Sukses

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Dorong Perusahaan di Jabar Adakan Mudik Gratis Lebaran 2023

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mendorong agar perusahaan yang ada di Jawa Barat untuk memfasilitasi mudik gratis Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 bagi para buruh dan karyawan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mendorong agar perusahaan yang ada di Jawa Barat untuk memfasilitasi mudik gratis Hari Raya Idul Fitri 1444 H atau Lebaran 2023 bagi para buruh dan karyawan.

Dorongan tersebut tertuang dalam surat edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 24/KB 03.03.01/Kesra tentang Penyediaan Fasilitasi Transportasi Gratis Untuk Mudik Hari Raya Idul Fitri 2023/1444 H Bagi Pekerja/Buruh di Daerah Provinsi Jawa Barat.

Penyediaan memfasilitasi mudik gratis Lebaran 2023 tersbeut dilandasi adanya Pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa masyarakat diperbolehkan melakukan aktivitas kegiatan diantaranya Hari Raya Idul Fitri.

Ridwan Kamil mengatakan, salah satu aktivitas masyarakat yang akan mendapatkan animo dan perhatian tinggi adalah mudik ke kampung halaman masing-masing.

"Terlebih Tahun 2023 adalah tahun pertama aktivitas atau kegiatan masyarakat tanpa PPKM," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya melansir Antara, Kamis (13/4/2023).

Untuk mengurangi aktivitas dan penumpukan masyarakat di terminal, stasiun, hingga bandara, di mana, di dalamnya akan banyak pekerja yang pulang kampung, maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat perlu menyiapkan alternatif angkutan Lebaran.

"Dalam rangka menjamin pekerja maupun buruh agar dapat melakukan mudik ke kampung halaman dan juga dalam rangka meningkat kesejahteraan pekerja," ucap Kang Emil.

"Sehingga pihak perusahaan dapat memberikan insentif beban biaya yang ditanggung oleh para pekerja. Berupa penyediaan fasilitasi transportasi gratis untuk mudik di Hari Raya Idul Fitri 1444 H," sambung dia.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar para pemimpin perusahaan di Jawa Barat untuk menyediakan fasilitas mudik gratis Lebaran 2023 tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mudik Lebaran 2023, Jokowi Minta Kepala Daerah Juga Ikut Pantau Masalah yang Ada

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah turun ke lapangan untuk memantau permasalahan mudik Lebaran 2023. Jokowi ingin para kepala daerah bisa mengambil tindakan apabila ada masalah-masalah selama musim mudik tahun ini.

"Selain Kemenhub, Polri, TNI, BUMN, gubernur, bupati, walikota saya minta betul turun ke bawah melihat problem secara detaill supaya bisa eksekusi langsung di lapangan," kata dia saat memimpin rapat terbatas persiapan mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa 11 April 2023.

Jokowi menyampaikan, jumlah pemudik Lebaran 2023 naik signifikan hingga 45 persen, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dia menyebut total ada 123 juta masyarakat yang akan mudik pada Lebaran tahun ini.

Untuk itu, Jokowi meminta adanya manajemen perencanaan mudik yang baik. Hal ini agar masyarakat dapat nyaman melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.

"Karena saya tadi bisa membayangkan dari 86 juta (warga yang mudik pada Lebaran 2022) melompat ke 123 juta (pada Lebaran 2023). Itu bukan suatu manajemen yang mudah perlu persiapan perlu desain perencanaanyang baik," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Minta Pastikan Masyarakat terlayani Selama Mudik

Jokowi pun meninjau persiapan mudik Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, untuk memastikan masyarakat terlayani dengan baik saat melakukan perjalanan.

Dia tak mau masyarakat mengalami kemacetan panjang dan menghabiskan waktu di perjalanan.

"Saya sangat berharap kenapa saya kesini (Pelabuhan Merak), karena saya mau mastikan semua berjalan dengan baik dan masyarakat betul terlayani dengan baik," tuturnya.

"Tidak ada yang merasa lama lama di jalan berlama lama di Pelabuan ada kemacetan. Itu yang kita harapkan," sambung Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.