Sukses

Tata Cara, Niat dan Bacaan Sholat Tarawih 20 Rakaat, Berjamaah atau Sendirian

Pada bulan Ramadhan, umat Islam disunahkan melaksanakan sholat tarawih. Berikut ini adalah bacaan niat dan tata cara sholat tarawih 20 rakaat yang lazimnya ditambah tiga rakaat witir sehingga kerap disebut tarawih 23 rakaat

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam segera memasuki Ramadhan, bulan paling mulia dibandingkan dengan 11 bulan lainnya. Pada bulan ini, pintu surga dibuka, neraka ditutup dan setan dibelenggu.

Artinya, umat Islam mengandalkan dirinya untuk berupaya maksimal melakukan ibadah dan menekan hawa nafsunya. Tak sekadar menahan lapar dan dahaga, puasa mengajarkan pengendalian diri yang luar biasa.

Pada bulan Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk banyak beribadah. Selain ibadah wajib, ada ibadah-ibadah sunah yang sangat diutamakan. Salah satunya adalah sholat tarawih.

Shalat tarawih dilakukan setelah sholat Isya sebelum melaksanakan shalat sunnah witir. Dasar anjuran sholat ini adalah hadis Nabi berikut:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ (متفق عليه)

Artinya, “Barang siapa melakukan shalat (Tarawih) pada Ramadhan dengan iman dan ikhlas (karena Allah ta’âlâ) maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaq ‘Alaih).

Mengutip laman NU, Imam an-Nawawi dalam Syarah Muslim (VI/39) menjelaskan, sholat yang dimaksud pada hadis di atas adalah sholat tarawih. Berlandaskan hadis ini pula, mayoritas ulama sepakat bahwa hukumnya adalah sunnah.

Mayoritas ulama Madzhab Syafii berpendapat bahwa jumlah rakaat shalat tarawih adalah 20 rakaat (dengan sepuluh salam). Argumen ini berlandaskan sabda Rasulullah berikut:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فِي غَيْرِ جَمَاعَةٍ عِشْرِينَ رَكْعَةً وَالْوِتْرَ

Artinya, “Sungguh Nabi Muhammad saw melakukan shalat di bulan Ramadhan tanpa berjamaah sebanyak dua puluh rakaat dan (ditambah) shalat witir.” (HR Al-Baihaqi).

Berikut ini adalah tata cara, niat sholat tarawih dan bacaannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Niat Sholat Tarawih 20 Rakaat

Salah satu rukun shalat tarawih adalah membaca niat. Berikut adalah bacaan niat shalat tarawih, baik untuk imam, makmum, atau pun ketika shalat sendiri.

1. Lafal niat shalat tarawih sebagai imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah swt.”

2. Lafal niat shalat tarawih sebagai makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā. Artinya,

“Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah swt.”

3. Lafal niat shalat tarawih secara infirad atau sendiri

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja sembahyang sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah swt.”

 

3 dari 4 halaman

Tata Cara Sholat Tarawih 20 Rakaat

Setelah niat, dilanjut dengan rukun-rukun setelahnya, yaitu takbiratul ihram, membaca doa iftitah, membaca ta’awudz, surat Al-Fatihah, mambaca surat-surat pendek, ruku’, i’tidal, berdiri untuk melakukan sujud, sujud, tahiyat, membaca dua kalimat sahadat, membaca shalawat Ibrahimi, dan diakhiri salam.

Jumalah rakaat shalat Tarawih sebagaimana pendapat mayoritas mazhab Syafi’i adalah sebanyak 20 rakaat dengan sepuluh salam. Hal itu berdasarkan hadis Rasulullah saw riwayat al-Baihaqi melalui jalur Ibnu Abbas, yaitu:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فِي غَيْرِ جَمَاعَةٍ عِشْرِينَ رَكْعَةً وَالْوِتْرَ

Artinya, “Sungguh Nabi Muhammad saw melakukan shalat di bulan Ramadhan tanpa berjamaah sebanyak dua puluh rakaat dan (ditambah) shalat witir.”

