Sukses

50 Kata-Kata Motivasi Islami Menghadapi Masalah, Bikin Hati Lapang dan Damai

Kata-kata motivasi islami tentang sabar cocok bagi Anda yang sedang menghadapi masalah. Harapannya, kata-kata pembangkit semangat ini dapat menginspirasi dan memberikan energi positif kepada siapa saja yang memiliki masalah.

Liputan6.com, Bogor - Setiap orang pasti pernah menghadapi masalah dalam hidupnya, baik kecil maupun besar. Masalah datang kepada siapa saja tanpa pandang bulu, kaya atau miskin, pejabat atau rakyat biasa, dan orang berpendidikan atau tidak pun akan merasakan cobaan hidup ini.

Jangan menjadikan masalah sebagai beban hidup. Jadikan masalah sebagai tantangan yang dapat dihadapi meski membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Orang yang bijak tidak akan lari dalam masalah. Justru ia akan menghadapi sembari mencari jalan keluarnya. Sebab, lari dalam masalah bukan solusi yang tepat, malah menambah masalah yang ada.

Buat Anda yang sedang menghadapi masalah, supaya hati lapang dan damai bisa membaca Al-Qur’an. Selain itu, bisa juga dengan membaca kata-kata motivasi islami yang dapat menyejukkan hati.

Kata-kata motivasi islami tentang sabar cocok bagi Anda yang sedang menghadapi masalah. Harapannya, kata-kata pembangkit semangat ini dapat menginspirasi dan memberikan energi positif kepada siapa saja yang memiliki masalah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com bagikan kata-kata motivasi islami saat menghadapi masalah yang bisa bikin hati lapang dan damai.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menghadapi Masalah

1.  "Jangan pernah menjadikan sebuah masalah menjadi beban hidup. Jadikanlah masalah tersebut sebagai acuan untuk kamu bisa maju."

2. "Kesabaran bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi, sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

3. "Di dalam hidup yang perlu kamu lakukan adalah berusaha dan berdoa kepada Tuhan dan hasilnya tergantung dengan apa yang telah kamu lakukan."

4. "Berdoalah, Allah mendengarmu. Bersabarlah karena Allah akan menjawab doamu pada waktu yang tepat."

5. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

6. "Sabar terhadap orang lain adalah cinta, sabar terhadap diri sendiri adalah harapan, dan sabar terhadap Allah SWT adalah keyakinan."

7. "Orang yang kuat bukanlah dia yang tidak pernah menangis, tapi orang yang terus istikamah di tengah godaan."

8. "Untuk semua kepedihan yang kau alami, bersabar dan bertahanlah karena Allah tahu di mana batas kemampuanmu."

9. "Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit."

10. "Kegagalan adalah cara Allah untuk mengatakan 'bersabarlah karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik untukmu saat waktunya tiba'."

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menghadapi Masalah

11. "Janji Allah tak pernah mengecewakan dan bila kamu masih merasa kecewa, mungkin ada yang salah dengan imanmu."

12. "Masa-masa sulit sering kali mengungkapkan warna asli orang yang kita percayai sepenuh hati. Kita disakiti orang yang kita cintai, tapi kita tidak boleh membenci orang yang menyakiti kita. Sebaliknya, kita harus berjanji kepada diri sendiri kita tidak akan pernah menyakiti orang seperti ini selamanya."

13. "Betapapun gentingnya keadaan itu, kita harus selalu percaya kepada kekuatan Allah SWT bahwa Dia telah menulis yang terbaik untuk kita dan kapan yang terbaik untuk kita."

14. "Daripada merasa tertekan memikirkan hal-hal yang tidak dapat kita kendalikan, lebih baik berdoa saja kepada Allah yang mahamengendalikan dan temukanlah kedamaian."

15. “Terkadang kamu mungkin berpikir bahwa segala sesuatu tidak berjalan sesuai harapan. Tapi, kamu lupa bahwa Allah telah mengatur segalanya dengan benar."

16. "Ketika hal-hal baik terjadi, ucapkan Alhamdulillah. Ketika hal-hal buruk terjadi, ucapkan Alhamdulillah, karena sesungguhnya Allah selalu mengujimu."

17. "Kita tidak boleh mengeluh atas tragedi yang terjadi di masa lalu karena kehidupan dunia ini hanya sementara."

18. "Kesulitan adalah bagian dari hidup dan harus ditangani dengan kesabaran. Jika kita mendapatkan semua yang kita inginkan di dunia ini maka Allah SWT tidak akan mengabulkan keinginan kita di akhirat."

