Sukses

Baca Doa Ini Sebelum Berbuka Puasa Agar Puasanya Berkah

Berikut doa yang sebaiknya dibaca sebelum buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam di seluruh dunia diharuskan untuk tidak makan dan minum dari fajar hingga senja selama 30 hari di bulan suci Ramadan. Puasa sendiri merupakan usaha menahan diri dari minum dan makan.

Puasa juga bisa disebut sebagai status metabolisme seseorang yang seharian tidak makan. Ketika seorang Muslim membuka puasa mereka, mereka membaca doa atau ayat kecil yang direkomendasikan oleh Nabui Muhammad SAW.

Biasanya, umat Muslim akan membaca doa setelah azan Magrib, membaca doa buka puasa, lalu makan makanan kecil yang manis dan dilanjutkan dengan hidangan lainnya. Begitulah cara umat Muslim membuka puasanya.

Berikut doa berbuka puasa:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan berpuasa

Tujuan dari puasa ini adalah untuk mengingatkan umat Islam tentang orang miskin yang kurang beruntung dan lebih banyak bersyukur kepada Allah. Puasa Ramadan adalah wajib bagi semua Muslim dewasa yang sehat kecuali anak-anak yang belum mencapai pubertas, orang tua, tidak mampu secara fisik atau mental untuk berpuasa, wanita hamil, ibu menyusui, dan para musafir.

Puasa terjadi setiap hari dari fajar hingga matahari terbenam di bulan Ramadan. Pada periode sahur, umat Islam makan malam, dan setelah fajar, puasa dimulai, dan setelah matahari terbenam, umat Islam berbuka puasa dengan Iftar, yang biasanya berupa jus, kurma, air, buah-buahan, dan banyak hal lainnya. Sangat dianjurkan untuk menghidrasi tubuh dalam jangka waktu antara buka puasa hingga sahur, terutama di musim kemarau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini