Sukses

Simpati kepada Pengungsi Muslim Rohingya, Warga Pidie Rame-Rame Tengok Shelter

Masyarakat sekitar datang berduyun-duyun untuk melihat para pengungsi muslim Rohingya, di Pidie. Simak beritanya,

Liputan6.com, Aceh Pengungsi Muslim Rohingya yang mendarat di pantai Desa Ujong Pie, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie, Senin kemarin (26/12/2022), kini ditempatkan di sebuah sekolah menengah pertama di kecamatan itu.

Para pengungsi mendiami beberapa ruang kelas di sekolah tersebut. Belakangan, seratusan lebih pengungsi ini menuai simpati warga setempat.

Sebanyak 174 pengungsi dilansir dengan menggunakan truk dari menasah desa ke SMP 2 Muara Tiga, Senin malam. Mereka terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Selasa malam, masyarakat sekitar datang berduyun-duyun untuk melihat para pengungsi Rohingya. Mereka melongok ke dalam ruang kelas melalui jendela.

Banyak di antara warga yang memvideokan kondisi para pengungsi melalui ponsel mereka. Aktivitas di lokasi tampak jauh lebih sibuk dengan fenomena kedatangan masyarakat ini.

"Saya menemani anak, karena dia minta. Dia mau lihat orang Rohingya," ujar Aminah

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesiapan Logistik dan Fasilitas Kesehatan

Sementara itu, beberapa pengungsi tampak dipapah oleh petugas medis dari sebuah ruangan yang dijadikan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan. Menurut petugas medis, banyak di antara pengungsi yang masih lemas akibat perjalanan mengarungi samudra yang mereka lalui.

"Ada 28 orang terhitung hari ini yang mengalami gejala sama," ujar perempuan yang menjadi petugas medis dari puskesmas setempat itu.

Sebuah tenda bertuliskan Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBA) dibentangkan di tengah halaman sekolah. Tidak jauh dari tenda tersebut terlihat tumpukan logistik untuk pengungsi beserta dapur umum.

Kebutuhan air pengungsi ditanggulangi dengan pasokan air dari mobil tangki. Pemangku otoritas masih berusaha mencari lokasi penampungan lain karena tidak lama lagi sekolah tersebut akan beraktivitas kembali setelah liburan tahun baru berakhir.

Sebagai informasi, pengungsi merupakan klaster pengungsi kedua yang mendarat di Aceh dalam bulan ini. Pendaratan di Kabupaten Pidie terhitung satu hari setelah sebuah kapal membawa 57 pengungsi Rohingya berlabuh di pantai Kabupaten Aceh Besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.