Sukses

Mengenal Senegal, Negara Mayoritas Muslim tapi Sekuler Tempat Lahirnya Sadio Mane hingga El Hadji Diouf

Liputan6.com, Jakarta - Republik Senegal menjadi salah satu negara kontestan piala dunia 2022. Senegal adalah sebuah negara di sebelah selatan Sungai Senegal di Afrika Barat.

Negara ini berbatasan dengan Samudra Atlantik di sebelah barat, Mauritania di utara, Mali di timur, serta Guinea dan Guinea Bissau di selatan.

Islam adalah agama mayoritas di negeri ini. Islam dianut oleh sekitar 94 persen dari penduduk negara tersebut. Selain itu ada pula komunitas Kristen, sebesar 5 persen populasi.

Satu persen memiliki kepercayaan animisme, khususnya di wilayah tenggara negara. Beberapa orang Serer mengikuti agama Serer.

Meski berpenduduk mayoritas muslim, namun Senegal menerapkan pemerintahan sekuler. Negara tak turut campur dalam hal agama dan peribadatan penduduknya.

Kembali ke soal sepak bola, adalah olahraga yang paling digemari oleh warganya. Beberapa pemain berkelas dunia lahir di negeri ini.

Di antara mereka yakni, Sadio Mane, yang pada piala dunia Qatar 2022 ini absen lantaran cedera. Tak hanya Senegal yang merasa kehilangan, masyarakat dunia pun enggan kehilangan sosok Mane yang diyakini akan memberi warna beda dalam ajang World Cup 2022 ini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Ada El Hadji Diouf hingga Henri Camara

Kiprah Senegal di piala dunia cukup membanggakan. Senegal menjadi salah satu dari tiga tim Afrika yang pernah mencapai perempat-final Piala Dunia FIFA.

Bahkan, catatan saat mencapai perempat final cukup spektakuler. Mereka mengalahkan juara sebelumnya Prancis di pertandingan pertama mereka.

Selain Sadio Mane, Segenal memang telah melahirnya banyak bintang beragama Islam. Beberapa pemain populer di dunia, seperti El Hadji Diouf, Papa Bouba Diop, Khalilou Fadiga dan Henri Camara. Mereka semuanya pernah bermain di Eropa.

Pada 2022, Senegal berhasil menjuarai Piala Afrika setelah mengalahkan Mesir di final. Mereka juga lolos Piala Dunia 2022, dengan menyingkirkan Mesir yang juga memiliki bintang muslim, Mohamed Salah.

Sayangnya, Senegal gagal membawa Sadio Mane yang kini telah menjelma menjadi ruh permainan nyaris tiap tim yang dia bela.

Tim Rembulan

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.