Sukses

Kumpulan Ayat Al-Qur’an untuk Meminta Perlindungan dan Pertolongan Diri

Membaca ayat Al-Qur'an sebagai perlindungan dan pertolongan kepada Allah, dapat menjadi motivasi untuk semakin mendekatkan diri kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta - Kita sebagai manusia tentunya memiliki banyak keterbatasan. Sepandai-pandainya orang, ia tidak akan mampu memastikan apa yang akan terjadi esok hari. Manusia hanya bisa merencanakan, tapi Allah-lah yang berkehendak.

Pertolongan dan perlindungan kepada Allah merupakan bentuk keyakinan serta pengakuan bahwa manusia adalah makhluk lemah. Pengakuan bahwa Allah sebagai satu-satunya dalam kehidupan.

Ayat Al-Qur’an tentang meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah juga demikian melimpah. Al-Qur'an adalah penawar dan juga menjadi terapi bagi tubuh kita yang lelah dari segi fisik dan mental.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut merupakan ayat-ayat Al-Qur’an yang dapat dijadikan sebagai pelindung diri sekaligus sebagai syifa'(obat).

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar.

Sebelum tidur malam dapat membaca ayat kursi sebanyak 1 kali. Alangkah lebih baik jika ditambah dengan membacanya setiap selesai sholat fardhu. Ayat kursi jika dibaca pada waktu-waktu yang disebutkan di atas, dapat menjadi pelindung diri. JIka dibaca sewaktu akan tidur, maka Allah turunkan Malaikat untuk menjaga sepanjang kita tidur, terhindar dari niat jahat sewaktu dalam keadaan tidak sadar

3 dari 3 halaman

Surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas

Surah Al-Ikhlas

Surah Al-Ikhlas sebaiknya dibaca setelah sholat fardhu sebanyak 3 kali. Sebagai tambahan, dapat pula membacanya sebanyak 3 kali sebelum tidur. Surah ini dapat menjadi pelindung diri dari gangguan ketika tidur.

Apabila membaca surah Al-Ikhlas 3 kali setelah setiap sholat fardhu, kita dapat mengobati diri kita sendiri. Sebagaimana riwayat Abu Hurairah; Rasulullah SAW bersabda, "Surah Al-Ikhlas adalah penawar segala penyakit (rohani atau jasmani)." (HR Ibnu Majah r.a)

Surah Al-Falaq

Dibaca sebelum tidur sebanyak 3 kali agar terhindar dari serangan sihir dan orang yang dengki kepada kita. Surah Al-Falaq dapat menjauhkan diri kita dari gangguan setan. Barangsiapa yang takut akan godaan setan dan manusia, takut dalam kegelapan malam atau takut dengan kejahatan manusia, maka hendaklah membaca surah Al-Falaq dan surah An-Nas sebanyak 100 kali.

Surah An-Nas

Surah An-Nas merupakan ayat pelindung dari jin dan manusia. Keistimewaan surah ini antara lain, memiliki kedudukan yang tinggi di antara surah-surah yang lainnya dan merupakan salah satu surah al-mu’awwidzataini (dua surah yang mengandung permohonan perlindungan selain surah Al Falaq). Barangsiapa yang membaca surah ini sebanyak 3 kali pada waktu pagi dan petang, maka Allah akan mencukupinya dari segala sesuatu.

Sedangkan untuk manfaat surah An-Nas sendiri, antara lain boleh digunakan untuk meruqyah serta pelindung dari godaan setan ketika sedang tidur. Membaca surah An-Nas sebelum tidur juga mampu melindungi dari segala bentuk macam sihir yang dilakukan oleh manusia, jin ataupun setan. Kerana inti dari surah ini sendiri adalah untuk memohon perlindungan kepada Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.