Sukses

Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Dhuha, Amalan Pembuka Pintu Rezeki

Membaca doa dan dzikir setelah sholat dhuha sangat dianjurkan kepada kaum Muslim sebab dengan membacanya, akan menambah kemantapan dan ketenangan bagi hati.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat dhuha adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan pada saat dhuha, pagi hari. Sholat ini dilakukan setelah matahari terbit sempurna hingga waktu istiwa, saat matahari berada di titik tertingginya atau tepat berada berada di atas kepala.

Para ulama sendiri berbeda pendapat perihal sholat dhuha. Sebagian ulama menyamakan sholat isyraq dan sholat dhuha. Tetapi ulama lain membedakan sholat isyraq dan sholat sunnah dhuha. 

لَكِنْ ذَكَرَ الْحَاكِمُ فِي مُسْتَدْرَكِهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ صَلَاةً الْإِشْرَاقِ هِيَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ، وَهِيَ صَلَاةُ الضُّحَى وَسُمِّيَتْ بِذَلِكَ لِخَبَرِ لَا يُحَافِظُ عَلَى صَلَاةِ الضُّحَى إلَّا أَوَّابٌ، وَهِيَ صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ رَوَاهُ الْحَاكِمُ وَقَالَ صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ

Imam Al-Hakim dalam Al-Mustadak meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa shalat isyraq adalah sholat awwabin (orang yang tobat), yaitu sholat dhuha. Sholat sunnah ini dinamai demikian berdasarkan hadis:

Tiada yang melazimkan sholat dhuha kecuali orang tobat.’ Dhuha adalah sholat orang tobat,’ (HR Al-Hakim).

Menurutnya, hadis tersebut shahih berdasarkan syarat yang digunakan Imam Muslim.

Sholat dhuha memiliki banyak keutamaan yang menjadi perhatian kaum Muslim, salah satunya akan dibangunkan sebuah rumah di surga oleh Allah SWT. Agar semakin mantap, terdapat dzikir dan doa setelah sholat dhuha sebagai jalan pembuka pintu rezeki.

Mengutip dari laman dream.com, berikut kumpulan bacaan dzikir dan doa setelah sholat dhuha yang bisa diamalkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dzikir Setelah Sholat Dhuha

Sebelum mengetahui bacaan doa, dzikir juga sangat dianjurkan dibaca setelah sholat dhuha. Dzikir dan doa setelah sholat dhuha akan menambah kesempurnaan ibadah sunnah yang satu ini. 

1. Membaca Istighfar Sebanyak 33 Kali

Astaghfirullaahal ‘adziim.

2. Artinya: “Ampunilah aku Ya Allah, Dzat Yang Maha Agung."

3. Membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 3 kali.

4. Membaca Surat Al-Falaq sebanyak 3 kali.

5. Membaca Surat An-Naas sebanyak 3 kali.

6. Membaca Tasbih Sebanyak 33 Kali

7. Subhanallah

Artinya: “Maha Suci Allah."

8. Membaca Tahmid Sebanyak 33 Kali

Alhamdulillah

Artinya: “Segala puji hanya bagi Allah."

9. Membaca Takbir Sebanyak 33 Kali

Allaahu akbar

Artinya: “Allah Dzat yang Maha Besar."

10. Membaca Tahlil

Laa ilaaha illallaahu.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah."

3 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Dhuha

Tidak ada doa khusus yang diajarkan Rasulullah SAW setelah selesai menjalankan sholat dhuha. Sehingga dalam kitab-kitab fiqih, para ulama sama sekali tidak mencantumkan doa setelah sholat dhuha.

Namun terdapat satu doa setelah sholat dhuha yang populer dipanjatkan oleh kaum Muslim di seluruh dunia. Doa ini bukanlah berasal dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Doa ini dicantumkan oleh Asy-Syarwani dalam Syarh Al Minhaj dan disebutkan pula oleh Ad-Dimyathi dalam I’anatuth Thalibiin.

