Sukses

5 Sifat Istri yang Dapat Menghambat Rezeki Suami

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, suami dan istri haruslah saling melengkapi satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani kehidupan sebagai suami istri tidaklah mudah. Oleh karena itu satu sama lain haruslah saling melengkapi. 

Suami berperan sebagai kepala keluarga yang artinya wajib untuk menafkahi keluarga. Sedangkan peran istri adalah mengurus kebutuhan suami dan juga anak-anak.

Setiap keluarga pasti menginginkan rezeki yang lancar, apalagi seiring dengan semakin meningkatnya biaya hidup sehari-hari. Inilah yang seringkali menjadi ujian dalam sebuah rumah tangga.

Terkadang ada istri yang kesal bahkan marah pada suami saat pemasukan berkurang. Namun, daripada menyalahkan suami, tidak ada salahnya juga untuk introspeksi diri sendiri.

Sebab,  terhambatnya rezeki suami juga bisa datang dari sifat-sifat seorang istri. Biasanya sifat-sifat ini sering dilakukan, tetapi tidak disadari. Mengutip dari laman makintau.com, berikut 5 sifat istri yang dapat menghambat rezeki suami.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurang Bersyukur hingga Jarang Bersedekah

1. Kurang Bersyukur dengan Rezeki yang Diberikan Allah

Kurang bersyukur adalah salah satu penghambat rezeki. Padahal, Allah sendiri mengatakan di dalam Alquran bahwa barangsiapa yang bersyukur, maka Allah akan menambahkan nikmat kepada hamba-Nya.

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim ayat 7)

Karena, salah satu cara untuk mendapatkan rezeki Allah adalah dengan bersyukur.

2. Mengabaikan Kewajiban dalam Beribadah

Salah satu hal yang menghambat rezeki adalah melalaikan ibadah kepada Allah. Jika seorang istri mengabaikan ibadah kepada Allah, itu juga bisa menjadi salah satu alasan penghambat rezeki suami.

Dengan beribadah dan selalu mengingat Allah, secara otomatis kita juga akan lebih dekat dengan Allah. Oleh karena itu, jika rezeki suami terasa seret, maka cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pemberi Rezeki, yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan cara lebih rajin dalam beribadah dan berdzikir.

3. Merasa Berat untuk Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu jalan pembuka rezeki. Barangsiapa yang bersedekah, maka Allah akan membalas kebaikannya berkali-kali lipat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid ayat 18)

Jangan merasa berat untuk bersedekah, sebab bersedekah tidak akan mengurangi harta. Malah, Allah akan memberikan keberkahan dan memberikan pahala yang banyak untuk yang bersedekah.

 

3 dari 3 halaman

Durhaka dan Enggan Bersilaturahmi

4. Durhaka kepada Suami

Janganlah jadi istri yang durhaka kepada suami jika ingin rezeki suami lancar. Sebab, salah satu penghambat rezeki suami adalah durhakanya istri terhadap suami.

Beberapa hal yang termasuk dalam sifat durhaka kepada suami adalah melawan suami, tidak mengurusi dan melayani suami, serta membicarakan keburukan suami kepada orang lain.

Selain itu, durhaka terhadap suami juga merupakan salah satu perbuatan dosa yang ancamannya tidaklah ringan.

5. Tidak Suka Bersilaturahmi

Keutamaan bersilaturahmi adalah salah satunya bisa memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. Menjaga hubungan baik dengan keluarga, tetangga dan orang lain yang kita kenal adalah salah satu bentuk silaturahmi.

Istri yang tidak suka bersilaturahmi dan sering menutup diri dari keluarga dan lingkungan sekitar bisa jadi salah satu alasan penghambat rezeki suami. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda,

“Siapa yang ingin rezekinya diperluas dan umurnya panjang maka hendaknya ia bersilaturahmi.” (HR. Bukhari)

Itulah beberapa hal yang bisa menghambat rezeki suami. Bagi seorang istri, cobalah untuk introspeksi diri sendiri dan merubah sikap untuk menjadi lebih baik lagi agar rezeki suami lancar dan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.