Sukses

Amalan Membaca Al-Baqarah Sekali Duduk Saat Tempati Rumah Baru, Ini Fadilah dan Keistimewaannya

Surat Al Baqarah memiliki keistimewaan untuk mengusir setan dan sihir dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Islam memberikan tuntunan bagi umatnya dalam setiap sendi kehidupan. Termasuk ketika seseorang menempati rumah atau tempat tinggal baru dengan membaca doa dan beberapa surat dalam Al Quran.

Salah satu doa yang merupakan Sabda Rasulullah SAW saat menempati rumah baru, menginap di rumah kerabat ketika bepergian, atau ketika hendak menempati rumah kontrakan dalam waktu yang lama adalah:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

(Audzubikalimatillahi tammati min syarri maa khalaq)

Artinya : "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan ciptaan-Nya."

Khaulah Binti Hakim R.A. menyampaikan bahwa Beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa yang menempati rumah dan membaca doa Audzu bikalimaatillahi at-taammati min syarri maa kholaq, maka tidak ada satupun yang akan mencelakakannya sampai ia meninggalkan rumah tersebut.

Doa ini juga termasuk dalam bacaan dzikir pagi dan petang sebagai doa untuk memohon perlindungan. Namun selain doa ini, penghuni rumah baru juga dianjurkan membaca Surat Al Baqarah dalam sekali duduk saat menempati tempat tinggal baru.

Fadilah dan keutamaan surat kedua dalam Al Quran ini yaitu di antaranya diungkap dalam riwayat Abu Umamah. Dikutip dari nu.or.id, dalam riwayat tersebut, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan:

اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ: الْبَقَرَةَ وَآلَ عِمْرَانَ؛ فَإِنَّهُمَا يَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ يُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَاحَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

“Bacalah ‘dua tangkai bunga indah’, yakni surat al-Baqarah dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah surat Al-Baqarah, sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya,” (HR. Ahmad).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surat Istimewa

Selain itu, surat Al Baqarah juga termasuk istimewa karena surat al-Baqarah merupakan “bongkol” Al-Qur’an yang di dalamnya terdapat Ayat Kursi. Mengutip nu.or.id, kapan pun Ayat Kursi dibaca dalam rumah yang ditempati setan, maka setan tersebut akan keluar, sebagaimana hadits riwayat Abu Hurairah.

إِنَّ لِكُلِّ شَيءٍ سَنَامًا، وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَفِيهِ آيَةٌ سَيِّدَةُ آيِ الْقُرْآنِ آيَةُ الْكُرْسِيِّ، لَا تُقْرَأُ فِي بَيْتٍ وَفِيهِ شَيْطَانٌ إِلَّا خَرَجَ

Segala sesuatu memiliki bongkol. Dan bongkol Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah. Di dalamnya terdapat sebuah ayat yang menjadi “tuannya” ayat-ayat Al-Qur’an, yakni ayat Kursi. Tidaklah ayat itu dibaca di suatu rumah yang di dalamnya terdapat setan kecuali setan itu akan keluar,” (HR. Abdur Razzaq).

Bahkan, keistimewaan surat Al Baqarah tidak hanya di rumah yang dibacakan Ayat Kursi, namun juga di sekitarnya sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Ath-Thabrani, “Siapa saja yang membaca ayat Kursi setiap usai shalat, maka tidak ada yang mencegahnya masuk surga kecuali kematian. Dan siapa saja yang membacanya tatkala mulai berbaring (tidur), maka Allah akan memberi keamanan kepada rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah lain di sekitarnya,” (HR. Ath-Thabrani).

Selain ayat kursi, keistimewaan Surat Al Baqarah juga terletak pada dua ayat penutupnya. Berdasarkan riwayat Ahmad:

إِنَّ اللهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ بِأَلْفَيْ عَامٍ، فَأَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ، فَخَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ، وَلَا يُقْرَآنِ فِي دَارٍ ثَلَاثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبَهَا الشَّيْطَانُ

Artinya: “Sesungguhnya Allah telah menulis kitab seribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi. Dari kitab itu, Allah menurunkan dua ayat dan dipakai untuk mengakhiri surat al-Baqarah. Maka tidaklah dua ayat itu dibaca di suatu rumah selama tiga malam, kemudian setan mendekati rumah tersebut,” (HR. Ahmad).

3 dari 3 halaman

Mengusir Setan dan Sihir

Faedah lainnya membaca surat Al Baqarah di rumah baru adalah untuk mengusir setan dan menjaga rumah tersebut dari sihir dan setan yang terkutuk. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW:

لا تجعلوا بيوتكم قبوراً، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

Artinya: "Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah." (HR Muslim).

Riwayat hadist lain pun menyampaikan pentingnya membaca surat Al Baqarah di rumah: “Ingatlah, sekosong-kosongnya rumah dari kebaikan adalah rumah yang kosong dari kitabullah. Demi Dzat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya setan akan keluar dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya,” (HR Ibnu Mubarak).

Begitu juga dengan hadist Rasulullah SAW yaitu:

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ خَرَجَ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Quran adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan itu jika mendengar surat Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al Baqarah.” (HR Hakim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.