Sukses

Antusiasme Warga di Berbagai Daerah Jelang Muktamar ke-48 Muhammadiyah

Ribuan warga Kota Surabaya, Jawa Timur antusias menyambut Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta, Jawa Tengah pada 19-20 November 2022, dengan mengikuti kegiatan jalan sehat di Tugu Pahlawan Kota Surabaya

Liputan6.com, Surabaya - Ribuan warga Kota Surabaya, Jawa Timur antusias menyambut Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Surakarta, Jawa Tengah pada 19-20 November 2022, dengan mengikuti kegiatan jalan sehat di Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Minggu.

"Semoga yang mengikuti jalan sehat hari ini dan mengikuti muktamar sehat jasmani dan rohaninya," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti saat membuka kegiatan jalan sehat di Tugu Pahlawan.

Kegiatan yang digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya itu diikuti ribuan warga persyarikatan Muhammadiyah, yang terdiri atas seluruh Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM), Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM), Aisyiyah, amal usaha, Organisasi Otonom Muhammadiyah (Ortom), siswa dan guru sekolah Muhammadiyah.

Cak Eri panggilan lekatnya itu, berharap, melalui kegiatan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, akan terpilih para pemimpin yang fokus terhadap kepentingan masyarakat di Indonesia.

"Insyaallah akan terpilih pimpinan-pimpinan di Muktamar Muhammadiyah yang selalu bermaslahat untuk umat dan memajukan umat, khususnya umat di Surabaya. Selamat menyambut Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 dan semoga senantiasa memberikan kedamaian untuk NKRI, terutama di Kota Surabaya," ujar dia, dikutip Antara.

 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Muktamar Muhammadiyah

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga persyarikatan dan Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah yang senantiasa mendukung komitmen Pemkot Surabaya terhadap berbagai program pengentasan kemiskinan dan pengangguran di "Kota Pahlawan" --sebutan untuk Kota Surabaya.

"Saya berharap dengan semangat para warga ini, Muktamar berjalan dengan lancar aman dan tertib. Saya haturkan matur nuwun (terima kasih) kepada seluruh warga dan PD Muhammadiyah yang selama ini selalu mendukung Pemkot Surabaya untuk terus memberikan yang terbaik bagi umat di Kota Surabaya," kata dia.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi dan jajaran Pemkot Surabaya atas fasilitasi jalan sehat sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan dengan tertib dan aman.

"Terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang telah membantu dan memfasilitasi, sehingga acara ini berlangsung dengan tertib, lancar, aman, dan berkemajuan," ujar dia.

Menurut dia, antusias warga persyarikatan Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia, khususnya di Kota Surabaya yang memenuhi kawasan Tugu Pahlawan, luar biasa dalam menyambut Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah Tahun 2022.

Ia mengatakan muktamar tersebut akan membahas berbagai agenda penting di antaranya pertanggungjawaban PP Muhammadiyah dan Aisyiyah periode 2015-2022, program PP Muhammadiyah dan Aisyiyah periode 2022-2027, isu strategis yang berkaitan dengan kehidupan keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan universal.

"Serta, risalah islam berkemajuan dan pemilihan pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah periode 2022-2027," kata dia. 

3 dari 3 halaman

Peran Besar Muhammadiyah dalam Memajukan Bangsa

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menilai bahwa Muhammadiyah selama ini telah turut berperan besar memajukan Indonesia, antara lain di bidang pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Kustini Sri Purnomo mengungkapkan hal tersebut saat menghadiri kegiatan Jalan Sehat diadakan Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah Prambanan di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

"Sebagai organisasi sosial, Muhammadiyah telah lama bekerja sama dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah. Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri," katanya.

Ia mengapresiasi PC Muhammadiyah Prambanan yang telah menggelar acara tersebut.

Ia juga mengucapkan selamat kepada seluruh warga Muhammadiyah yang akan melaksanakan muktamar ke-48.

"Harapan kami, Muhammadiyah semakin mantap berkontribusi dalam memajukan umat, dan bangsa Indonesia pada umumnya," katanya.

Ketua Panitia Jalan Sehat PC Muhammadiyah Prambanan Putut Himawan mengatakan kegiatan ini diadakan dalam rangka menyambut Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan diadakan pada 18-20 November 2022 di Surakarta, Jawa Tengah.

"Acara ini diikuti oleh sebanyak enam ribu peserta, terdiri dari siswa dan siswi MBS Prambanan, warga Muhammadiyah Prambanan dan santri MBS Prambanan," katanya.

Selain jalan sehat, PC Muhammadiyah Prambanan juga mengadakan kegiatan lainnya guna menyambut Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, yakni sarasehan lintas generasi se-Kapanewon (Kecamatan) Prambanan dan atributisasi 1.500 bendera Muhammadiyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.