Sukses

5 Persiapan Sebelum Melaksanakan Sholat Jumat, Mandi hingga Tampil Wangi

Ada yang berbeda dari hari-hari biasanya. Pada hari Jumat, muslim laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat di masjid.

Liputan6.com, Bogor - Ada yang berbeda dari hari-hari biasanya. Pada hari Jumat, muslim laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat di masjid. Kewajiban melaksanakan sholat Jumat berdasarkan pada surah Al-Jumuah ayat 9.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ 

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jum‘at, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (Ayat Al-Qur’an terkait dapat dilihat di sini)

Dalam sebuah riwayat hadis, Rasulullah SAW mengancam akan membakar rumah bagi orang-orang yang meninggalkan sholat Jumat. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut.

Sungguh aku berkeingian untuk memerintahkan kepada salah seorang shalat bersama orang-orang, kemudian aku bakar rumah-rumah dari orang-orang yang meninggalkan (sholat) Jumat.” [HR. Ahmad].

Ancaman Rasulullah SAW tersebut tidak berlaku bagi orang-orang yang tidak termasuk golongan wajib, seperti anak kecil, hamba sahaya, wanita, orang sakit, serta orang yang meninggalkan sholat Jumat karena sebab syariat.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Sebelum Sholat Jumat

Begitu wajibnya untuk melaksanakan sholat Jumat sebagaimana termaktub dalam dalil-dalil sebelumnya. Maka, sebelum melaksanakan sholat Jumat alangkah baiknya untuk tidak melewatkan hal-hal berikut yang dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

1. Mandi seperti mandi janabah, boleh dilakukan lebih awal misalnya pagi hari sebelum berangkat kerja.

2. Memakai pakaian yang terbaik. Pakaian ini tidak selalu yang harganya mahal.

3. Mengenakan wangi-wangian. 

4. Menyegerakan diri berangkat ke masjid dan berjalan dengan tenang. 

5. Setibanya di masjid langsung menunaikan sholat sunah tahiyatul masjid dua rakaat, meskipun khatib sudah berkhutbah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.