Sukses

5 Aplikasi Alarm Ini dapat Bantu Kamu Bangun Sahur Tepat Waktu Selama Ramadhan

Liputan6.com sudah menghimpun daftar aplikasi yang dijamin dapat membuat kamu bangun sahur. Apa saja aplikasi tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Sepanjang berpuasa ini, umat Islam harus bangun lebih awal dari biasanya untuk santap sahur, yaitu makan sebelum fajar tiba.

Karena belum terbiasa, wajar bila banyak dari kamu merasa kesulitan mengubah jadwal tidur sehingga dapat bangun lebih awal untuk sahur.

Salah satu solusi adalah memasang aplikasi alarm di HP Android atau iOS, sehingga dapat bangus sahur secara tepat waktu.

Untuk itu, Liputan6.com sudah menghimpun daftar aplikasi yang dijamin dapat membuat kamu bangun sahur. Apa saja aplikasi tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

Daftar Aplikasi Alarm Terbaik untuk Sahur

1. Alarmy

Aplikasi ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sulit bangung, walau sudah mendengarkan suara alarm di ponsel. Kenapa?

Karena aplikasi Alarmy ini akan terus berbunyi jika pengguna tidak menyelesaikan teka-teki matematika, atau mengoyang-goyangkan ponsel selama 50 kali agar bunyi alarm berhenti.

2. SalatKu

Tidak hanya berfungsi sebagai alarm, aplikasi SalatKu buatan Kodelokus Cipta Aplikasi ini juga memiliki fitur jadwal Sholat.

Dengan ini, Anda tidak perlu lagi khawatir ketinggalan waktu sholat selama bulan Ramadhan 2023.

Pengembang juga menyertakan fitur kompas, sehingga pengguna yang sedang berpergian dapat mengatahui arah kiblat saat menjalankan sholat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Good Morning Alarm Clock

Aplikasi Good Morning Alarm Clock (sumber: androidheadlines.com)

Good Morning Alarm Clock bukan aplikasi alarm biasa. Selain dapat digunakan untuk membangungkan sahur, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi waktu optimal pengguna tidur.

Kamu dapat mengatur nada dering yang digunakan, mulai dari suara alam sampai lagu favorit. Tak hanya itu, aplikasi ini juga mampu memberikan analisa kualitas waktu tidurmu.

4. Shake-it Alarm

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus siap mematikan alarm dengan cara yang tak biasa. Alasannya, untuk mematikan alarm ini, pengguna tak cukup dengan menekan tombol tertentu.

Ada beberapa pilihan untuk mematikan fungsi alarm ini, mulai dari menggetarkan smartphone, berteriak, termasuk menekan berulang kali. Kalau dianggap terlalu mudah, kamu dapat mengaktifkan Random Mode yang memunculkan salah satu fitur itu secara acak.

5. AlarmMon

AlarmMon merupakan salah satu aplikasi alarm yang sudah diunduh lebih dari 25 juta pengguna Android. Aplikasi ini menawarkan beberapa jenis alarm yang dapat dipakai oleh pengguna.

Uniknya, aplikasi ini juga menyediakan katalog suara yang dapat digunakan sebagai nada dering. Namun perlu diingat, tak seluruh nada dering itu dapat diunduh secara gratis.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Setelah Sahur yang Dibaca Rasulullah SAW

Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Di sisi lain, sahur menjadi salah satu kewajiban yang perlu dilakukan setiap umat muslim sebelum menjalankan ibadah puasa. Malaikat turun menebar rahmat Allah SWT ketika sahur. Sehingga, waktu sahur sungguh mustajab untuk berdoa.

Rasulullah Muhammad SAW bersama para sahabat selalu makan sahur sebelum berpuasa. Menu terbaik yang paling sering disantap Rasulullah saat sahur adalah kurma.

Melansir dari Nu Online, Kamis (30/3/2023), Rasulullah SAW mengatakan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh berkah, sebagaimana dalam keterangan hadist riwayat Ahmad berikut:

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya,

"Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah sawbersabda, 'Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur." (HR. Ahmad)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasulullah saw menganjurkan untuk sahur meskipun hanya dengan seteguk air.

وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تسحروا ولو بجرعة من ماء رواه ابن حبان في صحيحه

Artinya,

"Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air,'" (HR Ibnu Hibban).

4 dari 4 halaman

Doa yang dibaca Rasulullah setelah sahur

Ilustrasi seseorang tengah berdoa. (Sumber foto: Pexels.com)

Usai sahur, Rasulullah kerap membaca doa ini, seperti tercantum dalam hadis riwayat Thabrani. Berikut doa dan artinya.

Ini doanya:

 

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Yarhamullahul mutasahhirin

Artinya,

"Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.