Sukses

Sejarah Panjang Islam di Argentina, Kandidat Juara Piala Dunia 2022 dari Amerika Latin

Jika Argentina juara, maka mereka juga menjadi juara piala dunia yang pertama kali digelar di negara Islam, Qatar pada 2022 ini

Liputan6.com, Jakarta - Argentina, salah satu negara kandidat juara, lolos semifinal Piala Dunia 2022, Qatar. Argentina bakal melakoni laga hidup mati melawan timnas Kroasia, tim Eropa yang kerap mengejutkan di berbagai ajang kelas dunia.

Prediksi Argentina vs Kroasia banyak bertebaran di media. Kebanyakan pengamat menjagokan Argentina, meski tak sedikit pula yang yakin Kroasia bakal melanjutkan kejutannya di Piala Dunia edisi ini.

Jika Argentina juara, maka mereka akan mencatatkan diri menjadi negara yang mampu mengumpulkan tiga trofi Piala Dunia. Sebelumnya Argentina adalah juara piala dunia1978 dan 1986.

Jika demikian, maka Argentina juga menjadi juara piala dunia yang pertama kali digelar di negara Islam, Qatar.

Bicara Islam, di Argentina juga telah menyebar, meski masih minoritas. Tertulis di Wikipedia, jumlah umat Islam di Argentina tak akurat, karena sensus nasional tidak meminta data agama.

Jumlah sebenarnya komunitas Muslim Argentina diperkirakan sekitar 1 persen dari total populasi (400.000 hingga 500.000 anggota) menurut Laporan Kebebasan Beragama Internasional, 2010.

Kemudian, The Pew Research Center memperkirakan sekitar 1.000.000 Muslim di Argentina pada tahun 2010. Namun, Asosiasi Arsip Data Agama memperkirakan bahwa 1,9 persen penduduk mengaku Islam sebagai agama mereka.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Masuknya Islam ke Argentina

Mengutip Aboutislam.net, Argentina adalah salah satu negara yang memiliki lebih banyak Muslim daripada yang kita kira, sekitar 2 persen dari populasi. Lantas, bagaimana Islam masuk ke Argentina?

Yang mengejutkan, kedatangan umat Islam dapat ditelusuri kembali ke abad ke-15 dan eksplorasi dan penaklukan Spanyol. Muslim Spanyol dari semenanjung Iberia bersama mereka dalam perjalanan ini sebagai anggota kru.

Beberapa dari mereka menetap di sana karena merasa lebih aman dari penganiayaan dan pengasingan wajib dari tanah air mereka di Spanyol dan Portugal.

Dua masjid pertama saat ini dibangun pada 1980-an di Buenos Aires. Pusat Islam terbesar membuka gerbangnya pada tahun 1996. Kini ada 10 masjid di seluruh Argentina.

Sementara beberapa Muslim dan Arab telah kehilangan identitas agama mereka dan berintegrasi ke dalam masyarakat Argentina melalui pernikahan campuran. Namun begitu, banyak dari mereka yang teguh dalam identitas dan keyakinan Muslim mereka.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.