Sukses

Sholat Istisqa di Bandung Barat, Berharap Hujan Membawa Berkah

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menggelar Sholat Istisqa di Kecamatan Cipongkor, untuk meminta hujan kepada Allah SWT setelah kemarau panjang melanda daerah itu

Liputan6.com, Jakarta Kemarau panjang melanda sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Bandung Barat. Kemarau memicu kekeringan, krisis air bersih, dan bahaya lainnya, misalnya kebakaran.

Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, menggelar Sholat Istisqa di Kecamatan Cipongkor, untuk meminta hujan kepada Allah SWT setelah kemarau panjang melanda daerah itu hingga menyebabkan sejumlah wilayah terdampak kekeringan.

"Ini merupakan salah satu ikhtiar kita untuk bermunajat memohon diturunkan hujan dengan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahuwataala," kata Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif usai Shalat Istisqa di Kabupaten Bandung Barat, Jumat, dikutip Antara.

Dengan sholat berjamaah tersebut diharapkan doa turun hujan dapat dikabulkan oleh Allah SWT, sehingga dapat menghentikan kekeringan akibat kemarau panjang.

Oleh karena itu, Arsan mengajak seluruh umat Islam di daerahnya untuk melaksanakan Sholat Istisqa guna meminta hujan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Bandung Barat untuk senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya, seraya berharap keberkahan, baik berupa hujan maupun jalan lainnya yang terbaik untuk kita semua," katanya.

Adapun kegiatan Sholat Istisqa kali ini telah terselenggara dua kali, setelah minggu sebelumnya dilaksanakan di Kecamatan Lembang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, kekeringan merupakan salah satu dampak dari fenomena El Nino yang terjadi di Indonesia.

BMKG memprediksi musim hujan baru terjadi sekitar bulan November mendatang usai musim kemarau kering berkurang intensitasnya pada Oktober.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.