Sukses

Sajian Lokal dan Timur Tengah, Jadikan Momen Buka Puasa Makin Ditunggu-tunggu

Setelah lepas seharian menahan makan dan minum, momen buka puasa menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Menu favorit mulai dari sajian lokal hingga mancanegara seperti Timur Tengah menjadi pilihan menarik berbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lepas seharian menahan makan dan minum, momen buka puasa menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Menu favorit mulai dari sajian lokal hingga mancanegara seperti Timur Tengah menjadi pilihan menarik berbuka puasa.

Tentunya untuk momen bulan suci ini, berbagai hotel di Jakarta menawarkan hidangan kuliner khas Ramadhan. Salah satunya di Restoran Signatures yang ada di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

"Biasanya tamu-tamu sukanya gorengan tajil yang manis," Ungkap Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Widodo saat ditemui pada peluncuran menu Ramadhan di Signature Restaurant, Senin, 13 Maret 2023. 

Menurutnya meski Ramadhan, favorit orang Indonesia yang dicari saat buka puasa tetaplah makanan lokal dari negeri sendiri. Dengan alasan itu, secara spesial ia menyajikannya sebagai hidangan utama seperti kambing guling, iga bakar rempah, dan ayam betutu. 

"Setiap ekspatriat kalau di sini pasti yang dicari juga makanan lokal tradisional unik dan autentik," sambungnya lagi.

Tetapi selain itu Signature Restaurant yang berlokasi di lantai lobi memiliki menu unggulan lain berupa nasi khas dari berbagai daerah Indonesia. Menu nasi ini akan bergantian hadir di salah satu sudut kulinernya, mulai dari nasi bogana, nasi sultan kreasi dari Kempinski.

Salah satu yang sempat Liputan6.com coba adalah nasi gandul khas Pati, suatu daerah di pesisir Jawa Tengah. Menu ini juga direkomendasikan oleh sang chef sebagai salah satu wajib dicoba meski bukan di bulan Ramadhan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasi Gandul hingga Gorengan Khas Indonesia

Hidangan nasi gandul disajikan dengan piring yang diberi alas daun pisang kemudian nasi putih yang diberi kuah gandul dengan beberapa potongan daging sapi. Di atasnya bisa ditambahkan aneka lauk sesuai selera seperti tempe goreng, perkedel, bacem telur, daging sapi, dan jerohan sapi. 

Ketika dicicipi, rasa nasi gandul memiliki perpaduan manis dan gurih. Kuahnya sendiri sekilas memang mirip gulai, tapi campuran rempah di dalamnya terasa sangat berbeda dan khas. 

Tak hanya menu nasi, bahkan ada pula berbagai jenis sate khas Nusantara. Liputan6.com pun mencicipi sate maranggi yang menggunakan bumbu kecap, jika tak terlalu suka daging kambing maka ada pilihan sate lilit khas Bali dan sate ayam dengan bumbu kacang.

Untuk makanan Indonesia sajian gorengan adalah menu wajib seperti bakwan Manado yang renyah dan tahu isi yang menarik untuk tajil dengan teh manis. Begitu juga dengan kudapan manis seperti kolak dan aneka bubur manis akan memanjakan lidah Anda.

 

3 dari 3 halaman

Morocan Tea dan Shisha

Kemudian jelajahi juga berbagai makanan khas Timur tengah lengkap dengan takjil dan pilihan dessert yang siap memanjakan lidah. Ada makanan pembukanya seperti shawarma, kemudian nasi kebuli dan nasi mandhi yang kaya rempah.

"Kalau di Dubai, Shawarma ini pasti ada di jalan-jalan, tapi kalau di sini kita sajikan dengan ayam," tambah Chef Widodo. 

Semua menu tersebut tersedia mulai dari 23 Maret hingga 23 April 2023, yakni sebulan penuh Ramadhan. Tak hanya kulinernya, Anda yang tertarik bisa menikmati suasana Ramadhan Timur Tengah bisa menikmati juga sesi shisha dan Morocan tea dalam konsep majelis ala Timur Tengah. 

Jika ingin pilihan lain, menu ala Jepang juga tersedia selama Ramadhan di OKU yang juga terdapat di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Salah satu penawarannya yaitu, Iftar Bento dengan hidangan utama wagyu yakiniku roll, spicy tuna roll, hingga teriyaki yakitori don. 

Sajian dengan aroma jamur khas, di sini juga terdapat menu truffle gyu don, atau Tasmanian salmon untuk berbuka puasa di bulan yang penuh berkah ini. Semua menu autentik, termasuk free-flow sencha dan takjil. Adapun untuk menikmati Ramadhan, tersedia juga paket lengkap yang termasuk dengan meninap yang menawarkan pemandangan jantung Kota Jakarta dengan pilihan sarapan atau sahur untuk dua orang.

Tak lupa, Ramadhan sebagai bulan berbagi maka tak ada salahnya menyiapkan hampers sedari awal. Sambut bulan suci Ramadan dengan menyebarkan kebahagiaan kepada teman dan kolega pilihan hampers Ramadan yang elegan dengan berbagai pilihan cookies terbaik, seperti nastar, kue kurma dan cheesy parsley serta masih banyak lagi.

Di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Ramadan hampers tersedia dengan empat pilihan ukuran mulai dari Paket Kareem (terdiri dari empat junis kue), Eid (terdiri dari enam jenis kue), Mubarak (terdiri dari sepuluh jenis kue). Pilihan lainnya, bagikan manisnya setiap momen bulan suci dengan kue edisi Ramadhan yang lezat persembahan dari dari Kempi Deli yang terbuat dari perpaduan jasmine tea, pecan crumble, chocolate mousse dengan topping salted caramel. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.