Sukses

4 Resolusi Tahun Baru 2024 yang Islami, Insya Allah Berkah

Resolusi tahun baru dalam perspektif islam merupakan suatu komitmen untuk mencapai kehidupan yang lebih baik, dunia maupun akhirat.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki tahun baru 2024 tentunya menjadi momen yang paling dinanti dan memiliki kesan tersendiri bagi setiap orang. 

Dalam rangka menyambut tahun baru, banyak doa dan juga harapan yang ingin diwujudkan di tahun selanjutnya atau sering disebut sebagai resolusi. Lantas, bagaimana dengan seorang muslim? Apakah boleh mempunyai resolusi di tahun baru?

Tentunya tidak masalah, tidak ada larangan bagi untuk mempersiapkan resolusi dalam merancang apa yang ingin dicapai selama diniatkan untuk hal yang baik.

Adanya resolusi bertujuan untuk mempermudah setiap langkah yang dijalani demi menggapai apa yang dicita-citakan. Setelah adanya niat yang baik maka harus disertai dengan tindakan yang pasti.

Lalu, apa saja resolusi tahun baru yang bisa kita lakukan sebagai seorang muslim? Berikut uraiannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resolusi Tahun Baru 2024 dalam Perspektif Islami

1. Sholat Tepat Waktu

Terkadang dengan kesibukan yang dilakukan menyebabkan tidak sedikit seorang muslim yang lalai dalam menjalankan sholat.

Oleh karena itu, untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, kita bisa memasukkan ke dalam daftar resolusi agar dapat melaksanakan sholat tepat waktu. 

2. Mempelajari Al-Qur’an Secara Mendalam

Membaca Al-Qur’an serta mempelajarinya dengan baik merupakan suatu. Dengan membaca dan mempelajari Al-Qur’an secara mendalam dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan.

Selain itu, juga termasuk salah satu ibadah yang amat menentramkan hati dan pikiran dan tentu akan menjadi resolusi tahun baru yang sangat bermanfaat.

Memperdalam Al-Qur’an secara benar, bisa dimulai dengan mempelajari tajwid hingga tafsir terhadap ayat-ayat Al-Qur’an.

 

3 dari 3 halaman

3. Lebih Berbakti kepada Orang Tua

Orang tua baik ayah maupun ibu, keduanya berhak mendapatkan segala penghormatan dan bakti dari anak-anaknya. Ibu yang telah melahirkan, menyusui, membesarkan dengan kasih sayang, memberikan pendidikan dan pengetahuan, hingga selalu menjadi garda terdepan untuk anak-anaknya.

Begitupun dengan ayah juga berhak mendapatkan perlakuan yang layak, perlakuan terbaik dari anak-anaknya karena beliau telah menafkahi kita, anak-anaknya.

4. Memperbaiki Akhlak agar Lebih Baik

Rasulullah SAW telah diutus sebagai teladan bagi umat islam dalam mencotohkan akhlak yang baik, hal itu pulalah yang bisa menjadi target utama kita agar bisa memiliki akhlak atau adab yang lebih baik dalam berinteraksi dengan sesama. Sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadis,

Artinya: “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang terbaik akhlaknya”. (HR At-Tirmidzi no.1162)

Demikianlah 4 resolusi yang bisa dijadikan motivasi bagi kita agar lebih semangat dan menjalankan aktivitas sehari-hari dan menebarkan benih kebaikan. Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini