Sukses

Viral Gus Yahya Cium Tangan Kiai Sepuh yang Khumul di Harlah 1 Abad NU

Liputan6.com, Jakarta - Resepsi Harlah 1 Abad NU telah berlalu. Namun, selayaknya acara besar, selalu ada pernak-pernik yang unik yang menjadi bumbu inti acara.

Kisah ini melibatkan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya dan seorang kiai sepuh, di lokasi resepsi seabad NU, GOR Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Kisah ini menjadi viral lantaran Gus Yahya yang seorang Ketum PBNU, organisasi Islam terbesar di dunia, mencium tangan seorang kiai sepuh yang tak mengenalinya. Foto dan tangkapan layar kepsyennya banyak dibagikan warganet.

Salah satu yang mengunggahnya adalah akun Facebook Wafiyul Ahdi. Dalam video tersebut, terlihat Gus Yahya bertemu kiai sepuh saat mengecek kesiapan acara Puncak 1 Abad NU yang digelar di Stadion Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

Seperti dikutip nu.or.id, dalam keterangan video yang dia unggah, bahwa di NU banyak ulama khumul, yaitu ulama yang berperan di balik layar, tidak banyak mengenal orang dan tidak juga dikenal banyak orang. Namun, ulama seperti ini menurut dia menjadi jimatnya NU.

Satu di antara ulama khumul itu adalah sosok kiai dalam video yang ia bagikan. Kiai sepuh ini mampu melewati berbagai rintangan hingga akhirnya bisa sampai di GOR Delta Sidoarjo. "Beliau KH Masduqi Abdurrahman Al Hafidz, kiai sepuh yang dalam kesehariannya waktunya habis untuk mendaras dan menjaga Al-Qur'an," tulis Wafiyul Ahdi

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketakdziman Gus Yahya

Dia menceritakan, saat Gus Yahya berjalan dan melihat sosok sepuh yang menggelar serban dan berzikir di lorong GOR, Ketua Umum PBNU itu langsung sungkem pada kiai sepuh tersebut dan terjadilah dialog.

"Sampean sinten (Anda siapa)? daleme pundi (rumahnya di mana)?" tanya kiai Masduqi dengan polosnya.

Dengan takzimnya, Gus Yahya kemudian langsung menjawab.

"Kulo Yahya, Kiai. Saking Rembang (Saya Yahya, Kiai. Dari Rembang)," jawab Gus Yahya.

Seketika, staf Gus Yahya yang turut mendampingi langsung menyampaikan informasi kepada Kiai Masduqi bahwa beliau adalah Ketua Umum PBNU.

Setelah mengetahui bahwa orang yang ada di hadapannya itu adalah Gus Yahya, seorang Ketua Umum PBNU, Kiai Masduqi langsung mencium pipi pria kelahiran Rembang, 16 Februari 1966 itu.

Tidak lama kemudian, sambil membungkukkan badan, Gus Yahya mohon izin pamit kepada Kiai Masduqi.

Pemilik akun Facebook tersebut mengaku sangat terharu sekaligus kagum dengan adegan dalam tayangan video itu. Ia kagum dengan sosok Kiai Masduqi yang ikhlas datang ke GOR Sidoarjo untuk ngalap berkah kepada muassis NU.

Sebaliknya, ia juga kagum dengan sosok Gus Yahya yang menunjukkan ketakzimannya.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.