal apa yang paling utama?’ Beliau bersabda, ‘Hendaknya kamu membahagiakan saudaramu yang mukmin, melunasi hutangnya, atau memberinya sepotong roti.’ (HR. Ibnu Syahin).

3 dari 4 halaman

Sebagian Haramkan Merayakan Ulang Tahun

Sebagian ulama yang lain, seperti Lembaga Fatwa Arab Saudi (Al-Lajnah Ad-Da’imah Lil Fatwa) menyatakan bahwa merayakan hari ulang tahun diharamkan. Mereka berpedoman pada hadits riwayat Anas radhiyallahu anhu:  

 عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَدِمَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَدِينَةَ وَلَهُمْ يَوْمَانِ يَلْعَبُونَ فِيهِمَا فَقَالَ: «مَا هَذَانِ الْيَوْمَانِ». قَالُوا كُنَّا نَلْعَبُ فِيهِمَا فِى الْجَاهِلِيَّةِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَبْدَلَكُمْ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا يَوْمَ الأَضْحَى وَيَوْمَ الْفِطْرِ».   

Artinya: “Dari Anas, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam datang ke Madinah, dan orang Madinah memiliki dua hari raya di mana mereka bergembira. Lalu Rasulullah bertanya: “Apakah dua hari ini?” Mereka menjawab: “Kami biasa bermain (bergembira) pada dua hari ini sejak zaman Jahiliyah.” Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah telah menggantinya untukmu dengan dua hari raya yang lebih baik darinya, yaitu hari raya Adha dan hari raya Fitri. (HR: Abu Daud).

Pada hadits di atas Nabi shallallahu alaihi wasallam hanya menyebutkan dua hari raya, yaitu hari raya Adha dan hari raya Fitri. Karenanya, umat Islam hanya diperbolehkan merayakan kedua hari raya itu semata, bukan yang lain. Dengan demikian, merayakan hari ulang tahun diharamkan, sebab tidak disebutkan dalam hadits di atas.   

Selain itu, mereka juga berpedoman pada hadits riwayat Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:  

 مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ   

Artinya: “Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk bagian dari mereka.” (HR Abu Dawud).

Perayaan hari ulang tahun dinilai merupakan tradisi orang Yahudi dan Nashrani. Seseorang yang merayakan hari ulang tahun berarti telah meniru dan menyerupai kebiasaan mereka, dan termasuk bagian dari mereka. Maka, merayakan hari ulang tahun diharamkan dalam Islam.   

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dari paparan di atas dapat disimpulkan bahwa para ulama berbeda pendapat tentang hukum merayakan hari ulang tahun. Sebagian ulama, seperti Syekh Ali Jum’ah, Syekh Salman Al-Audah, Syekh Amru Khalid, Lembaga Fatwa Mesir (Darul Ifta’ Al-Mishriyyah), dan Lembaga Fatwa Palestina (Darul Ifta’ Al-Filasthiniyyah) menyatakan, perayaan hari ulang tahun diperbolehkan, selama tidak mengandung perbuatan yang diharamkan, karena merupakan salah satu cara mengingat nikmat kehidupan, dan moment untuk saling mendoakan.   

Sedangkan, sebagian ulama yang lain seperti Lembaga Fatwa Arab Saudi mengharamkannya, sebab menyerupai tradisi orang Yahudi dan Nasrani.   

Semoga keragaman pendapat para ulama tentang hukum perayaan hari ulang tahun dapat kita sikapi dengan dewasa, dan dapat membuat kita semakin toleran dalam menyikapi setiap perbedaan. Wallahu A’lam.

Sumber: NU Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.