Sukses

8 Tebak-Tebakan Lucu Islami, Menghibur dan Mengasah Otak

Salah satu metode yang menarik untuk diterapkan adalah bermain tebak-tebakan islami. Metode ini bisa menghibur sekaligus mengasah otak jemaah. Jangan khawatir, pesan dakwah akan tetap tersampai meskipun dengan metode seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ustaz ditantang untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pesan-pesan islami. Selain dengan ceramah, metode lain yang lebih sederhana dapat dicoba saat berdakwah.

Salah satu metode yang menarik untuk diterapkan adalah bermain tebak-tebakan islami. Metode ini bisa menghibur sekaligus mengasah otak jemaah. Jangan khawatir, pesan dakwah akan tetap tersampai meskipun dengan metode santai seperti ini.

Tebak-tebakan bukan hal baru dalam dunia syariat. Dalam fikih Islam, tebak-tebakan dikenal dengan alghaz. Alghaz bukan saja sekadar permainan yang menyenangkan. Lebih jauh, alghaz menjadi pembelajaran pengenalan tentang Islam yang efektif.

Permainan tebak-tebakan dapat menjadi solusi untuk mencairkan suasana. Kadang jemaah juga butuh hiburan. Nah, alghaz ini dapat diterapkan di sela-sela penyampaian materi dakwah inti.

Mengutip merdeka.com, berikut ini beberapa tebak-tebakan islami yang bisa menghibur dan mengasah otak jemaah. Pesan islami juga secara tidak langsung tersampaikan melalui tebak-tebakan ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tebak-Tebakan Islami

1. Buah apa yang terkenal tapi enggak ada di dunia?

Jawaban: Buah khuldi

2. Seorang muslim, baligh, dan berakal sehat melakukan shalat tetapi temannya tidak boleh menjawab salamnya, padahal keduanya muslim, berakal dan baligh. Mengapa demikian?

Jawaban: Karena temannya adalah jenazah

3. Ada seseorang menemukan bangkai di jalan. Kemudian, ia makan bangkai itu hingga abis dan kenyang. Padahal, dia tidak gila, kelaparan, dan juga terpaksa. Mengapa bisa begitu?

4. Minuman apa yang bisa nikah sirih?

Jawaban: Nutrisari

5. Ada sesuatu yang halal dimakan, tapi haram diperjualbelikan?

Jawaban: Daging kurban

3 dari 3 halaman

Tebak-Tebakan Islami

6. Bagaimana jika ada dalam satu kampung 40 orang mukim, mereka semua baligh dan berakal (mukallaf), tapi tidak diwajibkan bagi mereka melaksanakan shalat Jumat. Bahkan jika shalat Jumat dilaksanakan, shalatnya menjadi tidak sah

Jawaban: 40 orang itu semuanya bisu, tidak bisa berbicara. Syarat sah shalat Jumat itu khutbah Jumat. Kalau tidak ada Khutbah, tidak sah. Kalau semuanya bisu, tidak ada kewajiban shalat Jumat

7. Bagaimana jika ada seseorang mukallaf yang meninggalkan salah satu shalat fardhu, tapi dia tidak diwajibkan mengqadha kewajiban yang ditinggalkan itu. Shalat apakah itu?

Jawaban: Dia meninggalkan shalat Jumat. Jika shalat Jumat ditinggalkan tidak perlu diqadha', yang harus dilakukan ialah melakukan shalat zuhur, sebagai penggantinya

8. Ada orang mengerjakan Shalat maghrib menghadap barat, shalat isya menghadap timur, shalat subuh menghadap utara, shalat zuhur menghadap selatan dan sholat ashar menghadap barat. Dalam Kondisi seperti apa hal tersebut terjadi?

Jawaban: Shalat di pelataran Ka’bah Masjidil Haram

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.