Sukses

Momen Gus Iqdam Menangis Haru dalam Pengajian di Pendopo Soimah, Lautan Manusia 10 Km Imogiri Barat

sepanjang Jalan Imogiri Barat, Sewon, Bantul menjadi lautan manusia. Mereka bersemangat mengikuti pengajian Gus Iqdam meski jaraknya hingga 10 kilometer dari Pendopo Tulungo milik Soimah Pancawati

Liputan6.com, Jakarta - Pengajian Gus Iqdam di Bantul, Yogyakarta, tepatnya di Pendopo Tulongo milik artis kenamaan Soimah Pancawati masih menyiasakan cerita.

Di berbagai linimassa, video pengajian yang disebut-sebut dihadiri oleh jemaah terbanyak di Indonesia itu masih bersliweran.

Berkali-kali, video pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah dan Soimah menempati for your page (FYP) TikTok dan masih menjadi pembahasan warganet meski telah berlangsung beberapa hari lalu.

Selain sosok Gus Iqdam, magnet pengajian Gus Iqdam di pendopo Soimah tentu saja turut dipengaruhi oleh Soimah yang juga populer.

Salah satu yang viral adalah momen ketika Gus Iqdam menangis haru. Hal itu dipicu membeludaknya jumlah jemaah yang hadir dan menyimak pengajiannya di Pendopo Soimah.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Momen Gus Iqdam Menangis Haru

Seperti dilaporkan Harjo, sepanjang Jalan Imogiri Barat, Sewon, Bantul menjadi lautan manusia. Mereka bersemangat mengikuti pengajian Gus Iqdam meski jaraknya hingga 10 kilometer dari Pendopo Tulungo.

masih mengutip laman yang sama, terkait banyaknya peserta yang mengikuti pengajian tersebut membuat Gus Iqdam meneteskan air mata karena terharu.

“Nalika tadi mahalul qiyam [semua jemaah berdiri melakukan penyambutan] air mata saya tidak bisa terbendung air mata. Ya Allah iki ngaji acara, haul pisan tiyang sepuh Mas Koko dan Mbak Soimah, tetapi yang datang banyak sekali, bahkan rela berangkat pagi, siang sore,” ucap Gus Iqdam, dikutip dari laman Harian Jogja, Selasa (28/11/2023).

Saking membludaknya jemaah, pesertanya mencapai radius sekitar 10 kilometer dari titik venue utama pengajian di Pendopo Tulungo milik Soimah. Gus Iqdam sendiri mengaku senang hadir di pengajian di Jogja tersebut.

“Saya masih trenyuh, ini tadi Bapak Kapolres [Bantul] ngabari saya. Radius jamaah malam ini 10 kilometer, 10 kilometer. Di tempat ini sudah penuh, padahal kulo nek ninggali ten [saya kalau melihat] Youtube tempat mbak Soimah ini sudah sudah lebar, jeh ga sedeng [tidak cukup] masih luber di jalanan 10 km, semoga yang hadir ahli surga,” katanya.

3 dari 6 halaman

Sosok Soimah, Artis Multitalenta yang Kaya Raya

Artis bernama Soimah Pancawati yang merupakan perempuan kelahiran Pati, Jawa Tengah, dikenal memiliki harta yang cukup fantastis.

Tak jarang kita melihat sosok Soimah ini berbagi uang dalam acara-acara tertentu. Tak jarang pula istri dari Herwan Pandoko atau Mas Koko ini mengaku kaya raya dalam guyonanya.

Mengenai kekayaan tersebut, dai muda Blitar pemilik Majelis Ta'lim Sabilu Taubah Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam membongkar rahasia kekayaan artis ini.

4 dari 6 halaman

Sumber Kekayaan Soimah Selain Jadi Artis

Soimah ternyata memiliki beberapa bisnis yang ia geluti, di antaranya bisnis kos-kosan yang menyatu dengan rumahnya sendiri. Rumah kosnya memiliki banyak kamar dengan desain tradisional.

