Sukses

Aksi Viral Suporter dan Pemain Jepang Tuai Pujian Warganet, Ini Perintah Al-Qur'an tentang Kebersihan

Liputan6.com, Jakarta - Usai Pertandingan Jepang kontra Jerman, tampak aksi para pemain dan Suporter Jepang yang kompak melakukan aksi bersih-bersih di kawasan stadion di Qatar tanpa komando panitia. 

Para suporter yang sebagian besar menggunakan atribut Jepang tersebut tetap berada di tempat mereka hingga stadion sepi. Kemudian atas inisiatif sendiri mereka memungut sampah-sampah yang berserakan. 

Hal ini ternyata tidak hanya terjadi saat pertandingan Jepang saja, namun sejak acara pembukaan Piala Dunia 2022, suporter Jepang telah melakukannya.

Tak hanya para suporter, para pemain Jepang juga melakukan hal yang sama. Bedanya, mereka justru melakukannya di ruang ganti.

Euforia hingga aksi yang ditunjukan oleh suporter dan pemain timnas Jepang ini kemudian viral di berbagai media sosial dan mendapat banyak pujian dari warganet.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Perintah Menjaga Kebersihan dalam Al-Qur'an

Perintah menjaga kebersihan ternyata banyak dijelaskan dalam Alquran. Sebagai seorang Muslim kita diperintahkan untuk senantiasa menjaga kebersihan lahir maupun batin.

Ketika akan beribadah, perlu diperhatikan terlebih dahulu kebersihan badan, pakaian dan tempat yang merupakan salah satu syarat sahnya ibadah sholat.

Sedangkan kebersihan rohani bisa kita jaga dengan meninggalkan perbuatan dosa, ikhlas dalam beribadah, dan membersihkan hati dari berbagai macam penyakit hati, misalnya sombong, iri, dengki, riya, dan sebagainya. 

Berikut 4 ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang menjaga kebersihan

1. Allah mencintai orang-orang yang mensucikan diri (QS. Al-Baqarah: 222)

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

2. Air adalah suatu anugerah bagi makhluk-Nya untuk membersihkan diri (QS. Al-Anfal: 11)

“(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu).” 

3. Allah dan Rasul mengajarkan tentang cara mensucikan diri (QS. Al-Baqarah: 151)

“Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.”

4. Tetap menjaga kebersihan berarti tanda terima kasih (QS. Al-Maidah : 6)

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” 

Penulis : Putry Damayanty

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.