Tidak hanya hadis di atas, dalil yang dijadikan pijakan oleh mayoritas ulama mazhab Syafi’i adalah tindakan sahabat Umar bin Khattab ra yang mengumpulkan umat Islam untuk melakukan sholat Tarawih 20 rakaat secara berjamaah di masjid.

Tindakan ini kemudian diikuti oleh para sahabat. Sementara Rasulullah saw memerintahkan umat Islam untuk selalu berpedoman pada sunnahnya dan sunnah al-Khulâfâ’ur Râsyidîn setelahnya (Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali ra). Rasulullah saw bersabda:

عَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ مِنْ بَعْدِيْ

Artinya, “Berpegang teguhlah kalian semua dengan sunnahku dan sunnah al-Khulâfâ’ur Râsyidîn sesudahku.” (az-Zuhaili, al-Fiqhul Islâmi, juz II, halaman 226).

Melalui dalil di atas, ulama mazhab Syafi’i menyepakati bahwa jumlah rakaat shalat Tarawih yang lebih utama adalah 20 rakaat.

Mengenai teknisnya, ulama sepakat shalat Tarawih dilakukan dengan 10 kali salam. Artinya, setiap dua rakaat shalat Tarawih ditutup dengan salam, kemudian kembali melakukan dua rakaat dan salam, begitupun seterusnya sampai 20 rakaat.

 

4 dari 4 halaman

Bacaan-bacaannya

Sebagaimana diketahui, shalat Tarawih merupakan shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari Ramadhan dan tentu tidak boleh dilakukan di siang hari. Karenanya, ulama menjadikan shalat sunnah yang satu ini sebagai shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikeraskan bacaan al-Fatihah dan surat setelahnya.

Bacaan-bacaan shalat Tarawih juga tidak jauh berbeda dengan bacaan shalat pada umumnya. Dalam shalat Tarawih disunnahkan membaca doa iftitâh, surat pendek, tasyahhud dan lainnya. Begitupun dalam shalat lain.

Hanya saja Imam an-Nawawi dalam kitab al-Adzkâr mengatakan, yang dianjurkan bagi orang yang shalat Tarawih adalah mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an selama Ramadhan. Caranya sebagaimana dijelaskan Imam an-Nawawi, yaitu:

فَيَقْرَأُ فِيْ كُلِّ لَيْلَةٍ نَحْوَ جُزْءٍ مِنْ ثَلَاثِيْنَ جُزْءًا، وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يُرَتِّلَ الْقِرَاءَةَ وَيُبَيِّنَهَا، وَلْيَحْذَرْ مِنَ التَّطْوِيْلِ عَلَيْهِمْ بِقِرَاءَةٍ أَكْثَرَ مِنْ جُزْءٍ

Artinya, “Maka imam shalat Tarawih membaca satu juz dari 30 juz dalam setiap malam, dan dianjurkan untuk membacanya dengan indah dan jelas, serta hendaklah ia tidak memperpanjang bacaan lebih dari satu juz yang merepotkan para makmum.” (Imam an-Nawawi, al-Adzkâr lin Nawawi, [Bairut, Dârul Kutub al-‘Ilmiyyah: 2002], halaman 183).

Ada tiga poin penting yang dapat diambil dari penjelasan Imam an-Nawawi di atas. Pertama, disunnahkan membaca satu juz dari 30 juz Al-Qur’an setelah surat Al-Fatihah bagi orang-orang yang melakukan shalat tarawih. Kedua, meskipun shalat Tarawih dilakukan dengan 20 rakaat dan dikemas dengan 10 salam, tetap dianjurkan bagi orang yang melakukannya untuk memperindah bacaan-bacaannya.

Artinya, membaca satu juz Al-Qur’an bukan berarti mengharuskan pembacanya segera menyelesaikan bacaannya. Ia tetap dianjurkan untuk membaca dengan tartil dan memperindah bacaannya. Ketiga, menghindari bacaan surat yang melebihi satu juz.

Poin terakhir ini memberikan warning bahwa bacaan yang banyak (melebihi satu juz) dalam shalat Tarawih sangatlah tidak dianjurkan. Betapa pun membaca Al-Qur’an sangat baik, namun jika dibaca terlalu panjang saat shalat Tarawih maka sangat tidak dianjurkan.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.