Sukses

Top 3 Islami: Putri Ariani America's Got Talent Banjir Pujian hingga Profil Jusuf Hamka

Artikel mengenai Putri Ariani penyabet Golden Buzzer America's Got Talent yang banjir pujian dan profil pengusaha muslim keturunan Tionghoa, Jusuf Hamka menjadi topTop 3 Islami

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari terakhir ada dua sosok yang menjadi perhatian publik di Indonesia. Satu sosok pengusaha, sementara satunya lagi adalah penyanyi muda yang kini banyak dielu-elukan, Putri Ariani.

Putri Ariani, remaja berjilbab yang mengguncang America's Got Talent usai mendapatkan Golden Buzzer di ajang tanding bakat tersebut.

Sementara, sosok lainnya adalah pengusaha keturunan Tionghoa, Jusuf Hamka, seorang bos jalan tol.

Artikel mengenai keduanya membetot perhatian pembaca kanal Islami Liputan6.com, Kamis (15/6/2023) sehingga masuk tiga besar atau top 3 paling diminati.

Selengkapnya, simak Top 3 Islami beserta satu materi lain yakni keutamaan ibadah kurban. 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Putri Ariani America’s Got Talent Panen Pujian, Ini Doa Ketika Dipuji Orang Lain

Putri Ariani ramai diperbincangkan setelah mendapat Golden Buzzer di ajang America’s Got Talent 2023. Putri berhasil membuktikan pada dunia bahwa keterbatasan penglihatannya tidak menghalangi langkahnya.

Banyak orang yang kagum dan bangga dengan prestasi Putri. Tidak sedikit juga dari mereka yang memberikan pujian kepada Putri usai penampilannya yang memukau di ajang bergengsi Amerika.

Terlepas dari aksi Putri yang menuai pujian, seorang muslim -siapa pun itu- harus berhati-hati ketika mendapat pujian dari orang lain. Karena bisa jadi pujian tersebut membuat diri semakin ujub dan sombong.

Untuk menghindari hal tersebut, Islam mengajarkan untuk untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar tidak terlena dengan pujian orang lain. Berikut ini adalah doa yang dapat dilafalkan saat dipuji orang lain.

اللَّهُمَّ لا تُؤَاخِذْنِي بِمَا يَقُولُونَ، واغْفِر لِي مَا لَا يَعْلَمُونَ واجْعَلْنِي خَيْراً مِمَّا يَظُنُّونَ

Allahumma la tu akhizni bima yaqulun waghfirli ma la ya'lamun waj'alni khoiran mimma yadzunnun.

Artinya: "Ya Allah, jangan Engkau menghukumku disebabkan pujian yang dia ucapkan, ampunilah aku, atas kekurangan yang tidak mereka ketahui. Dan jadikan aku lebih baik dari pada penilaian yang mereka berikan untukku."

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Profil Bos Jalan Tol Jusuf Hamka, Pengusaha Muslim Tionghoa Anak Angkat Buya Hamka

Bos jalan tol Jusuf Hamka baru-baru ini menjadi sorotan usai menagih utang pemerintah Rp179,5 miliar kepada PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. (CMNP). Terlepas dari itu, mari mengenal lebih dekat dengan anak angkat ulama Buya Hamka ini.

Jusuf Hamka adalah seorang pengusaha muslim keturunan Tionghoa yang memegang saham mayoritas di PT CMNP. Jusuf Hamka lahir di Jakarta pada 5 Desember 1957 dengan nama Alun Joseph.

Pria yang akrab disapa Babah Alun ini lahir dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga Tionghoa. Ia adalah anak keempat dari pasangan Dr. Joseph Suhaimi S.H dan Suwanti Suhaimi. Kedua orangtuanya merupakan seorang guru dan dosen di salah satu universitas di Jakarta.

Jusuf Hamka menghabiskan masa kecilnya di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Ia menjalani hidup keras di masa kecilnya.

Sepulang sekolah, Jusuf Hamka berjualan keliling seiring hidupnya pas-pasan. Ia menjadi pedagang asongan di sekitar wilayah Masjid Istiqlal. Es mambo hingga kacang-kacangan pernah dijual Jusuf Hamka untuk menambah uang jajan.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Teks Khutbah Jumat: Pahala dan Keutamaan Ibadah Kurban

Menjelang bulan Dzulhijjah, penting bagi seorang muslim mengetahui pahala dan keutamaan melakukan ibadah kurban. Ibadah kurban termasuk salah satu sunnah dikerjakan setelah sholat Idul Adha dan tiga hari tasyrik (11-13 Dzulhijjah).

Menyembelih hewan kurban merupakan bentuk ibadah yang meneladani Nabi Ibrahim AS. Kala itu, Nabi Ibrahim AS mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Nabi Ismail AS yang diganti dengan seekor domba.

Selain itu, ibadah kurban dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Tentu saja orang yang berkurban memiliki nilai kemuliaan dan keutamaan yang sangat tinggi di hadapan Allah SWT.

Orang yang berkurban akan mendapat pahala dari Allah SWT. Terdapat pula keutamaan bagi orang yang melaksanakan ibadah kurban.

Muslim perlu mengetahui pahala dan keutamaan ibadah kurban. Karena itu, khatib Jumat dapat menyampaikan materi khutbah Jumat dengan mengangkat tema tentang hal tersebut.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.