Sukses

Bacaan dan Keutamaan Surah Ar-Rahman: Mati Syahid hingga Dapat Ridho Allah

Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam Al-Qur’an yang memiliki keutamaan luar biasa. Surah Ar-Rahman diturunkan di Makkah, maka dari itu surah yang terdiri 78 ayat ini tergolong surah Makkiyah.

Liputan6.com, Bogor - Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam Al-Qur’an yang memiliki keutamaan luar biasa. Surah Ar-Rahman diturunkan di Makkah, maka dari itu surah yang terdiri 78 ayat ini tergolong surah Makkiyah.

Arti Ar-Rahman yang menjadi nama surah ini adalah Maha Pengasih. Ar-Rahman juga termasuk salah satu Asmaul Husna (nama-nama baik Allah SWT).

Ada satu hal yang akan mengingatkan para pembaca surah Ar-Rahman, yakni soal kenikmatan. Surah Ar-Rahman menerangkan tentang agungnya kenikmatan yang Allah berikan kepada setiap hamba-Nya. 

Surah ini secara tidak langsung mengajarkan seorang hamba untuk mensyukuri segala nikmat-Nya. Hal ini juga ditegaskan dalam satu ayat yang diulang-ulang.

Ayat tersebut adalah Fabiayyi Ala Irobbikuma Tukadziban yang berarti “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”. Ayat ini diulang sebanyak 31 kali.

Bacaan lengkap surah Ar-Rahman dapat dilihat di sini.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Surah Ar-Rahman

Ada beberapa keutamaan surah Ar-Rahman yang wajib diketahui oleh seorang muslim. Dengan mengetahui keutamaan ini bisa meningkatkan motivasi seorang muslim untuk membaca surah Ar-Rahman.

Mati Syahid

Keutamaan membaca surah Ar-Rahman salah satunya dapat mati syahid. Sebagaimana diterangkan dalam sabda Rasulullah SAW berikut.

Barang siapa membaca Ar-Rahman dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i Robbikuma tukadzibaan, kemudian jika dia mengucapkan: tidak ada satu pun nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan, maka jika membacanya di malam hari kemudian mati, maka matinya seperti mati syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia mati, maka matinya seperti mati syahid.” (HR. Imam Ja’far)

Mendapat Ridho Allah

Merujuk tafsir Ats-Tsaqolayn, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.