Sukses

5 Aplikasi Rekomendasi untuk Pantau Lalu Lintas Perjalanan Mudik Lebaran

Berikut lima aplikasi rekomendasi untuk memantau lalu lintas saat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Selain kondisi tubuh dan kendaraan yang prima, sejumlah persiapan lain juga wajib dilakukan.

Salah satunya adalah mengetahui kondisi dan informasi lalu lintas selama perjalanan. Dengan informasi lalu lintas mudik yang cukup, pemudik dapat mempersiapkan diri secara lebih baik dalam perjalanan.

Informasi soal arus lalu lintas pun kini bisa diketahui dengan memanfaatkan aplikasi yang ada di smartphone. Karenanya, Tekno Liputan6.com merangkum sejumlah rekomendasi aplikasi pantau lalu lintas saat mudik. Berikut daftarnya.

1. Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi peta yang umum digunakan saat ini. Aplikasi besutan Google ini yang terbilang lengkap, seperti petunjuk jalan, navigasi, termasuk kondisi lalu lintas.

Kondisi lalu lintas di perjalanan biasanya ditunjukkan dengan warna hijau, kuning, dan merah. Selain itu, aplikasi juga bisa memberikan rekomendasi rute alternatif ketika melakukan perjalanan.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memakai aplikasi ini tanpa koneksi internet. Namun sebelumnya, pengguna Google Maps harus mengunduh informasi di sebuah kawasan yang dibutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. HERE WeGo

HERE WeGo merupakan aplikasi yang memiliki fungsi mirip dengan Google Maps. Informasi yang ditawarkan pun terbilang lengkap, sehingga bisa dijadikan aplikasi alternatif.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna mengunduh peta dan informasi wilayah tertentu. Jadi, pengguna dapat memakainya tanpa perlu terhubung dengan internet.

3. Waze

Secara fungsi, Waze memiliki fitur yang serupa dengan Google Maps. Pengguna bisa memakai aplikasi ini untuk mengetahui rute perjalanan termasuk memantau kondisi lalu lintas.

Yang membedakan, pengguna aplikasi ini bisa ikut berpartisipasi dalam memberikan informasi di rute yang dilaluinya. Dengan informasi ini, antar pengguna bisa saling membantu untuk memberikan informasi terkini seputar arus lalu lintas.

3 dari 4 halaman

4. Travoy

Travoy merupakan aplikasi berisi informasi jalan tol yang dikelola PT Jasa Marga. Sebelumnya, aplikasi ini dikenal sebagai Jasa Marga Live.

Aplikasi ini memiliki beragam fitur, mulai dari siaran langsung CCTV termasuk informasi lalu lintas.Mengingat aplikasi ini berasal dari Jasa Marga, informasi yang ditampilkan mencakup beragam ruas tol di Pulau Jawa

Pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pemesanan kendaraan derek di jalan tol apabila terjadi kondisi darurat. Aplikasi ini juga menyediakan informasi rest area terdekat dan kapasitas parkir yang tersedia secara real time.

5. Media Sosial/TV/Radio/Media Online

Informasi lalu lintas terkini juga bisa diketahui dari akun media sosial resmi instansi terkait, seperti Jasa Marga, kepolisian, maupun pengendara lain. Karenanya, media sosial bisa menjadi opsi untuk mengetahui informasi lalu lintas terbaru.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan informasi terbaru yang dibagikan melalui radio, TV, atau media online mengenai arus lalu lintas selama mudik.

Sebagai penutup, selamat melakukan perjalanan mudik untuk bertema sanak saudara di kampung halaman. Selalu patuhi rambu lalu lintas dan hati-hati dalam berkendara.

4 dari 4 halaman

Infografis Journal: Ingin Mudik Aman dan Nyaman Perhatikan 5 Hal Ini. (Liputan6.com/Tri Yasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.