Kualitas setiap kamar setara dengan hotel berbintang, dilengkapi dengan tempat tidur king size dan kamar mandi dalam. Selain itu, ada area parkir yang luas untuk sepeda motor di luar.

Lalu suaminya memiliki bisnis transportasi umum, bisnis pakaian, biro perjalanan, ada juga bisnis penggilingan padi, baru-baru ini juga membuat bisnis kuliner.

Soimah baru saja menyelesaikan pembangunan sebuah pendopo yang terletak di Yogyakarta, yang diberi nama Pendopo Tulungo. Bangunan ini memancarkan suasana tradisional dengan pilar-pilar kayu jati yang besar, memberikan tampilan yang megah dan mewah.

Fasilitas ini dilengkapi dengan fasilitas seperti homestay, dapur, ruang rias, dan bahkan studio rekaman. Tempat ini dapat disewa untuk berbagai acara, termasuk pertemuan, pernikahan, dan pertunjukan seni. Soimah juga menawarkan paket pernikahan mulai dari Rp99,7 juta untuk 200 tamu.

5 dari 6 halaman

Gus Iqdam Buka Rahasia Kaya Soimah

Dengan berbagai kekayaan tersebut Gus Iqdam membedah rahasia bagaimana Soimah bisa memiliki harta yang banyak.

Dalam kesempatan mengisi ceramah di Pendopo Tulungo milik artis ternama Soimah ini, Gus Iqdam membuka rahasia yang jarang diketahui oleh orang-orang.

"Masya Allah luar biasa, jika ada orang pada bertanya, Soimah kok sugihe cepet? Opo duwe tuyul koyo mas Roni sing viral, opo koyo aku koyo jebor. Inilah jawabannya," kata Gus Iqdam yang menyatakan jika rahasia kekayaan Soimah banyak orang yang mempertanyakan.

Ia melihat kekuatan yang luar biasa dalam pasangan Mas Koko dan Soimah. Meskipun sibuknya luar biasa, yang digambarkan Gus Iqdam, seperti pergi ke Jakarta, Bangkok dan tempat lainnya ia selalu ingat jasa orang yang membesarkan dirinya.

"Soimah mau ke Jakarta, mau ke Bangkok atau mau ke mana, tapi di hati Soimah ia selalu ingat jasa yang membesarkan dirinya," katanya, seperti yang dikutip TikTok akun @Santri KTP.

6 dari 6 halaman

Malaikat Akan Jadi Kurir Antar Pahala Sedekah

Dan Gus Iqdam juga memuji acara yang digelar malam itu, berupa haul orang tua suami istri tersebut.

"Dan acara malam ini terbaik. Ini terbaik, ini hadiah terbaik Mas Koko dan Mbak Somah untuk orang tuanya Mbak Siomah dan Mas Koko, hadiah terbaik ya seperti ini," ujar Gus Iqdam yang mengatakan jika hadiah terbaik untuk orang tua yang sudah meninggal adalah mendoakan.

Gus Iqdam kemudian mengatakan jika anak muda ingin sukses, bisa meniru Soimah dan suaminya.

"Cah nom-nom saiki nek pingin sukses, sampai kaya gini punya pendopo yang seperti ini, tinggal dilihat Soimah itu sibuke kaya apa di tv, kok masih sempat haul ndongake wong tua, nylameti wong tuane," kata Gus Iqdam.

 "Ini luar biasa bisa jadi contoh para artis lainnya.

"Info dari Rasulullah, info pusat, A1 Kanjeng Nabi bersabda kepada Sayidina Ali, menyisihkan rezeki untuk bersodakoh, dan dihadiahkan kepada orang yang meninggal. Jika sudah seperti itu Allah memanggil malaikat, untuk mengantarkan pahala kepada orang tuanya. Jadi yang kirim paket, jika dianalogikan belanja online kurirnya ini malaikat. Enggak main-main soal haul ini. Malaikat jadi kurir berkah langsung diantarkan," tandas Gus Iqdam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.