Sukses

Hati-Hati, Ini Azab Berat bagi Orang yang Hina Habib atau Keturunan Rasulullah SAW

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah yang juga keturunan Rasulullah SAW, Habib Hasan bin Ismail Al Muhdor mendapat pertanyaan dari salah seorang jemaahnya. Pertanyaan itu tentang hukum menghina cucu Rasulullah SAW atau habib serta siksa apa yang akan didapatkannya.

Habib Hasan menjelaskan, menghina seseorang tidak terlepas dari kebencian yang timbul dari hati. Orang yang membenci biasanya akan tetap membenci meskipun orang yang dibencinya memiliki sikap yang baik. 

“Jika seseorang itu benci, benci seorang mukmin, mukmin siapapun itu, maka haram. Benci seorang mukmin haram, karena orang mukmin adalah saudara kita,” kata Habib Hasan dikutip dari YouTube Ahbaabul Musthofa, Sabtu (10/6/2023).

Keturunan Rasulullah SAW ini kemudian mengutip sabda Nabi riwayat Bukhari dan Muslim. “Tidak beriman salah seorang di antara kamu hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.”

“Artinya apa? Dia wajib cinta orang mukmin, haram membenci orang mukmin,” tegasnya.

Lantas, bagaimana jika mukmin tersebut adalah ahlul bait atau keturunan Nabi SAW? Habib Hasan mengatakan jika membenci mukmin cucu nabi maka siap-siap meninggal dalam keadaan su’ul khotimah dan menjadi calon penghuni neraka.

“Nabi SAW bersabda dalam hadis banyak riwayat ada yang hasan, sahih, dhaif. Kalau dikumpulkan menjadi hadis yang sangat kuat. ‘Siapa yang membenci salah satu cucuku, maka dia mati akan menjadi calon penghuni neraka’,” kata Habib Hasan mengutip sabda nabi.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apabila Keturunan Rasulullah SAW Berbuat Salah

Setiap manusia termasuk keturunan Rasulullah SAW tidak dimungkiri berbuat salah dan dosa. Ketika cucu nabi melakukan hal-hal yang tidak baik, maka seorang muslim menurut Habib Hasan boleh tidak setuju dengan kesalahan dan dosanya, tapi haram membenci orangnya.

Supaya tidak timbul rasa benci ketika melihat habib berbuat salah, maka kata Habib Hasan berdoalah agar Allah menutup aibnya. Syekh Ali Jum’ah dalam doa-doanya sering meminta agar Allah menutupi kejelekan para ahlul bait nabi di matanya.

“Sehingga yang kita lihat dari ahlul bait semuanya yang indah. Maka dengan demikian mudah untuk kita cinta kepada beliau,” sambung Habib Hasan.

Menurut Habib Hasan, sama halnya dengan orang yang membenci, mereka yang mencintai ahlul bait nabi juga akan mendapat balasan dari Allah SWT. Orang yang cinta pada keturunan nabi akan mengundang husnul khatimah dan surga Allah SWT. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.