Sukses

4 Manfaat Puasa bagi Anak, Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh hingga Mengajarkan Disiplin

Ramadhan 2023 dapat terasa kian lengkap ketika menjalankan puasa bersama anak-anak tercinta. Apalagi, ketika buah hati baru saja memulai untuk menjalankan ibadah puasa.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan 2023 dapat terasa kian lengkap ketika menjalankan puasa bersama anak-anak tercinta. Apalagi, ketika anak baru saja memulai untuk menjalankan ibadah puasa.

Dikutip dari laman Direktorat Sekolah Dasar - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jumat, 7 April 2023, ternyata puasa punya beragam manfaat bagi anak-anak, beberapa di antaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh hingga mengajarkan si kecil untuk disiplin. Simak manfaat puasa bagi anakselengkapnya berikut ini.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Riset menunjukkan bahwa puasa selama beberapa waktu terlihat dapat merangsang aktivitas sel darah putih dan membentuk daya tahan tubuh agar lebih kuat.

2. Mencegah anak kelebihan berat badan

Saat sedang puasa, waktu makan dan minum anak akan dibatasi sehingga terhindar dari makan berlebihan. Selain itu, puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh anak. Hal tersebut bisa membuat anak mengontrol berat badannya dengan lebih baik sekaligus mencegah obesitas.

3. Mengajarkan anak untuk disiplin

Sikap disiplin pada anak tidak serta merta muncul begitu saja, tetapi harus dilatih sedini mungkin. Menanamkan sikap ini akan membuat anak mengerti tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan serta mampu menghargai dan mengikuti peraturan yang berlaku.

4. Melatih anak mengendalikan diri dan bersabar

Sama seperti disiplin, sikap mengendalikan diri anak juga harus dilatih. Salah satu caranya adalah dengan berpuasa.

Puasa artinya tidak makan dan minum mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Menunggu waktu berbuka ini bisa menjadi cara untuk anak belajar bersabar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Cegah Dehidrasi dengan Minum 8 Gelas Air Selama Puasa

Menjalankan ibadah puasa umat muslim menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam. Karena itu, tubuh akan kehilangan kehilangan asupan nutrisi dan juga cairan dalam tubuh yang disebut juga dehidrasi.

Dikutip dari laman Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Selasa, 4 April 2023, kondisi tersebut menyebabkan kurangnya energi dalam menjalankan aktivitas saat berpuasa hingga timbulnya rasa haus dan tubuh mulai lelah. Maka dari itu, penting untuk kembali memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau terhidrasi dengan minum air putih delapan gelas dalam sehari pada saat berbuka puasa maupun saat santap sahur.

Berikut rekomendasi waktu yang cocok untuk memenuhi kebutuhan cairan harian dengan delapan gelas air putih dalam sehari pada saat berbuka dan santap sahur. Alur minum delapan gelas per hari, seperti di bawah ini:

1 gelas setelah bangun tidur

1 gelas selepas sahur

1 gelas saat berbuka puasa

1 gelas setelah salat Maghrib

1 gelas setelah makan malam

1 gelas setelah salat Isya

1 gelas setelah salat Tarawih

1 gelas sebelum tidur

Dengan menerapkan rekomendasi alur dalam meminum delapan gelas air putih pada saat berbuka dan sahur di atas, diharapkan tubuh dapat terhidrasi dengan baik. Maka dari itu, tubuh lebih sehat dan berenergi dalam menjalankan aktivitas serta beribadah dengan lancar saat puasa dan di Bulan Suci Ramadhan tahun ini dapat fokus beribadah. 

3 dari 4 halaman

5 Tips Sehat Selama Jalani Puasa di Bulan Ramadhan 2023

Ada beberapa tips sehat menjaga kesehatan selama Ramadhan 2023 agar dapat beribadah dan beraktivitas lebih optimal, simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Pola makan sahur yang baik

Sahur berperan penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari. Maka dari itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, dan hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari

2. Pola makan saat berbuka

Langsung memgonsumsi makanan yang banyak saat berbuka puasa akan menyebabkan perut menjadi sesak. Makan makanan secukupnya secara bertahap, dimulai dengan minum air putih dan sedikit makanan manis.

3. Menjaga pola makan malam

Makan malam terlalu banyak saat malam hari akan menyebabkan seseorang mengalami obesitas sehingga harus dihindari. Selain itu juga hindari konsumsi kopi dan soda karena akan menyebabkan sulit tidur dan menimbun banyak lemak.

4 dari 4 halaman

4. Menjaga pola tidur

Bila harus mempersiapkan untuk sahur dan bangun di pagi hari, maka hindari tidur terlalu malam untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Menerapkan lima panduan hidup sehat, diharapkan mampu menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

5. Aktivitas fisik minimal 30 menit

Meski sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

 

Manfaat Puasa untuk Detoksifikasi Tubuh

Wellness doctor sekaligus healthy lifestyle speaker dr. Fanny Riawati Imannuddin mengungkapkan puasa adalah suatu sistem tubuh untuk menetralisir racun atau membantu untuk detoksifikasi. Tubuh terkadang perlu melakukan proses detoksifikasinya sendiri.

"Tetapi, kita dengan pola nutrisi dan kebiasaan hidup kita akhirnya menjadi proses detoksifikasinya menjadi lebih berkurang fungsinya, fungsi liver terutama," kata dr. Fanny dalam Instagram Live Cookpad dan Morula IVF, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, "Karena kita banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat, kurang minum air putih, sering mengonsumsi makanan cepat saji, kemudian juga kurang tidur, stresnya cukup tinggi itu akan mengganggu ke proses detoksifikasi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini