Sukses

Jalan-Jalan ke Masjid Al Wustho Mangkunegaran, Destinasi Wisata Religi di Kota Solo

Liputan6.com, Solo - Masjid Al Wustho Mangkunegaran berlokasi di Jalan Kartini No.3, Ketelan, Banjarsari, Kota Surakarta. Masjid ini merupakan milik Pura Mangkunegaran.

Mengutip dari surakarta.go.id, masjid ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada 1259 Hijriah atau 1878 Masehi. Usai dibangun, pengelolaan masjid kemudian diserahkan kepada para pengurus masjid. Mereka kemudian diangkat menjadi abdi dalem di Pura Mangkunegaran.

Setelah Indonesia merdeka, pengelolaan masjid selanjutnya diserahkan kepada Kementerian Agama. Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Agama tahun 1962 yang menyebutkan bahwa Masjid Al Wustho Banjarsari adalah masjid yang diurus dan dipelihara Departemen Agama dengan mengikutsertakan eksponen-eksponen masyarakat.

Masjid ini awalnya memang merupakan masjid kerajaan, sehingga hanya diperuntukkan khusus bagi anggota keluarga kerajaan Pura Mangkunegaran yang akan beribadah. Namun, seiring berjalannya waktu, masjid di Solo ini kemudian bisa digunakan untuk masyarakat umum. 

 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arsitektur Masjid

Kompleks Masjid Al Wustho Mangkunegaran memiliki luas sekitar 400 meter persegi. Bangunan ini terpisah dari bangunan sekitarnya dengan dibatasi oleh pagar tembok di sekelilingnya.

Tembok bagian belakang memiliki tinggi 3 meter, sedangkan bagian depan berbentuk lengkung setinggi 3 meter. Selain itu, juga terdapat gapura di bagian depan masjid dengan hiasan relief tulisan arab.  

Tak jauh berbeda dengan masjid-masjid di Jawa, bangunan ini dibangun dengan gaya arsitektur layaknya Masjid Agung Demak, Masjid Agung Surakarta, dan Masjid Agung Keraton Yogyakarta. Bentuk khas masjid kuno berbentuk limasan dengan atap tumpang juga menghiasi masjid ini.

Pada bagian halaman masjid terdapat gunungan atau kubah setinggi sekitar 3 meter. Ciri khas masjid ini dengan masjid lainnya adalah adanya markis pada masjid.

Markis adalah semacam gapura pintu utama menuju teras yang dihiasi dengan kaligrafi. Selain itu, juga tertera beberapa nukilan ayat suci Al-Qur'an juga menghiasi beberapa bagian masjid, gapura masuk, pintu, serta jendela.  

Masjid Al Wustho Mangkunegaran merupakan salah satu dari banyaknya destinasi wisata religi Solo. Kamu bisa menjadikan masjid ini sebagai salah satu destinasi pilihan saat berkunjung ke Kota Solo.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.