Sukses

Top 3 Islami: 5 Fenomena Alam Tak Biasa Sebelum Detik-Detik Kiamat, Penyebab Danau Thabariyah Kering Menurut Sains, Air Doa Gus Iqdam

Artikel mengenai lima fenomena alam yang terjadi sebelum kiamat terjadi menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Eskatologi agama-agama samawi tentang kiamat banyak dikaji oleh ilmuwan. Melalui sains, hipotesa kiamat menjadi faktual dan akan terjadi.

Dalam berbagai kajian, terdapat lima fenomena alam yang akan terjadi sebelum kiamat. Alam semesta tidak akan tampak seperti kita lihat hari ini.

Artikel mengenai lima fenomena alam yang terjadi sebelum kiamat terjadi menjadi yang terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Minggu (28/1/2024).

Artikel kedua yang juga menyita perhatian masih tentang kiamat, yakni hadis mengeringnya Danau Thabariyah atau Tiberias di Israel dalam hadis, serta penjelasan fenomena surutnya air danau ini dalam tinjauan ilmiah.

Sementara, artikel ketiga yakni tentang fenomena banyaknya orang yang minta air doa kepada Gus Iqdam dan hukumnya dalam Islam.

Selengkapnya mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Detik-Detik Sebelum Terjadinya Kiamat, Ini 5 Fenomena yang Akan Muncul menurut Sains

Tak ada seorang pun yang dapat menjawab kapan kepastian akan datangnya hari kiamat. Bahkan hingga saat ini banyak sekali prediksi yang muncul sebagai pertanda datangnya hari akhir tersebut. 

Kiamat merupakan peristiwa hancurnya alam semesta beserta isinya. Datangnya kiamat merupakan suatu kepastian yang telah disepakati baik oleh agama maupun ilmu pengetahuan.

Namun demikian di saat nantinya terjadinya kiamat tidak ada yang tahu bagaimana keadaan yang akan terjadi di sekitar. Bahkan beberapa perkiraan oleh para para ilmuwan menyebutkan bahwa manusia tak akan sanggup bertahan hingga saat peradaban hilang terlebih dulu.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Najm Ayat 57-58

"(Hari Kiamat) yang dekat makin mendekat. Tidak ada yang akan dapat mengungkapkan (terjadinya hari itu) selain Allah.”

Melansir dari laman merdeka.com, berikut lima fenomena alam yang akan terjadi saat kiamat datang.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Hadis Danau Thabariyah Israel Mengering Tanda Kiamat, Penyebabnya Menurut Sains

Tanda-tanda kiamat banyak disebut dalam hadis. Salah satunya terkait mengeringnya Danau Thabariyah di Israel.

Danau Thabariyah dikenal juga dengan Danau Tiberias atau Danau Galilea. Danau ini semula menjadi wilayah Palestina. Namun kini di bawah kekuasaan Israel.

Fenomena Danau Thabariyah yang akan menjadi tanda kiamat adalah kaitannya dengan kemunculan Ya’juj dan Ma’juj. Disebut dalam hadis, menjelang kiamat Ya’juj dan Ma’juj akan menyedot habis danau ini.

عن النواس بن سمعان -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال :وَيَبْعَثُ اللَّهُ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ ، فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا

Artinya: Dari An-Nuwas Rasulullah SAW bersabda, “Kemudian Allah SWT mengeluarkan Yajuj dan Majuj, mereka turun dengan cepat dari bukit-bukit yang tinggi. Setelah itu gerombolan atau barisan pertama dari mereka melewati Danau Thabariyah dan meminum habis semua air dalam danau tersebut. (HR Muslim, At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Danau Thabariyah apakah sudah mulai surut? Jika iya, apa penyebabnya?

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Banyak Warga Minta Air Doa ke Gus Iqdam, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

Gus Iqdam saat ini menjadi kiai muda yang banyak sekali fans dan jemaahnya. Sekali pengajiaan jemaah yang datang bisa puluhan ribu jumlahnya.

Dalam beberapa pengajian, banyak orang minta doa kesembuhan atau hal lain kepada pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah sekaligus Ponpes Mambaul Hikam 2, Blitar ini. Tak jarang pula banyak yang minta air doa pada uami Ning Nila ini.

Jika ditelisik lebih jauh, air doa kesembuhan dalam Islam tidak merujuk pada air secara harfiah, melainkan pada kekuatan doa yang diyakini sebagai sarana untuk mendapatkan kesembuhan. Dalam Islam, doa dianggap sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, sang Maha Penyembuh.

Konsep air doa kesembuhan tidak bersifat mistis, tetapi lebih pada keyakinan bahwa doa yang tulus dan penuh keimanan dapat menjadi penyembuh bagi penyakit fisik maupun spiritual.

Dalam praktiknya, banyak umat Islam yang mengamalkan air doa kesembuhan dengan cara membaca ayat-ayat Al-Qur'an atau doa-doa khusus yang berfokus pada memohon kesembuhan. Mereka meyakini bahwa energi positif dari doa tersebut dapat memberikan dampak positif pada tubuh dan jiwa yang sedang mengalami kesulitan.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.