Sukses

5 Cara Mencari Teman yang Baik dalam Islam, Jangan Sampai Salah Pilih

Memilih teman yang baik menurut ajaran islam.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia merupakan makhluk sosial artinya manusia mempunyai insting dan fitrah selalu bergantung kepada orang lain. Sebab itulah, pentingnya menjalin hubungan sosial yang baik salah satunya melalui pertemanan.

Tak dipungkiri pertemanan akan memengaruhi sifat dan sikap seseorang. Hal ini dapat kita maknai bahwa dengan memiliki lingkungan pertemanan yang baik maka akan semakin banyak ilmu, hikmah serta manfaat yang diperoleh, begitupun sebaliknya.

Maka disinilah letak pentingnya mempertimbangkan kualitas lingkungan pertemanan bukan hanya pada persoalan memperbanyak pertemanan.

Rasulullah SAW pernah berpesan bahwa ukuran ketaatan seseorang bisa dilihat dari kualitas pada teman yang dimilikinya: 

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلْ 

Artinya : “Dari Abu Hurairah dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda, “Seseorang tergantung pada agama teman dekatnya, maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa yang dia jadikan sebagai teman dekat.” H.R. Abu Dawud.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Teman yang Baik dalam Islam

Alangkah baiknya jika dalam proses belajar kita berteman dengan semua orang, karena berteman dengan berbeda orang pasti punya pengalaman dan pelajaran yang berbeda pula. Namun tentunya kita juga diharuskan waspada, jangan sampai tertular kebiasaan negatif teman. Berikut merupakan beberapa cara memilih teman yang baik dalam Islam.

1. Memilih teman yang taat beribadah

Pilihlah teman yang selalu mengajak kita menuju kebaikan bukan sebaliknya, seperti teman yang selalu mengajak untuk beribadah bersama. Jika seseorang selalu menjaga ibadahnya dengan baik, tentunya tidak perlu diragukan lagi dan sangat tepat dijadikan sebagai teman.

2. Memilih teman yang mengedepankan kejujuran

Berkata jujur merupakan sesuatu yang penting  dalam kehidupan. Sama halnya dengan pertemanan, pilihlah teman yang selalu mengedepankan kejujuran agar kita pun juga terbiasa berperilaku jujur.

3. Memilih teman yang bisa menjaga amanah dengan baik

Menurut Islam, dalam memilih teman sebaiknya yang mempunyai sifat amanah. Jika kita berteman dengan orang yang demikian, kita akan merasa aman dan nyaman apabila mengamanahkan sesuatu kepadanya tanpa ada rasa khawatir sedikitpun.

4. Memilih teman yang bisa mengajak kepada kegiatan positif

Faktanya teman yang baik dapat menjadikan pribadi kita juga baik. Untuk itu pilihlah teman yang dapat membuat kita melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, misalnya sholat berjamaah, puasa, tadarus, mengikuti kajian bersama dan banyak hal lainnya.

5. Memilih teman yang senantiasa menjaga silaturahmi

Milikilah teman yang selalu menciptakan kerukunan dan keharmonisan yang senantiasa menyambung tali silaturahmi dengan siapa saja.

        

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.