Sukses

Bacaan Doa Saat Menghadapi Masalah Berat, Insya Allah Ada Jalan Keluarnya

Hidup tidak selamanya baik-baik saja. Ada kalanya kita diuji oleh Allah SWT untuk menghadapi masalah berat.

Liputan6.com, Bogor - Hidup tidak selamanya baik-baik saja. Ada kalanya kita diuji oleh Allah SWT untuk menghadapi masalah berat. 

Mencari jalan keluar dari sebuah masalah acapkali sulit bagi sebagian orang. Namun, sebagai umat Islam jangan pantang menyerah. 

Ingatlah bahwa Allah tidak akan menguji hamba di luar batas kemampuannya. Hal tersebut sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al-Baqarah ayat 286.

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Artinya: “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. 

(Mereka berdoa), “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.” (Ayat Al-Qur’an terkait dapat dilihat di sini)

Dari ayat tersebut, menunjukkan bahwa hamba patut dengan bersandar hanya kepada Allah. Sebab, Allah lah yang telah mentakdirkan masalah, Allah SWT pula jaminan solusi. Karena itu, doa menjadi salah satu upaya paling utama.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Menghadapi Masalah

Tenanglah ketika seorang muslim menghadapi masalah berat. Yakinlah bahwa ia mampu menghadapinya atas izin Allah SWT. 

Selanjutnya berserah diri kepada Allah SWT, caranya bisa melalui doa. Mengutip Majmu’ Syarif yang diterbitkan Al-Hakim Jakarta, berikut doa menghadapi masalah.

حَسْبِيَ اللهُ لِدِيْنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِدُنْيَايَ حَسْبِيَ اللهُ لِمَا اَهَمَّنِيْ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ بَغَاعَلَيَّ حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ كَادَنِيْ بِسُوْءٍ وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ اِلَّابِاللهِ 

Arab-latin: Hasbiyallaahu lidiinii hasbiyallaahu lidun-yaaya hasbiyallaahu limaa ahammanii hasbiyallaahu limam baghaa  'alayya hasbiyallaahu liman kaadani bi suu'iw wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : "Cukuplah Allah (sebagai Penolongku) dalam (urusan) agamaku; cukuplah Allah (sebagai Penolongku) dalam (urusan) duniaku; cukuplah Allah (sebagai Penolongku) dalam kesusahanku; cukuplah Allah (sebagai Penolongku) dalam (menghadapi) orang yang berbuat aniaya kepadaku; cukuplah Allah (sebagai Penolongku) dalam (menghadapi) orang yang melakukan tipu daya jahat kepadaku. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan (pertolongan) Allah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.