Sukses

Ini 5 Keuntungan Mudik Lebaran Naik Kereta Api

Liputan6.com, Jakarta Jelang Lebaran 2023, masyarakat Indonesia memiliki tradisi untuk kembali ke kampung halaman atau yang biasa disebut dengan Mudik Lebaran.

Saat mudik lebaran, ada beberapa pilihan transportasi yang biasanya digunakan masyarakat untuk bertemu sanak saudara di kampung halamannya, salsah satunya yaitu kereta api.

Lantas, apa saja kelebihan mudik Lebaran dengan kereta api?

1. Mengutamakan Keselamatan

Tidak perlu khawatir selama perjalanan mudik naik kereta, karena insan KAI akan memastikan keselamatan perjalanan mudik pelanggan sampai tiba di kampung halaman. Menyambut Angkutan Lebaran 2023, KAI bersama stakeholder perkeretaapian telah melakukan inspeksi ke berbagai wilayah di Pulau Jawa pada tanggal 6-8 Maret lalu.

Kegiatan inspeksi ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dari berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, kesiapan sumber daya manusia, serta aspek penunjang lainnya. Juga lokomotif, kereta, jalur, jembatan, terowongan, serta persinyalan dipastikan dalam kondisi andal dan siap operasi.

Di samping itu, KAI akan menyiagakan petugas pemeriksa jalur ekstra, petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, serta petugas posko daerah rawan ekstra. KAI juga mempersiapkan strategi manajemen krisis bernama AMUS (Alat, Material, Untuk Siaga).

Cara tersebut selain menyiagakan tim personil lapangan khusus, juga menyediakan alat dan material yang ditempatkan tersebar di tempat-tempat strategis sepanjang jalur kereta api. Hal ini bertujuan jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sehat dan Nyaman

Meskipun kondisi Covid-19 sudah membaik, KAI tetap menjalankan kebijakan protokol kesehatan untuk menjamin perjalanan mudik masyarakat tetap sehat, aman, dan nyaman, dengan mewajibkan pelanggan sudah divaksin dosis ketiga (booster). Hal ini sesuai dengan SE Menteri Perhubungan No 84 Th 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022.

“KAI tetap berkomitmen untuk terus mengikuti ketentuan dari pemerintah dalam memberikan layanan transportasi yang sehat kepada seluruh pelanggan baik saat berada di stasiun maupun selama dalam perjalanan,” kata Joni.

3. Tepat Waktu

Ketepatan waktu merupakan poin yang sering kali masyarakat rasakan saat menggunakan kereta api. Kereta api adalah moda transportasi yang bebas macet dan tepat waktu untuk mengantarkan pelanggan bertemu keluarga serta kerabat dengan lebih cepat. Bahkan on time performance KAI saat ini adalah 99,6 persen.

KAI secara bertahap terus meningkatkan waktu tempuh kereta api melalui perbaikan prasarana. Hasilnya kereta api dapat mencapai kecepatan hingga 120 km per jam. Meski ada peningkatan kecepatan, keselamatan perjalanan kereta api tetap menjadi prioritas utama.

4. Aksesibilitas

Stasiun-stasiun yang dimiliki KAI menjangkau banyak kota, kabupaten, bahkan kecamatan yang mungkin belum bisa diakses oleh moda transportasi lain. Selain itu banyak juga stasiun yang menawarkan akses naik dan turun langsung di pusat kota.

 

3 dari 3 halaman

5. Perjalanan Anti Stres

Salah satu keunggulan perjalanan menggunakan kereta api yaitu pemandangan yang begitu memukau di sepanjang jalur berupa hutan, pegunungan, pematang sawah, sungai, jembatan, terowongan, bahkan pantai dapat dinikmati pelanggan.

Pelanggan dapat memilih jenis kereta sesuai kebutuhan seperti ekonomi, bisnis, ekskutif, luxury, hingga panoramic.

Pelanggan tidak perlu takut kehabisan baterai smartphone karena tersedia colokan listrik di tempat duduk masing-masing. Bagi pelanggan yang suka kuliner, wajib merasakan sensasi kuliner di atas kereta api karena selalu menyajikan hidangan yang fresh dan nikmat. Naik kereta tidak akan membuat bosan dan stres.

KAI terus meningkatan pelayanan beradaptasi dengan keinginan pelanggan melalui berbagai inovasi, khususnya pada Angkutan Lebaran 2023

Beberapa fasilitas layanan tambahan juga KAI sediakan untuk para pelanggan di antaranya pemberian takjil, penyediaan drinking water dan pojok baca di beberapa stasiun, serta pemberian doorprize & merchandize for kids. Hal ini KAI lakukan agar dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih berkesan dan menyenangkan bagi masyarakat.

Joni mengimbau masyarakat agar merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup tersedia.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

“KAI berkomitmen menyelenggarakan seluruh perjalanan kereta api di masa Angkutan Lebaran 2023 nanti dengan aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai tujuan,” tutup Joni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.