Sukses

Gambaran Kabut Dukhan yang Muncul Jelang Kiamat, Ketahui Bentuk dan Sifatnya

Dukhan merupakan salah satu dari beberapa tanda akhir zaman yang akan muncul jelang hari kiamat.

Liputan6.com, Jakarta - Al-Qur'an merupakan kitab suci yang memuat segala pedoman dan petunjuk hidup dari Allah SWT. Mulai dari petunjuk ibadah, larangan, serta bagaimana cara meraih ridho-Nya dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Tak hanya itu, Al-Qur'an juga menjelaskan mengenai hari akhir yang harus diyakini oleh setiap umat muslim. Keyakinan termasuk merupakan salah satu upaya beriman kepada Allah. 

Salah satu surah yang menjelaskan tentang hari akhir dan perlu dipahami bersama terdapat dalam surah Ad-Dukhan. Dalam surah ini Allah menjelaskan beberapa hal yang akan muncul di hari akhir, salah satunya adalah dukhan

Dukhan termasuk dalam beberapa tanda akhir zaman. Dukhan dijelaskan juga memiliki memiliki bentuk dan sifat tersendiri.

Sifat dan bentuk dukhan ini pun mempunyai banyak penafsiran. Merangkum dari laman merdeka.com, berikut merupakan penjelasan mengenai apa itu dukhan serta bagaimana bentuk dan sifatnya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu Dukhan?

Untuk mengetahui apa itu dukhan, bisa dipahami melalui QS. Ad Dukhan ayat 10 - 11. Dalam surah ini, Allah berfirman : “Maka tunggulah hari ketika langit membawa dukhan (kabut) yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.” 

Dalam hal ini, Imam Al Qurthubi menjelaskan penafsiran dukhan melalui 3 pendapat. Pertama, dukhan diartikan sebagai salah satu tanda hari kiamat yang belum terjadi. Pendapat ini disampaikan oleh Ali Ibnu Abbas, Ibnu ‘Amr, Abu Hurairah, Zaid bin Ali, Al Hasan, dan Ibnu Abi Mulaikah.

Pendapat kedua, menjelaskan bahwa dukhan merupakan khayalan yang menimpa kaum Quraisy ketika mengalami kelaparan ekstrem. Sehingga orang-orang di zaman itu seperti melihat dukhan (kabut asap) di antara langit dan bumi. Pendapat ini disampaikan oleh Ibu Mas’ud.

Pendapat dukhan yang ketiga adalah pendapat dari Abdurrahman Al A’raj. Menjelaskan bahwa dukhan adalah debu yang mengepul di hari Fathu Mekah, sehingga dapat menutupi langit. Dari beberapa pendapat tersebut, dapat dipahami bahwa dukhan bisa menjadi penampakan berupa kabut atau debu yang mengepul, yang akan muncul sebagai tanda hari akhir kelak.

3 dari 4 halaman

Tanda Akhir Zaman yang Belum Terjadi

Setelah mengetahui apa itu dukhan secara umum, berikutnya akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tafsir dukhan sebagai salah satu tanda akhir zaman. Dalam hadis Hudzaifah bin Usaid, Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda : bencana penenggelaman manusia ke tanah di negeri barat, negeri timur dan di jazirah Arab, terjadi ad dukhan, munculnya dajjal, munculnya dabbah, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, terbitnya matahari dari barat, munculnya api yang keluar dari cekungan Aden yang mengusir manusia.” (HR. Muslim no.2901)

Dalam hadist tersebut, dapat dipahami bahwa Nabi Muhammad SAW telah menyebutkan bahwa ad dukhan termasuk salah satu tanda kiamat yang akan muncul di akhir zaman kelak. Munculnya ad dukhan ini bersamaan dengan beberapa tanda-tanda lain yang dapat menghancurkan bumi dan alam semesta di hari kiamat. Dengan begitu, sudah sepatutnya seluruh umat Muslim meningkatkan ibadah dan memohon perlindungan Allah dari bahaya hari akhir yang dapat mengancam seluruh umat.

4 dari 4 halaman

Bentuk dan Sifat Dukhan

Setelah mengetahui pengertian apa itu ad dukhan dan tafsirnya sebagai salah satu tanda akhir zaman, berikutnya akan dijelaskan mengenai bentuk dan sifat dukhan. Dikatakan, dukhan mempunyai bentuk seperti kabut atau asap.

Jika hal ini mengenai manusia atau orang-orang Muslim, maka akan timbul gejala seperti pilek. Sedangkan jika dukhan mengenai orang kafir, akan keluar berupa cairan dari kuping dan menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Penafsiran tersebut, sesuai dengan HR. Muslim No. 2798. Bahwa dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Akan datang dukhan (asap) kepada manusia di hari kiamat, yang memasuki pernapasan mereka sehingga manusia akan merasakan seperti pilek.”

Dalam hadis lain juga dijelaskan mengenai bentuk dan sifat dukhan. HR. Thabrani, dihasankan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya 7/235, Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya Rabb kalian memperingatkan kalian dari tiga hal : asap yang jika mengenai orang muslim maka mereka akan merasakan pilek, sedangkan jika mengenai orang kafir akan merasakan sesak nafas dan keluar cairan dari kupingnya. Kemudian yang kedua munculnya dabbah dan ketiga munculnya dajjal.”

Dari hadist tersebut, dapat dipahami bahwa dukhan merupakan salah satu tanda akhir zaman yang akan masuk ke dalam kehidupan manusia. Bagi orang-orang Muslim maupun orang kafir, munculnya dukhan akan menimbulkan gangguan kesehatan. Namun pada orang kafir, gejala yang muncul akan lebih parah yaitu keluarnya cairan dari kuping mereka.

Dengan begitu, seluruh umat harus meyakini munculnya dukhan di hari akhir. Sehingga setiap umat manusia harus bertaubat, memohon ampun kepada Allah dan memohon pertolongan serta perlindungan dari hari akhir yang mengancam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.