Sukses

Inul Daratista Bahas Perbedaan Tanggal Lebaran Idul Fitri 2023: Mari Rayakan Kemenangan dengan Hati yang Suci dan Bersih

Pemerintah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023 sementara Muhammadiyah sehari lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Syawal 1444 H jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Kendati demikian, Muhammadiah menetapkan 1 Syawal sehari lebih cepat, yaitu di hari Jumat.

Inul Daratista pun membahas soal perbedaan tanggal Hari Raya yang terjadi hampir setiap tahun. Menurutnya, berdeda tanggal pelaksanaan Lebaran Idul Fitri bukanlah masalah besar.

"Hari Raya tidak sama, oora masalah. Sama-sama memenuhi kewajiban berpuasa Ramadhan 2023. Mau 29 hari. Mau 30 hari. Semuanya baik, yang tidka baik yang debat kusir," tulis istri Adam Suseno di Instagramnya, Jumat (20/4/2023).

"Poko'e selamat berpesta merayakan Idul Fitri bagi yang mendahului. Mohon maaf lahir batin. Mari kita rayakan kemenangan dengan hati yang suci, hati yang bersih," sambungnya.

Ibu satu anak ini berharap masyarakat bisa saling menghormati, dan menjaga suasana agar tetap penuh dengan kedamaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harus Merayakan Kemenangan dengan Gembira

"Pokoke mau esok atau lusa ,kita hrs gembira sdh memenangkan hawa nafsu dunia selama sebulan penuh. Hati kembali fitri suci bersih jgn di nodai dgn debat hilal," ujarnya.

Di akhir keterangannya, dia juga menyampaikan permohonan maaf. "Maafin Inul dan Bojoku yah," ia mengakhiri.

3 dari 4 halaman

Respons Warganet

Warganet pun setuju dengan pendapat Inul Daratista. "Masyaallah legowo banget bunda sampean," kata salah satu warganet di kolom komentar.

"Mau 21 ato 22 yg jelas Ramadhan sudah meninggalkan kita.. dan kita hanya bisa menunggu kedatangannya kembali.. semoga kita semua masih diberi kesempatan bertemu Ramadhan kembali.. aamiin," yang lain menimpali.

4 dari 4 halaman

Penetapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah

Diberitakan sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Keputusan itu disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama, Kamis (20/4/2023).

"Berdasarkan posisi Hilal di seluruh Indonesia, sidang isbat secara mufakat menetapkan 1 Syawal 1444 hijriah jatuh pada sabtu 22 April Masehi,” ujar Yaqut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.