Sukses

Panduan Puasa Sya’ban 2023: Hukum, Dalil, Keutamaan, Tata Cara dan Niat

Puasa Sya’ban adalah amalan dikerjakan pada bulan Sya’ban. Hukum melaksanakan puasa ini adalah sunah sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Bogor - Berdasarkan kalender Hijriah yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, awal Sya’ban 1444 H jatuh pada Rabu, 22 Februari 2023. Ini juga senada dengan ikhbar dari Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU). 

“Awal bulan Sya’ban 1444 H bertepatan dengan Rabu Wage 22 Februari 2023 M (mulai malam Rabu) atas dasar istikmal," demikian keterangan yang dikutip NU Online, Senin (20/2/2023). 

Itu artinya, puasa Sya’ban sudah dapat dikerjakan pada hari tersebut. Puasa Sya’ban adalah amalan dikerjakan pada bulan Sya’ban. Hukum melaksanakan puasa ini adalah sunah sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Kesunahan menjalankan puasa Sya’ban terdapat dalam sejumlah hadis nabi, di antaranya adalah dua hadis berikut.

Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berbuka’; beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: ‘Beliau tidak berpuasa’; aku tidak pernah melihat Rasulullah saw menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadlan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’ban’.” (Muttafaqun ‘Alaih. Adapun redaksinya adalah riwayat Muslim).

Diriwayatkan dari ‘Aisyah ra, ia berkata: ‘… Rasulullah saw sering berpuasa Sya’ban seluruhnya; beliau sering berpuasa Sya’ban kecuali sedikit saja’.” (HR Muslim).

Dalam al-Majmû’ Syarhul Muhaddzab, Imam an-Nawawi menjelaskan bahwa maksud Rasulullah SAW sering berpuasa Sya’ban seluruhnya adalah berpuasa pada sebagian besarnya. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Puasa Sya’ban

Dalam hadis lain ada ketentuan puasa Sya’ban bagi yang ingin menjalankannya. Ketentuan itu perihal lama dan waktu mulai puasa Sya’ban. Dalam sebuah hadis puasa di separuh kedua bulan Sya’ban diharamkan.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, sungguh Rasulullah saw bersabda: ‘Ketika Sya’ban sudah melewati separuh bulan, maka janganlah kalian berpuasa’.” (HR Imam Lima: Ahmad, Abu Dawud, at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Jika merujuk hadis tersebut, maka puasa Sya’ban hanya dapat dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 15. Bila tanggal 15 belum berpuasa, maka haram berpuasa pada tanggal 16 hingga akhir Sya’ban.  

Kendati demikian, ada pengecualian keharaman puasa separuh kedua bulan Sya’ban. Mengutip situs NU, as-Sayyid al-Bakri menjelaskan tiga pengecualian tersebut.

Pertama, ​​​​​​disambung dengan puasa pada hari-hari sebelumnya, meskipun dengan puasa tanggal 15 Sya’ban. Semisal orang puasa pada tanggal 15 Sya’ban, kemudian terus berpuasa pada hari-hari berikutnya, maka tidak haram.   

Kedua, bertepatan dengan kebiasaan puasanya. Semisal orang biasa puasa Senin Kamis atau puasa Dawud, maka meskipun telah melewati separuh Sya’ban ia tetap tidak haram berpuasa sesuai kebiasaannya.   

Ketiga, merupakan puasa nazar atau puasa qadha’, meskipun qadha dari puasa sunnah. Bila demikian maka tidak haram. (Zainuddin bin Abdil Aziz al-Malibari, Fathul Mu’în pada I’ânatut Thâlibîn, [Beirut, Dârul Fikr], juz II, h. 273-274).

3 dari 4 halaman

Keutamaan Puasa Sya’ban

Sebagaimana amalan ibadah lainnya, puasa Sya’ban juga memiliki keutamaan. Di antara keutamaan puasa Sya’ban adalah mendapatkan syafaat Rasulullah SAW pada hari kiamat. Mengutip situs NU, Syekh Nawawi al-Bantani berkata,

Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.” (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197).

4 dari 4 halaman

Tata Cara dan Niat

Berikut adalah tata cara yang dilengkapi niat puasa Sya’ban, dinukil dari situs NU.

1. Niat melaksanakan puasa Sya’ban. Berikut lafalnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى   

Arab-latin: Nawaitu shauma sya’bâna lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’âlâ.

2. Makan sahur, utamanya menjelang waktu Subuh sebelum imsak.

3. Melaksanakan puasa dengan menahan segala perkara yang membatalkan seperti makan dan minum.

4. Lebih menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan pahala puasa seperti berkata kotor, menggunjing orang, dan segala perbuatan dosa. 

5. Kelima, segera berbuka puasa saat tiba waktu maghrib.

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.