Sukses

5 Tanda Kematian yang Bisa Dirasakan Seorang Muslim, Fisik hingga Spiritual

Terdapat tanda-tanda umum yang diasosiasikan dengan kematian dan persiapan menghadapi kehidupan setelah mati

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam, ada dua jenis kiamat, yakni kiamat sugra dan kiamat kubra. Dalam bahasa sederhana, diartikan sebagai kiamat kecil dan kiamat besar.

Kiamat kubra ada akhir semesta atau akhir zaman. Pada saat itu, seluruh makhluk mati, terkecuali yang dikehendaki-Nya tetap ada.

Sementara, kiamat sughra adalah kiamat kecil, yakni kematian makhluk. Kiamat Sugra ini merupakan peristiwa individu yang dialami oleh setiap individu pada saat kematian atau hari akhirnya sebagai individu.

Keyakinan terjadinya kiamat juga terkait dengan kepastian bahwa tiap umat manusia akan meninggal. Selanjutnya, seluruh manusia akan dibangkitkan kembali pada kiamat kubra dan dikumpulkan di Padang Mahsyar.

Sama seperti kiamat kubra, cukup banyak tanda-tanda kiamat sugra atau kematian.

Dalam Islam, tidak ada tanda-tanda spesifik yang dikaitkan dengan 'kiamat sugra' sebagai peristiwa individu pada saat kematian. Namun, terdapat tanda-tanda kematian umum yang diasosiasikan dengan kematian dan persiapan menghadapi kehidupan setelah mati.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda umum yang sering dianggap relevan dalam konteks kematian dan akhirat, mengutip laman fai.umsu.ac.id:

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Tanda Kematian

1. Tanda-tanda fisik

ketika terjadi kiamat sugra beberapa orang mungkin mengalami perubahan fisik atau gejala mendekati kematian, seperti kelemahan fisik, pernapasan yang tidak teratur, perubahan warna kulit, atau perubahan tingkat kesadaran.

2. Meningkatnya keinginan untuk melakukan amal kebajikan

Saat seseorang mendekati kiamat sugra, mereka mungkin merasakan dorongan yang kuat untuk melakukan amal kebajikan, seperti bersedekah, memohon maaf kepada orang lain, atau memperbaiki hubungan yang rusak.

3. Perasaan kedekatan dengan Allah

Ketika datang kiamat sugra seseorang yang mendekati kematian mungkin merasakan perasaan kedekatan yang lebih besar dengan Allah, melakukan ibadah dengan lebih khusyuk, dan memperbanyak doa dan dzikir.

4. Penyakit dan ujian

menjelang kiamat sugra beberapa orang mengalami penyakit atau ujian yang berat menjelang kematian mereka. Ujian-ujian ini dianggap sebagai penghapusan dosa-dosa mereka dan kesempatan untuk membersihkan diri sebelum menghadap Allah.

5. Tanda-tanda mimpi dan penglihatan

Menuju kiamat sugra beberapa orang mungkin mengalami mimpi atau penglihatan yang dianggap sebagai tanda-tanda dari Allah mengenai kematian dan kehidupan setelah mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.