19. "Kita tidak boleh putus asa selama kita mendapat dukungan Allah SWT dan Dialah Yang Maha Esa yang dapat membuat apa pun terjadi."

20. "Sebuah masalah merupakan tamu yang tak diundang didalam kehidupan kita, dan kita harus perlakukan dia sebaik mungkin, maka kita juga akan diperlakukan dengan baik olehnya."

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menghadapi Masalah

21. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar saat terjatuh." - Abdullah Gymnastiar

22. "Hai anak Adam, jika kamu mampu bersabar dan ikhlas saat tertimpa masalah, maka Aku tidak akan meridai bagimu sebuah pahala kecuali surga." - HR. Ibnu Majah

23. "Sabar bukanlah bersikap pasif dan menunggu datangnya sebuah keajaiban. Akan tetapi sabar adalah melakukan segala kemungkinan untuk mengubah situasi yang sedang menimpamu, kemudian serahkan sisanya kepada Allah."

24. "Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan, dan mulut tidak mengeluh." – Ibnu Qayyim

25. "Berusahalah dengan sebuah harapan yang kamu impikan, dan dampingilah usaha tersebut dengan kesabaran dan keikhlasan."

26. "Bersabarlah ketika suatu hal yang sangat kamu sayangi hilang, dan percayalah Allah sedang menyiapkan sesuatu hal lebih indah dari sebelumnya."

27. "Musibah bagaikan air keruh, semakin kau aduk semakin keruh. Bersabarlah, karena sebentar lagi dia akan menjadi jernih.

28. "Orang yang kuat dan sabar adalah orang yang mampu menyembunyikan perasaan sedihnya kepada orang lain dan senantiasa mengukir senyuman dengan ikhlas."

29. "Betapa mulia jiwa yang sabar dan ikhlas, yang meyakini akan datangnya kebahagiaan pemberian Allah."

30. "Allah tidak membebani seseorang, melainkan sesuai dengan kesanggupannya." QS Al-Baqarah: 286

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menghadapi Masalah

31. "Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi karena tidak ada apa pun di dunia ini yang abadi." - Imam Syafi'i

32. "Dunia ini ibarat bayangan, kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu." - Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

33. "Saat kita sabar dan tabah atas segala penghinaan dan kata-kata manusia, saat itulah Allah akan memberi kita kemuliaan."

34. "Sabar itu ilmu tingkat tinggi. Belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya dadakan."

35. "Menerima dan ikhlas atas segala hal yang pernah kita lakukan. Menerima apa yang telah terjadi adalah kunci dari kedamaian diri."

36. "Kalau hari ini kamu gagal, jangan putus harapan. Jadikan kegagalan itu sebagai pelajaran agar kamu terus berkembang."

37. "Tak perlu risau perihal takdir. Skenario hidupmu sudah diatur sama Yang Maha Adil."

38. "Betapa pun sulitnya kehidupan yang kamu rasakan, ketahuilah selalu bahwa Allah tidaklah membebani jiwa pun kecuali sebatas yang kamu mampu."

39. "Kala musibah datang menimpa, maka segera kenakan pakaian sabar. Dengan sabar musibah yang terjadi akan membuka jalan bagi datangnya nikmat.” – Aa Gym

40. "Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk." -Abu Bakar

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Motivasi Islami Menghadapi Masalah

41. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh." -Kahlil Gibran

42. “Mengeluh tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan, bersemangatlah dalam menjalani hidupmu dengan ikhlas dan kesabaran."

43. “Adakalanya sebuah keputusan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, tapi dari situ kita belajar untuk ikhlas dan sabar."

44. “Menjadi sabar dan ikhlas memang tak mudah, tapi itu harus. Belajarlah untuk menerima arti kehilangan dan penantian."

45. “Sabar dan ikhlas adalah kunci sukses menjalani segala cobaan yang Tuhan beri, agar hati dan keyakinan kita tetap kuat bertahan."

46. “Jangan pernah menyerah dan berusaha lari, tapi hadapilah cobaan yang ada di depan kita dengan sabar" .

47. “Kesabraan bukan berarti diam tak bergerak saat ditimpa musibah. Tapi sabar adalah aktif bergerak mencari kebaikan saat musibah datang."

48. “Setiap musibah mengandung permata yang berharga, tapi hanya orang-orang bersabarlah yang berhak mendapatkannya."

49. “Tidak ada waktu untuk mengeluh. Sabar, ikhlas, lalu lanjutkan hidupmu.”

50. “Bukan lari dalam masalah, namun hadapi masalah itu. Yakinlah bahwa Allah memberikan masalah itu untuk kehidupan kita yang lebih baik.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.