Sukses

Mengungkap Kedekatan Gus Iqdam dengan Ponpes Krapyak, Ternyata Ning Nila Cicit Pendiri KH Muhammad Munawwir

Momen Haru Gus Iqdam Sowan Ponpes Krapyak, Ternyata Begini Hubungannya

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah (ST) Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam kembali viral usai mengisi pengajian di Pendopo Tulungo milik artis  Soimah Pancawati, di Bantul, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Puluhan ribu orang, jika ratusan ribu dianggap kebanyakan, memenuhi jalan Imogiri Barat, Sewon, Bantul. Jemaah Gus Iqdam membeludak berdatangan dari segala penjuru.

Namun sebelum hadir ke pendopo Soimah tersebut, Gus Iqdam dan Istrinya Ning Nila menyempatkan diri sowan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Munawwir Krapyak yang didirikan oleh KH Muhammad Munawir bin Abdullah Rosyad.

Dalam pertemuan dengan keluarga masayikh Ponpes Krapyak tersebut, banyak video yang menggambarkan suasana gembira sekaligus haru. Gus Iqdam disambut dengan penuh kekeluargaan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gus Iqdam Disambut Keluarga

Kemudian, belakangan bisa dilihat, sejumlah pengasuh dan asatidz Ponpes Krapyak menyertai Gus Iqdam hadir di Pendopo Soimah, di Bantul.

Seperti dilaporkan KR Jogja, sejumlah kiai Krapyak juga menyertai saat ke acaranya Soimah. Antara lain pengasuh Ponpes Al-Munawwir Krapyak KH Abdul Hamid bin Abdul Qodir Munawwir atau Gus Hamid dan KH Chaedar Muhaimin atau Gus Kendar.

Pertanyaannya kemudian, apa hubungan Gus Iqdam dengan Ponpes Krapyak. Bukankan dia alumni Ponpes Al Falah Ploso, Kediri?

Diketahui, Gus Iqdam adalah putra pasangan KH Kholid (ayah) da Hj Ny Lam'atul Walidah (ibu). melihat dari sini, maka tak ada hubungan keluarga antara Gus Iqdam dengan Ponpes Krapyak.

Namun, melihat nasab istri Gus Iqdam, Ning Nila, maka akan terlihat bagaimana hubungan Gus Iqdam sedemikian dekat dengan keluarga Ponpes Krapyak.

3 dari 4 halaman

Ning Nila Cicit KH Moehammad Moenawwir

Masih bersumber dari KR Jogja, istri Gus Iqdam punya hubungan yang sangat dekat dengan Krapyak. Sang istri, Aning Nilatin Nihayah dan akrab disapa Ning Nila merupakan buyut pendiri Ponpes terbesar di DIY ini, yaitu KH Moehammad Moenawwir.

Dia merupakan putri KH Thoha Widodo Zaini Munawwir, seorang Kyai kesohor di Lirboyo Kediri. Kyai Thoha merupakan salah satu putra KH Zaini.

Sedang Kiai Zaini adalah salah satu putra KH M Moenawwir, pendiri Ponpes Al-Munawwir Krapyak. Selama hayatnya KH Zaini tinggal di Krapyak dan mengajar membaca Al-Qur'an.

Jadi jelas, hubungan Gus Iqdam dengan keluarga Krapyak. Karena itu bagi pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikam II Desa Karanggayam Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, ke Krapyak bisa dibilang ke rumah sendiri.

4 dari 4 halaman

Disambut Masayikh

Tak heran ketika berada di Krapyak Gus Iqdam disambut sebagai keluarga

Saat di Krapyak yang menyambut kedatangannya Gus Hamid dan Gus Kendar, juga Gus Hilmy (KH Dr Hilmy Muhammad), Nyai Hj Umi Salamah binti Abdul Qodir Munawwir beserta segenap anggota keluarga lainnya.

Bahkan saat memberi pengajian di Pendopo Tulungo milik Shoimah, Gus Iqdam merasa tidak nyaman tempat duduk berada persis di depan KH Abdul Hamid bin Abdul Qodir. Akhirnya ia menggeser duduk ke samping.

"Rasanya tidak enak saya berbicara membelakangi Kyai Hamid," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.