للّٰهُمَّ اِ نَّ الضُّحَآ ءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاء َ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ و َالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَ الْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ و َالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ ر ِزْقِى فِى ا لسَّمَآءِ فَ أَنْزِلْهُ و َاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْض ِ فَأَخْرِجْ هُ وَاِنْ كَ انَ مُعَسَّر ًا فَيَسِّرْ هُ وَاِنْ كَ انَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَان َ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَ اءِكَ وَبَهَ اءِكَ وَجَمَ الِكَ وَقُوَ ّتِكَ وَقُدْ رَتِكَ آتِنِ ىْ مَآاَتَيْ تَ عِبَادَكَ الصَّالِحِي ْنَ

Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka.

Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih”.

4 dari 5 halaman

Doa Sholat Dhuha yang Sering Dipanjatkan Nabi SAW dan Mohon Ampunan

Rasulullah sering memanjatkan dzikir dan doa setelah sholat dhuha yang jarang diketahui berikut ini.

Allahummaghfirli wa tub 'alayya innaka antat tawwabur rohimu.

Artinya: "Ya Allah, ampuni dosaku dan terimalah taubatku. Sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Pengampun."

Doa Setelah Sholat Dhuha Mohon Ampunan

Selain meminta rezeki, manfaatkan waktu dhuha untuk membaca doa ini. Doa setelah sholat dhuha ini berguna untuk memohon ampunan kepada Allah SWT.

Allahumma lakal hamdu, ashbahtu 'abdaka 'ala ahdika wa wa'dika kholaqtani wa lam aku syaia, astaghfiruka lidini fa innahu qod arhaqotni dzunubi wa ahathot bi illa taghfirha faghfirha ya arhamar rahimin.

Artinya: "Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Aku memasuki waktu pagi sebagai hamba-Mu untuk memenuhi janji-janji-Mu. Engkau menciptakan aku sementara aku bukan apa-apa. Aku memohon ampunan kepada-Mu untuk agamaku, sesungguhnya dosa-dosaku telah membebaniku dan telah meliputiku kecuali Engkau memaafkannya, maka maafkanlah wahai Dzat paling penyayang di antara para penyayang."

5 dari 5 halaman

Doa Setelah Sholat Dhuha dalam Riwayat Lain

Doa setelah sholat dhuha dalam riwayat yang lain sebagaimana disampaikan oleh Syekh Muhammad Nawawi Bin Umar Al Jawi dalam kitabnya Nihayatuz Zain.

Disebutkan dalam kitab tersebut dua riwayat doa setelah sholat dhuha dan keduanya bisa diamalkan. Satu doa setelah sholat dhuha sudah disebutkan sebelumnya. Sedangkan dalam sub bab ini akan ditunjukkan doa setelah sholat dhuha dalam riwayat yang lain. Berikut bacaan doa setelah sholat dhuha yang diriwayatkan dari Ibnu ‘Ulwan:

Artinya: “Ya Allah bukalah ikatan yang membelenggu hati kami dengan izin-Mu, perbaikilah jalan petunjuk kami dengan senantiasa jujur dalam menerima kehendak-Mu, bentangkanlah pada saat ini juga panji hidayah-Mu atas kami, bentengilah kami dengan pedang-pedang penjagaan-Mu, mahkotailah kami dengan mahkota ma’rifat-Mu. Hujanilah kami dengan ampunanmu, suguhilah kami dengan minuman mahabbah-Mu.

Tetapkanlah kami dalam catatan khusus-Mu, tetapkanlah kami dalam area penjagaan-Mu, dan murnikanlah hati-hati kami, terangilah penglihatan kami, dan kumpulkanlah kami dalam perlindungan suci-Mu, kasihanilah kami dengan lembutnya kasih sayang-Mu, dan jangan putuskan kami dari-Mu sebab selain-Mu. Ya Allah jika ada dari kami suatu penghargaan pada selain-Mu dan keberpalingan dari-Mu, baik yang disengaja, keliru, atau lupa, maka lepaskanlah ia dari kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala-galanya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.