Sukses

UAH Sebut 3 Keutamaan Surat Ali Imran, Terhindar dari Maksiat hingga Rahasia Mudah Masuk Surga

Baca Surat Ali Imran Ayat 190-200 Supaya Terhindar dari Maksiat, Ini 3 Keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur'an disebut sebagai pedoman hidup bagi umat manusia khususnya umat Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, membaca Al-Qur'an dan mendalami makna dari isinya merupakan hal yang dianjurkan.

Ustadz Adi Hidayat dalam ceramahnya menjelaskan 3 keutamaan Surat Ali-imran.

Membaca Al-Qur'an bukan hanya aktivitas yang dinilai ibadah oleh Allah SWT, namun juga dapat menjadi penerang untuk segala permasalahan hidup. Sebab setiap ayat-ayat Al-Qur'an memiliki keutamaan masing-masing yang bisa menjawab segala keresahan hidup.

Seperti surat Ali-Imran khususnya ayat 190 sampai 200 yang memiliki 3 keutamaan yang dapat diamalkan dan diterapkan dalam hidup. Dari 3 keutaman tersebut salah satunya adalah cara agar mudah memasuki surga-Nya.

Sementara keutamaan lain dari Surat Ali-Imran ayat 109-200 akan dijabarkna secara lengkap dalam artikel ini. Simak penjelasannya berikut ini!

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Surat Ali-Imran Ayat 190 sampai 200

Dilansir dari potongan video pendek yang diunggah akun Twitter @diaryhijrah02 pada Rabu (10/01/2024), UAH  menyebutkan keutamaan dan kuntungan jika seorang muslim rajin membaca atau mengaji surat Ali-imron ayat 190-200 yang salah satu ayatnya berbunyi:

وَاِنَّ مِنۡ اَهۡلِ الۡكِتٰبِ لَمَنۡ يُّؤۡمِنُ بِاللّٰهِ وَمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡكُمۡ وَمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِمۡ خٰشِعِيۡنَ لِلّٰهِ ۙ لَا يَشۡتَرُوۡنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ ثَمَنًا قَلِيۡلًا ​ؕ اُولٰٓٮِٕكَ لَهُمۡ اَجۡرُهُمۡ عِنۡدَ رَبِّهِمۡ​ؕ اِنَّ اللّٰهَ سَرِيۡعُ الۡحِسَابِ‏ ١٩٩

Artinya: "Dan sesungguhnya di antara Ahli Kitab ada yang beriman kepada Allah, dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu, dan yang diturunkan kepada mereka, karena mereka berendah hati kepada Allah, dan mereka tidak memperjualbelikan ayat-ayat Allah dengan harga murah. Mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya. Sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya,"

Keutamaan Surat Ali-Imran Ayat 190 sampai 200

Pertama, menjauhkan kita dari maksiat. Bila kita membiasakan baca Ali Imran ayat 190 sampai 200 dan memahami isinya, maka kita akan terhindar dari perbuatan maksiat.

"Catat ini ya, saya sampaikan ini langsung kalau teman-teman ngaji tafsir dengan hadist dapat ini. Kalau antum biasakan baca ini penutup Ali Imran ayat 190 sampai 200 dan dipahami isinya ya Allah akan jaga antum dari perbuatan maksiat selama hari itu," kata Ustadz Adi Hidayat.

Kedua, membimbing untuk meningkatkan pengetahuan. Ustadz Adi Hidayat mengatakan, keutamaan kedua dari membaca dan memahami Ali Imran ayat 190 sampai 200 adalah meningkatnya pengetahuan kita.

"Yang kedua membimbing antum untuk meningkatkan pengetahuan selama beraktivitas," ujarnya.

Ketiga, dibimbing oleh Allah SWT memasuki surga-Nya. Dengan membaca dan memahami isi Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 190 sampai 200, kita pun akan dibimbing Allah dalam segala aktivitas yang mendatangkan ridho-Nya, serta mengantarkan kita ke surga-Nya.

"Yang ketiga dibimbing oleh Allah mengerjakan segala aktivitas yang mengantarkan pada ridho dan surga-Nya," ucap Ustadz Adi Hidayat.

 

3 dari 3 halaman

Golongan yang Dijanjikan Masuk Surga

Selain 3 keutamaan membaca surat Ali-Imron ayat 190 sampai 200 yang telah disebutkan oleh UAH, dalam surat ini khususnya ayat 195 Allah SWT turut menyebutkan golongan-golongan hamba yang dijanjikan surga aleh Allah SWT diantaranya:

1. Orang yang berhijrah

2. Orang yang diusir dari kampung halamannya

3. Orang yang disakiti pada jalan-Ku

4. Orang yang berperang dan yang terbunuh atas nama Allah SWT

فَاسۡتَجَابَ لَهُمۡ رَبُّهُمۡ اَنِّىۡ لَاۤ اُضِيۡعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنۡكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ اَوۡ اُنۡثٰى​​ۚ بَعۡضُكُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ​​ۚ فَالَّذِيۡنَ هَاجَرُوۡا وَاُخۡرِجُوۡا مِنۡ دِيَارِهِمۡ وَاُوۡذُوۡا فِىۡ سَبِيۡلِىۡ وَقٰتَلُوۡا وَقُتِلُوۡا لَاُكَفِّرَنَّ عَنۡهُمۡ سَيِّاٰتِهِمۡ وَلَاُدۡخِلَنَّهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ​ۚ ثَوَابًا مِّنۡ عِنۡدِ اللّٰهِ ​ؕ وَ اللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الثَّوَابِ‏ ١٩٥

Artinya: "Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik."

Demikian penjelasan terkait 3 keutamaan surat Ali-imran khususnya ayat 190 sampai 200 yang dianjurkan oleh Ustadz Adi Hidayat untuk rajin dibaca setiap waktu dan dipahami artinya agar mendapat ridho Allah SWT. Wallahu A'lam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.