Sukses

Siapa Malaikat Zabaniyah, Sosok Menyeramkan yang Bertugas Menyiksa Penghuni Neraka?

Populer ditengah masyarakat, bahwa kalau malaikat yang bertugas menjaga neraka yaitu malaikat Malik. Malaikat malik merupakan malaikat yang tidak pernah tersenyum.

Liputan6.com, Cilacap - Populer di tengah masyarakat bahwa malaikat yang bertugas menjaga neraka yaitu Malaikat Malik. Malaikat Malik merupakan malaikat yang tidak pernah tersenyum.

Hal ini memang sudah menjadi ketetapan Allah SWT menciptakan malaikat ini dengan perangai menakutkan dan tidak memiliki wajah berseri. Hanya saja berdasarkan penuturan Gus Baha, malaikat Malik pernah tersenyum sekali ketika bertemu Rasulullah SAW dalam peristiwa Isra Mi’raj.

Hal ini juga, masih menurut Gus Baha, setelah malaikat Jibril menegurnya untuk tersenyum. Sebab yang ada di hadapannya ini merupakan kekasih Allah, yakni Nabi Muhammad SAW yang merupakan Nabi akhir zaman dan pemimpinnya para Nabi terdahulu.

Namun, selain malaikat Malik ada beberapa malaikat lain yang tugasnya menyiksa penghuni neraka. Mereka itu yang disebut Malaikat Zabaniyah.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlahnya 19

Perihal jumlah malaikat ini ada 19, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Muddassir ayat 26-30:

سَاُصْلِيْهِ سَقَرَ .وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا سَقَرُۗ لَا تُبْقِيْ وَلَا تَذَرُۚ .لَوَّاحَةٌ لِّلْبَشَرِۚ عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَۗ

Kelak, Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar, dan tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu? Ia (Saqar itu) tidak meninggalkan dan tidak membiarkan, yang menghanguskan kulit manusia. Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).”

Berdasarkan keterangan ayat di atas, malaikat penjaga neraka itu tidak hanya 1 yakni malaikat Malik, melainkan ada 19 malaikat.

Perihal 19 malaikat itu, para pakar tafsir mengatakan bahwa mereka itu yang disebut malaikat Zabaniyah yang bertugas menyiksa penghuni neraka.

Adapun perihal jumlah 19 ini sudah termasuk malaikat Malik atau belum, terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Ada yang meyebut 19 sudah termasuk malaikat Malik dan sebagian lain mengatakan bahwa 19 itu belum termasuk malaikat Malik.

Keterangan lain dalam Al-Qur’an yang secara jelas menyebutkan nama Zabaniyah ditemukan dalam Al-Qur’an surat  Al-Alaq ayat 17-18:

فَلْيَدْعُ نَادِيَهٗۙ . سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَۙ

Maka biarlah dia memanggil golongannya (untuk menolongnya). Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah, (penyiksa orang-orang yang berdosa).”

3 dari 3 halaman

Staf Malaikat Malik yang Berwajah Menyeramkan

Malaikat Zabaniyah yang berjumlah 19 itu merupakan staf malaikat Malik dalam menjalankan tugasnya sebagai penjaga neraka. Mereka bertugas menyiksa para penghuni neraka.

Mengenai deskripsi fisiknya, malaikat zabaniyah ini sangat mengerikan. Penglihatan mereka laksana kilatan petir yang menyambar. Gigi mereka sangat besar menyerupai tanduk sapi.

Sementara bibir-bibir meraka menjulur hingga sampai telapak kaki. Mulut-mulut mereka mengeluarkan kobaran api. Perawakannya sangat besar, yakni jarak antara kedua bahunya adalah perjalanan kurun waktu 1 tahun.

Allah menciptakan mereka tidak sekecilpun memiliki karakter halus dan lembut. Mereka merupakan sosok yang garang dan sadis dan tidak kenal ampun.

Salah seorang di antara mereka memiliki pengalaman menyelam di dalam lautan api neraka selama 70 tahun dan sama sekali api neraka itu tidak mencelakai dirinya. Sebab cahaya yang dipancarkan malaikat Zabaniyah ini mengalahkan kekuatan kobaran api neraka itu.

 

Penulis: Khazim Mahrur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.